7 Cara Mendapatkan (Banyak) Uang dari Game


CRONOSAL-Selain menyenangkan, ternyata game juga bisa menjadi ladang mendapatkan uang. Jika kita cukup tekun dan disiplin kita bisa mengubah game yang tadinya hanya menghamburkan uang menjadi game yang menghasilkan uang. Bagaimana caranya?


Kali ini CRONOSAL akan menghadirkan 7 Cara Mendapatkan (Banyak) Uang dari Game. Alasan dari pembuatan artikel ini adalah mengubah perspektif negatif tentang game yang hanya menghamburkan uang. Check it out...

 7 Cara Mendapatkan Uang dari Game 



1. Youtube


Mengupload video "let's play" yakni video dimana agan sedang memainkan game tertentu. Alat yang digunakan hanya seperangkat komputer lengkap dengan mikrofon dan kamera, software editing, perekam aktivitas monitor, dan tentunya akun Youtube.

Contoh video Let's Play oleh PewDiePie - DreadOut


Sudah banyak gamer sukses dari video Let's Play, contohnya Felix Kjellberg seorang pria asal Swedia kelahiran tahun 1989 yang menggunakan akun bernama PewDiePie dan hingga saat artikel ini ditulis PewDiePie sudah mencapai 27.9 juta pelanggan.

Menurut data dari SocialBlade (Sebuah perusahaan yang memonitor chanel-chanel Youtube) PewDiePie menghasilkan sekitar Rp.1.4 Miliar hingga Rp.14 Miliar Rupiah setiap bulannya.
PewDiePie memiliki keunikan, konsistensi, dan interaktif. Itulah sebabnya PewDiePie sangat digemari di Youtube. Bahkan tiap video yang ia upload bisa menembus puluhan juta viewer.

Tak hanya video "Let's Play" saja, agan juga bisa membuat video review game atau karya seni yang berhubungan dengan game dan menguploadnya ke Youtube.


2. Bisnis Rental atau Asesoris Game


Kecintaan pada game mungkin akan membuat ketertarikan terhadap perangkat gaming. Sejak awal tahun 2000an sudah mulai berkembang rental gaming seperti warnet atau toko game. Yang dijual di toko game bisa saja asesoris game seperti kaset, konsol, perangkat, atau objek pada karakter game misalnya asesoris pada game God of War.



3. Membuat Game


Metode ini cukup sulit karena dibutuhkan talenta dan keuletan, namun ini bisa dimulai dengan membuat game sederhana. Ternyata game sederhana juga bisa meraup keuntungan besar, contohnya pencipta game Flappy Bird, Nguyen mendapat penghasilan Rp. 510.000.000 per hari hanya dari game Flappy Bird buatannya.


4. Menulis E-book, Majalah, atau Buku tentang Game


Gamer sejati pasti tahu secara mendetil tentang game-game yang pernah dimainkan. Jika agan bisa memainkan game-game yang terbilang sulit dimainkan dan bisa menyelesaikannya, ada baiknya untuk menulis buku, atau e-book mengenai trik pada game-game yang pernah agan mainkan lalu menjualnya di situs jual beli online.

Membuat majalah juga tak kalah menggiurkan, jumlah gamer yang banyak bisa menjadi ladang untuk membuat majalah seputar gaming, belum lagi persaingan di pasar belum begitu ketat bisa membuat siapapun leluasa membuat majalah gaming.


5. Ikut Kompetisi Game


Jago main game bisa menjadi andalan saat akan mengikuti kompetisi. Kompetisi game ini paling banyak diminati, selain karena hadiahnya yang lumayan besar, persyaratannya juga cukup mudah. Contohnya pada kompetisi Independent Game Festival menghadiahkan Rp.300.000.000 pada juara pertama.


6. Membuat Website atau Blog Game


Ini yang cukup populer, mudah, dan tanpa modal. Sudah banyak situs game raksasa seperti Kotaku.com dan Kotakgame.com. Kelebihan dari metode ini adalah setiap hari pasti ada kabar terbaru seputar gaming, entah itu review atau perilisan game. Nah metode ini cocok juga untuk yang hobi menulis di internet.

Darimana uang didapat? Tentunya dari iklan di web/blog agan. Semakin ramai maka uang akan mengalir makin deras.


7. Menjadi Developer Game


Hampir mirip dengan metode nomor 3 namun ini lebih terorganisir dan besar. Brian Wong, pria kelahiran tahun 1991 ini merupakan co-founder Kiip yang telah membawa namanya menjadi maniak gamer tersukses hingga meraih keuntungan jutaan dollar.


Brian Wong mengaku ia menghabiskan waktunya 10 jam setiap hari untuk memainkan game Counter Strike dari berbagai server di seluruh dunia. Sejak saat itu, Wong menjadi penasaran mengapa game bisa membuatnya ketagihan. Ia mempelajari seluk-beluk game dan akhirnya mendirikan developer game bernama Kiip.

Brian Wong memotivasi gamer untuk mengambil sisi positif dari game, tidak hanya mencapai skor tertinggi yang dicapai, jadikanlah game sabagai pendorong sukses di kehidupan nyata.



Dari semua metode diatas agan bisa mempelajari dan menerapkannya agar keinginan suskses dari game bisa tercapai. Pastinya semua kesuksesan berawal dari kerja keras, ketekunan, dan kedisiplinan.


Sekian





SALAM Blogger

2 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming