10 Tips Menghadapi Ujian

10 Tips Menghadapi Ujian

CRONOSAL-Sebentar lagi akan diadakan Ujian Nasional untuk kelas 6 SD, 3 SMP, dan 3 SMA di Indonesia. Semua pelajar bersiap-siap seolah Ujian Nasional adalah momen paling mengerikan selama sekolah. Sebenarnya Ujian Nasional tidaklah mengerikan seperti yang banyak pelajar banyangkan. Dengan persiapan yang matang UN pun akan mudah dihadapi seolah hanya menghadapi ulangan harian.

10 Tips Menghadapi Ujian

Oke, bagi agan-agan yang sebentar lagi akan mengikuti ulangan baik itu UTS ataupun UN ane punya 10 Tips Menghadapi Ujian (Teknis).


(Tips ini adalah tips yang dilakukan apabila sudah mengusai materi yang akan diujikan)



1. Persiapan Yang Lebih Matang
Bawalah semua alat tulis yang dibutuhkan, seperti pensil, pulpen, jam (tangan), penghapus, tipe-x, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2. Tenang Dan Percaya Diri
Pastikan dirimu sudah siap sedia untuk mengerjakan soal ujian. Jawaban yang dijawab sendiri akan lebih meyakinkan dibanding jawaban dari orang lain.

3. Bersantai Tapi Waspada
Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak. Posisi duduk yang tepat bisa melancarkan sirkulasi darah ke otak sehingga otak akan lebih berkonsentrasi.

4. Preview Soal-Soal Ujian
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

5. Jawab Soal-Soal Ujian Dengan Strategis
Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah:

  • Soal paling sulit
  • Yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya
  • Memiliki nilai terkecil


6. Untuk Soal PG, Ketahui Jawaban Yang Harus DipilihMula-mulai, abaikan jawaban yang kamu tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.

7. Untuk Soal Esay, Pikirkan Jawaban Sebelum Menulis
Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.

8. Untuk Soal Esay, Langsung Ke Poin Utama
Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

9. Sisihkan Waktu 10% Untuk Memeriksa Jawaban
Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

10. Analisa Hasil Pekerjaan
Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.



Semoga bisa membantu dan semoga sukses di ujian!



Sekian



SALAM Blogger

1 komentar

  1. Jadi keinget waktu UN dulu.. hehehe..
    follback ya gan masihbelia-film.blogspot.com

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming