5 Alasan Mengapa PC Lebih Baik Dibanding Console Game


CRONOSAL-Beberapa dekade terakhir game menjadi salah satu kebutuhan gadget yang banyak diminati. Sejak munculnya Playstation 2, perkembangan PC (Personal Computer) dengan konsol seolah berlomba-lomba sesuai perkembangan zaman. Namun beberapa tahun terakhir PC lebih diunggulkan.

Berkembangnya engine game PC menjadi kelebihan tersendiri di kalangan developer game. Banyak publisher game memasukan PC sebagai target platform utama. Meski hingga saat ini Playstation 4 dan Xbox One memiliki grafis yang apik, PC justru memiliki beberapa kelebihan. Apa sajakah itu?


Alasan Mengapa PC Lebih Baik Dibanding Console Game


1. Grafis Cenderung Lebih Baik

5 Alasan Mengapa PC Lebih Baik Dibanding Console Game

Walaupun memang banyak yang mengklaim grafis Playstation 4 lebih baik ketimbang PC, hal itu ditepis oleh pengguna PC. Menurut sebagian besar pengguna PC, game yang mereka mainkan bisa diatur grafisnya tergantung spesifikasi komputer. Dari gambar diatas bisa diungkap bahwa grafis PC menitik beratkan pada detil, sedangkan console game lebih ke blur. Beberapa komputer memiliki teknologi Processor Boost-Up dimana kemampuannya bisa meningkat.


2. Bisa Tambah Mod

5 Alasan Mengapa PC Lebih Baik Dibanding Console Game

Ini salah satu yang bikin gamers console iri pada gamers PC. Mod adalah fitur tambahan/pengganti dalam sebuah game. Contohnya bisa dilihat dari gambar, GTA San Andreas yang dipasangi mod mobil polisi khas Indonesia. Ini menjadi kelebihan tersendiri, game yang tadinya biasa-biasa saja bisa menjadi luar biasa.


3. Tidak Ada Batasan

5 Alasan Mengapa PC Lebih Baik Dibanding Console Game

Maksudnya disini adalah apakah game Playstation 1 bisa dimainkan di Playstation 2? Jawabannya, tidak! Berbeda dengan PC yang bisa memainkan banyak game tanpa batasan. Misalkan game GTA San Andreas dimainkan di PC Dual-Core pasti bisa juga dimainkan di PC I3.


4. Kontroler Bervariasi

5 Alasan Mengapa PC Lebih Baik Dibanding Console Game

Saat ini juga telah banyak beredar kontroler Playstation dengan port USB yang memungkinkan agan memainkan game PC dengan stick PS. Dengan ini agan tidak perlu harus memainkan semua game dengan keyboard dan mouse. Cobalah kontroler berbeda yang akan membuat sensasi permainan lebih seru.


5. Bisa Upgrade

5 Alasan Mengapa PC Lebih Baik Dibanding Console Game

Punya PC spek low-end? Upgrade saja! Jika saat ini spesifikasi PC agan rendah, cukup mengupgrade komponen CPU di toko komputer. Jika spesifikasi PC agan tinggi, jangan bangga dulu, sebab mungkin 3-5 tahun lagi PC agan akan masuk kategori low-end. Berbeda dengan console, jika diciptakan versi seperti Playstation 1 ya akan tetap menjadi Playstation 1 tanpa bisa diupgrade.

Jika dilihat dari grafis, coba lihat video perbandingan grafis PS4 vs PC:

 
Itulah beberapa pertimbangan mengapa PC lebih direkomendasikan untuk game daripada console game. Jika ada pendapat agan yang ingin diungkapan silahkan berkomentar. Mungkin nanti ane akan memasukan komentar agan ke dalam artikel.


Sekian




SALAM Blogger

13 komentar

  1. wah iye gan,dan katanya kalo ps4 dijadiin PC spesifikasinya sama dengan notebook biasa bkan gaming :D

    kunjungan balik nya saya tunggu juragan. hehee

    ReplyDelete
  2. tapi lebi baik lagi kalo LCDnya menunjang.. sperti Lcd 3d

    ReplyDelete
  3. Main di PC dengan Spesifikasi Tinggi Juga Ajib banget. Contohnya:

    VGA : AMD Radeon Full 4 GB
    RAM : 8 GB
    Resolution : 1366 x 768

    (y)

    ReplyDelete
  4. pc emang multi fungsi Gan, kalo saya sih pake pc buat ngeblog aja

    ReplyDelete
  5. kata temen ane maen game di pc ngerusak kartu grafis nya bener nggak sih gan?
    ane sih ga peduli, game maniac stadium 4 soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenisnya apakah Vcardnya khusus gaming atau bukan :)

      Delete
  6. Menurut gw,kalau buat gaming mending console ps4.Kenapa karena udah terjamin 5 tahun keatas.Gamenya juga bakalan banyak yg eklusif di ps4 kaya the order,uncharted yg grafiknya behhh gila.Kalau masalah grafik keseluruhan sih menang pc tapi apa gk bosen main main itu mulu?
    Terus kalau di ps4 itu udah terjamin gk bakal lag 100% kecuali emang gamenya yg udah cacat.Masalah multifungsi?? Lah kan kusus gaming kalau buat kerja bisa pake pc dengan spesifikasi rendah.Ps4 juga bisa kok mainin game ps1 sampe ps3 dengan ps now yg akan rilis.Nah gimana kalau buat nyaman ya nyaman console Lo bisa duduk santai di sofa,gk usah di depan monitor.kalau masalah game bajakan,menurut gw gk usah,kenapa karena kita harus menghargai karya orang kedua di game ori lo bakalan dapet segalanya gk kaya game bajakan.Itu doang si saran gw hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. "kenapa karena kita harus menghargai karya orang kedua di game ori lo bakalan dapet segalanya gk kaya game bajakan"
      Helloooo........ Apa iya kalau orang yg punya budget minim harus beli yg ori? Ntar yg ada malah minjem duit ke bank hanya untuk beli game ori. Mending gini kalau punya budget yg high beli yg ori kalau punya budget yg minim mending yg bajakan. Bukan masalah untuk menghargai karya orang.

      "karena udah terjamin 5 tahun keatas"
      Trus kalau ps4 udh terjamin 5thn? Saya pakai ps2 baru 1thn udh gk muncul gambarnya. Saya pakai pc udh 1thn lebih awet aja buat jalanin photoshop dan gaming yg berat.

      "Lah kan kusus gaming kalau buat kerja bisa pake pc dengan spesifikasi rendah"
      Memangnya anda punya duit banyak? Lain kali jangan ngomong seperti itu.

      Sekian dan terima kasih. :-)

      Delete
  7. ps4 = 5 jt . cd game = 400k-1000k
    pc = 9jutaan (min harga biar bisa maen game ps4 di resolusi tinggi) software game = 200k-500k (tergantung diskon steam)

    ReplyDelete
  8. Ya kalo gw mah gini aja PC=12 Juta PS4=5 juta, game Steam=250-500K PS4 Game =500K-1000k terus Umur PC=1-5 Tahun PS4=5-10 Tahun, Terus lagi Graphic PC=100% GG PS4=95% GG Terus kalo mo pro Gaming PC=80 Juta PS4=5 Juta, Umur Progaming PC=5-10 Tahun (Yg Progaming) PS4=5-10 tahun (Cmn 5 juta), Terus Dev Game lebih suka Ke PS4 Timabang PC Kenapa karena harga beli PS4 itu lebih mahal daripada PC dan juga PC gk bisa di percaya Pastidah kalo orang nya gk Sultan (Kaya-Raya) Jelas saja cari bajakan, Terus kalo Mo Build PC Rakitan PRO GAMING Inget Budget aja yah :v Pro Gaming Kisaran 30-80 Juta itu bisa bertahan ampe 5-10 Tahun sedang kan console yah cukup 5 juta bisa bandrol game 5-10 tahun ke depan (Jadi Kebijakan ada di tangan anda silahkan pilih)

    ReplyDelete
  9. Saya setuju, Saya juga memilih game pc karena grafisnya bagus. Laptop saya saja menggunakan grafis nvidia untuk keperluan bermain game.

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming