Benarkah Handphone Baru Harus Dicharge Selama 8 Jam? FAKTA atau MITOS?


CRONOSAL-Handphone (HP) memiliki baterai yang harus dicharge bila sudah habis. Handphone baru biasanya harus dicharge agak lama hingga 8 jam. Namun benarkah pernyataan tersebut?

Bernarkah Handphone Baru Harus Dicharge Selama 8 Jam? Fakta atau Mitos?


Jika agan membeli handphone atau ponsel baru biasanya si penjual akan menyuruh agan mencharge HP selama 8 jam atau lebih dan HP harus dalam keadaan nonaktif. Apa benar?

INFO


Berdasarkan info dari AsianFanatics, ponsel saat ini menggunakan baterai tipe Lithium Ion. Sedangkan baterai yang harus dicharge selama 8 jam adalah jenis niCad yang digunakan pada ponsel tahun 1995 sampai 2000 dan setelah itu tidak digunakan lagi karena digantikan oleh Lihium Ion. Alasan penggantian ini karena daya baterai yang kurang maksimal.

Baterai Lithium Ion

Baterai niCad


BATERAI PONSEL SAAT INI


Sebagian besar atau hampir seluruh ponsel yang diproduksi diatas tahun 2000 tidak menganjurkan untuk mencharge ponsel diatas 8 jam karena baterai yang digunakan adalah Lithium Ion yang memiliki daya yang lebih besar.


BERAPA LAMA BATERAI LITHIUM ION DICHARGE?


Apa agan pernah mencharge baterai walaupun baterai belum habis sepenuhnya? Ane yakin pasti pernah, tapi apakah hal tersebut membuat baterai cepat rusak? Survei yang dilakukan oleh Apple menunjukan bahwa handphone yang dicharge sebelum baterainya habis akan lebih tahan lama dibanding handphone yang dicharge setelah baterai habis.

So, jangan tunggu baterai 0% baru dicharge, misalkan baterai agan 90% jika dicharge pun tidak masalah karena Lithium Ion tidak bisa overcharge. Jadi jika agan mencharge handphone tergantung dengan daya baterai dan pastinya tiap handphone memiliki lama waktu charge yang berbeda.

KESIMPULAN


Jadi pernyataan yang menyebutkan baterai handphone baru harus dicharge selama 8 jam adalah:

M I T O S

#JustShare
Pengalaman pribadi ane charge handphone baru hanya 2 dan belum penuh 100% baterainya tidak bocor apalagi overcharge karena menggunakan Lithium Ion.


Sumber: Merdeka.com



Baca juga:



Sekian




SALAM Blogger

5 komentar

  1. blog ini menambah pengetahuan ane gan (y) semoga blog ini semakin maju ya (y)

    ReplyDelete
  2. ternyata mitos :D kemarin baru beli sih kak suruh 8 jam

    ReplyDelete
  3. heemm.. jadi abis beli hp baru gak perlu di charge dulu sampe selama itu ya,, kalo dari pabriknya seratus persen pas beli, gak perlu di chage juga ya,, thkz ya infonya,, udah gak sabar nih pengen utak atik hp baru.. kan kelamaan kalo harus di charge dulu

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming