5 Aplikasi Ponsel Wajib untuk Perjalanan Mudik

GPS Phone

CRONOSAL-Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Hampir semua orang mendapatkan jatah libur dan memanfaatkannya untuk berkunjung ke kampung halaman. Saat ini, mudik atau perjalanan jauh identik dengan kemacetan parah hingga puluhan kilometer.

Tapi tenang saja, di zaman yang canggih ini ponsel juga bisa digunakan sebagai penunjuk arah saat perjalanan jauh. Smartphone canggih seperti Android, Windows Phone, iPhone, dan Blackberry bisa agan jadikan sebagai GPS instan tanpa harus membuka di PC.

Bagi agan-agan yang ingin mudik Lebaran nanti, ada baiknya untuk menginstall aplikasi-aplikasi dibawah ini agar perjalanan menjadi lebih cepat dan nyaman.

5 Aplikasi Ponsel Wajib untuk Perjalanan Mudik



1. Google Maps

Google Maps

Bagi pengguna Android, ini adalah aplikasi peta mudik terbaik yang bisa agan gunakan. Google Maps secara default sudah terinstall di Android jadi tidak perlu menginstallnya lagi. Google Maps memberikan detil lengkap seperti SPBU, Restoran, Tempat beristirahat, dan sebagainya. Yang terpenting adalah agan harus memiliki koneksi internet yang cepat dan power bank karena aplikasi ini cukup menguras baterai.

DOWNLOAD Google Maps Android


2. Sygic

Sygic

Sygic adalah aplikasi GPS yang bisa diinstall di Android dan iPhone. Peta pada Sygic ini juga bisa agan gunakan secara offline tanpa koneksi internet. Fitur pencarian rute juga sangat mudah dan lengkap. Hanya saja untuk mengetahui dimana posisi saat ini dengan menggunakan Sygic terbilang sangat lambat. Sama seperti Google Maps, Sygic juga memberikan info lengkap seperti SPBU, Restoran, Tempat beristirahat, dan sebagainya.

DOWNLOAD Sygic Android
DOWNLOAD Sygic iPhone


3. Waze

Waze

Waze adalah aplikasi peta berbasis sosial yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kondisi apa yang sedang terjadi di jalan. Informasi ini merupakan hasil dari sharing pengguna Waze lainnya yang ternyata tidak sedikit juga. Agan bisa mengetahui rute mana saja yang macet, sedang ada razia polisi, dimana ada kecelakaan, dan berbagai informasi penting lainnya. Aplikasi ini juga penting sebagai pelengkap aplikasi GPS lain.

DOWNLOAD Waze Android
DOWNLOAD Waze Windows Phone
DOWNLOAD Waze iPhone


4. LewatMana

LewatMana

LewatMana adalah aplikasi lokal dimana penggunanya bisa mengetahui berbagai informasi yang sedang terjadi di jalan. Dengan memantau kondisi jalan sebelum perjalanan, maka agan bisa menentukan rute mana yang ingin diambil untuk perjalanan. Bahkan ada juga tampilan CCTV bagi agan yang berada di daerah JaBoDeTaBek.

DOWNLOAD LewatMana Android
DOWNLOAD LewatMana Windows Phone


5. Here Maps dan Here Drive

Here Maps

Jika agan adalah pengguna Windows Phone, maka aplikasi ini adalah pilihan yang tepat. Here Maps dan Here Drive bisa diakses secara offline tapi untuk informasi lokasi agan berada butuh koneksi internet. Sistem navigasi dalam aplikasi ini terbilang cerdas dan akurat. Belum lagi aplikasi ini bisa menampilkan jalur alternatif jika terjadi kemacetan.

DOWNLOAD Here Maps Windows Phone
DOWNLOAD Here Drive Windows Phone


Itulah beberapa aplikasi untuk perjalanan mudik agan. Selain dengan menginstall aplikasi diatas, pastikan juga agan menggunakan kendaraan yang sesuai standar. Jangan gunakan kendaraan yang sudah usang atau tidak layak pakai. Berhati-hatilah saat perjalanan karena keluarga tercinta sedang menunggu.

Baca juga:


2 komentar

  1. apakah penting menggunakan ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua terserah agan? Apa menurut agan penting berkomentar disini? ^_^

      Delete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming