Wednesday, July 23, 2014

Cara Mudah Mendinginkan CPU Komputer dan laptop

laptop fire

CRONOSAL-CPU komputer atau laptop pasti memiliki batas suhu yang berdasarkan jenis processor dan perangkat di dalamnya. Suhu komputer yang terlalu tinggi jelas membuat perangkat hardware menjadi cepat rusak. Akibatnya harus membeli perangkat baru yang tentu saja membuat agan harus keluarkan uang lagi.

Mungkin beberapa komputer memang didesain tahan panas dan cocok untuk membuka software berat dalam kurun waktu yang panjang. Namun tak sedikit komputer yang sensitif dengan peningkatan suhu. Biasanya gejala awal adalah layar monitor yang tiba-tiba mati karena overheat. Jika dibiarkan, maka perangkat keras lain akan rusak.

Cara Mudah Mendinginkan CPU Komputer dan laptop



1. Gunakan Cooling Pad

cooling pad

Perangkat ini berbentuk kipas yang digunakan dibawah laptop. Dengan cooling pad, suhu pada laptop bisa turun dan kinerja processor tidak terlalu terbebani. Untuk menggunakan benda ini gunakan alas seperti papan kayu atau tempat yang datar. Jangan gunakan di kasur atau tempat yang kotor karena akan menghambat perputaran kipas. Harga cooling pad sendiri bervariasi, mulai dari Rp. 25.000 hingga 350.000 tergantung jenis dan model.


2. Bersihkan Debu

CPU berdebu

Di dalam perangkat CPU, baik itu laptop atau komputer pasti terdapat komponen-komponen yang sensitif terhadap debu. Debu mudah masuk ke dalam CPU melalui sela-sela ventilasi udara, apalagi jika CPU yang dibuka. Caranya cukup bongkar CPU laptop atau komputer lalu bersihkan dengan kuas secara halus. Tidak tahu cara membongkar CPU? Cukup ke toko service atau baca Panduan Membongkar CPU.


3. Gunakan Thermal Pasta Processor

Thermal Pasta Processor

Thermal Pasta Processor berfungsi sebagai pendingin (cooler) pada processor. Caranya cukup oleskan diatas processor sesuai penggunaan. Harganya juga cukup murah, hanya di kisaran Rp. 5000 sampai Rp. 10.000. Ingat! Thermal Pasta Processor berbeda dengan pasta gigi, beberapa orang menggunakan pasta gigi sebagai pengganti Thermal Pasta Processor, namun itu hanya sementara. Jika terlalu lama maka pasta gigi akan mengering dan justru membuat processor semakin panas.


4. Matikan Komputer Secara Berkala

Shutdown

Komputer ibarat manusia yang juga butuh istirahat. Tiap komputer atau laptop memiliki daya tahan waktu yang berbeda-beda. Misalnya komputer bisa bertahan lebih lama daripada laptop karena kipas yang lebih besar. Jenis processor juga mempengaruhi karena semakin tinggi kualitas processor maka butuh energi yang lebih besar. Disarankan untuk mematikan komputer selama 30 menit setiap 3 jam pemakaian.


5. Tambah Kipas

CPU Fan

Biasanya perangkat komputer dan laptop memiliki satu kipas (fan) untuk satu CPU. Hal ini jelas membuat komputer cepat panas. Bayangkan, satu kipas digunakan untuk mendinginkan processor dan RAM bersamaan. Jadi, coba tambah kipas lagi untuk komponen yang berbeda. Penambahan kipas bisa dilakukan di toko service komputer.


Itulah beberapa tips untuk mendinginkan komputer dan laptop. Jangan sampai komputer rusak hanya karena overheat. Semoga bisa bermanfaat untuk agan semua.

Baca juga:



Sekian




SALAM Blogger

Berlangganan Artikel Via Email



8 comments

siram air weter coler murah

mantap gan :) ane biasanya langsung maen game di kulkas :v

Bagus juga tuh tipsnya gan :D
Tapi kulkas ane gak muat :3

bagus sekali gan infonya. izin share and copy gan

artikelnya sangat bermanfaat.
cek artikel menarik serupa di :
Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming