Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

CRONOSAL-Di zaman modern ini pergi ke mana-mana jadi serba mudah. Mulai dari antar kota, provinsi, hingga negara sudah biasa dilakukan masyarakat sekarang. Tapi jangan salah gan, gara-gara mode transportasi yang serba instan, masyarakat jadi 'lupa' dan meremahkan yang namanya BERJALAN KAKI.

Bahkan untuk jarak dekat saja kebanyakan orang lebih memilih naik kendaraan ketimbang berjalan kaki. Ini membuat fungsi-fungsi organ di tubuh tidak terlatih, akibatnya tubuh akan cepat lelah walaupun melakukan kerja ringan. Untuk agan-agan yang jarang jalan kaki, ane punya beberapa fakta dari Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Berjalan-jalan empat kali sepekan dapat mengurangi resiko kematian dini. Peneliti di Italia menemukan mereka yang berjalan selama 15 menit memiliki kesempatan berumur panjang. Para pensiunan yang berjalan - jalan memiliki usia lebih panjang 40% daripada mereka yang tidak melakukannya. Penelitian tersebut di lakukan selama 10 tahun.

Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Berjalan kaki dapat mencegah serangan jantung. Serangan jantung adalah salah satu donatur terbesar penyebab kematian manusia. Berjalan kaki ini sangat baik bagi kinerja jantung, karena otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras, agar bugar dan berfungsi normal memompah darah tanpa henti. Dengan kondisi seperti ini maka oksigen yang di butuhkan jantung akan tercukupi dan menjaga jantung tetap bekerja secara normal.

Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Menjaga kebugaran dan kekebalan tubuh. Berjalan kaki juga bermanfaat menjaga agar tubuh selalu sehat dan bugar, dan lebih baik dari pada orang yang sedikit melakukan gerakan ( berjalan kaki ). Berjalan 3 kali dalam seminggu mampu meningkatkan kebugaran, dan menjaga sistem pernafasan tubuh secara signifikan.

Tips buat agan yang ingin berjalan kaki agar merasa senang saat berjalan kaki :
  • Tentukan waktu agar bisa rutin setiap minggu di waktu yang sama.
  • Pilihlah tempat yang biasa di gunakan berjalan kaki.
  • Mulailah berjalan santai, kemudian tingkatkan langkah dan kecepatannya.
  • Pilihlah juga lokasi yang indah dan mudah di akses.
  • Jangan lupa mandi dulu sebelum berangkat.


Banyak manfaat dari olahraga berjalan kaki, tidak butuh kendaraan, dan biaya yang ringan, tubuh sehat kita juga bisa memelihara kesehatan tubuh, dan berjalan kaki dapat menjaga kesehatan organ-organ sehingga tubuh menjadi pribadi yang sehat luar dalam.


Referensi


Sekian



SALAM Blogger

1 komentar

  1. mari berwisata sambil berjalan kaki menikmati keindahan di Lembah harau West Sumatera : Walking Tours
    terima kasih.

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming