Wednesday, October 29, 2014

17 Software Gratis untuk Mengembalikan Data yang Terhapus

17 Software Gratis untuk Mengembalikan Data yang Terhapus

CRONOSAL-Pemulihan data yang telah dihapus (Recovery) sangat berguna untuk beberapa momen yang tak terduga. Misalnya file yang terhapus karena terinfeksi virus, rusak, tak sengaja dihapus, dan sebagainya. Tenang saja, hal tersebut sudah lumrah terjadi oleh semua pengguna komputer maupun perangkat elektronik penyimpan data.

Latar belakang tersebut menjadi motivasi beberapa developer untuk membuat software yang berfungsi mengembalikan data yang terhapus permanen atau dari Recycle Bin. Tidak hanya komputer Desktop, gadget-gadget juga bisa menggunakan aplikasinya. Beberapa software recovery berikut ini mendukung untuk sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, 10, Mac, Linux, Android, iOS, dan Windows phone. Terlebih lagi, semuanya gratis dan terpercaya.

17 Software Gratis untuk Mengembalikan Data yang Terhapus



Recuva

Recuva bisa dikatakan sebagai software recovery terbaik saat ini. Kemampuannya yang canggih, serta fitur yang lengkap membuat Recuva adalah software pertama yang harus dicoba untuk mengembalikan data yang terhapus. Recuva mendukung sistem operasi Windows 98, NT, ME, XP, Vista, 7, 8, dan 10.




Puran File Recovery

Puran File Recovery sangat mudah digunakan. Software gratis ini juga memiliki mode lanjutan dimana opsi pemulihan data lebih kompleks. Puran File Recovery mengidentifikasi hingga bagian-bagian terkecil, sehingga kemungkinan harapan file dipulihkan setidaknya 70%. Puran File Recovery tersedia untuk Windows 32bit dan 64bit.




Glary Undelete

Soal tampilan, Glary Undelete sangat cocok untuk pemula yang baru menggunakan. Glary Undelete juga bisa memulihkan data yang hilang dari ponsel atau flashdisk. Sayangnya, Glary Undelete memiliki kelemahan seperti diwajibkan menginstall toolbar mereka pada web browser. Meskipun begitu, rating software ini cukup memuaskan. Glary Undelete mendukung sistem operasi Windows XP, Vista, 7 dan 8.




Pandora Recovery

Pandora Recovery memiliki installer wizard yang sangat baik. Berbeda dengan software lain, standar pencarian file jauh lebih tinggi. Pandora Recovery mampu melakukan pemindaian level tinggi di komputer, tidak terkecuali untuk perangkat memori eksternal seperti ponsel, kamera, dan flashdisk. Pandora Recovery mendukung sistem operasi Windows XP, Vista, 7, dan 8.




SoftPerfect File Recovery

SoftPerfect File Recovery, sesuai namanya ini adalah software yang luar biasa. Sangat ringan, hanya berukuran 500 KB, namun bisa dijalankan secara portable. Jangan ragu untuk menggunakan software ini jika ingin memulihkan data dari floopy disk dan USB. SoftPerfect File Recovery mendukung sistem operasi Windows 95, 98, ME, NT, 2000, 2003, XP, Vista, 7, 8, Mac, dan Android.




EaseUS Data Recovery Wizard

EaseUS Data Recovery Wizard dapat mengembalikan file ukuran raksasa yang terhapus, bahkan membatalkan penghapusan file pada hard drive. Tampilannya yang fleksibel mirip seperti Windows Explorer membuat jalinan menu perintah tidak akan sulit digunakan. EaseUS Data Recovery Wizard mendukung sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, Mac, iOS, dan Android.




Wise Data Recovery

Suka kecepatan? Jika iya, maka Wise Data Recovery adalah pilihan tepat. Hanya butuh beberapa klik dan beberapa menit saja untuk memulihkan data yang terhapus atau hilang. Soal hasil, mulai dari file bersih hingga rusak tentu dapat dipulihkan. Wise Data Recovery mendukung sistem operasi Windows XP, Vista, 7, dan 8.




Restoration

Tidak ada iklan, tidak ada syarat khusus, ringan, cepat, dan mudah. Restoration sangat cocok untuk pemulihan file kecil dari flashdisk, USB drive, hard drive, ponsel, kamera, atau floopy disk. Restoration mendukung sistem operasi Windows 95, 98, ME, NT, XP, Vista, 7, dan 8.





FreeUndelete

FreeUndelete juga memiliki fitur pembatalan penghapusan file. Fungsi di dalamnya disederhanakan agar mudah digunakan dan diatur. FreeUndelete juga mampu mengembalikan data dari perangkat eksternal yang terhubung ke PC desktop. FreeUndelete mendukung sistem operasi Windows XP, Vista, dan 7.




ADRC Data Recovery Tools

Ibarat semut yang melawan gajah, mungkin itulah yang menggambarkan software ini. Bayangkan saja, ukuran software ini hanya 45 KB namun mampu mengembalikan data hingga ukuran Gigabyte. Software portable ini juga cocok untuk pemulihan file gambar. ADRC Data Recovery Tools mendukung sistem operasi Windows 95, 2000, dan XP.




CD Recovery Toolbox

Sesuai namanya, CD Recovery Toolbox adalah software pemulihan data khusus CD, DVD, Blu-ray, HD DVD dan cakram optik lainnya. Informasi dari pengembang, software ini bisa memulihkan data dari cakram yang tergores, terkelupas, atau bercak pada permukaan optiknya. CD Recovery Toolbox mendukung sistem operasi Windows 95, 98, ME, XP, Vista , 7, dan 8.




UndeleteMyFiles Pro

Meskipun memiliki embel-embel "pro" pada namanya, software ini sepenuhnya gratis. Akan jauh lebih baik jika menggunakan software ini karena terdapat fitur-fitur instan yang dapat digunakan. Mencari file berdasarkan jenis, ukuran, waktu, dan sebagainya dapat dilakukan dengan mudah. UndeleteMyFiles Pro mendukung sistem operasi Windows 7 dan 8.




MiniTool Power Data Recovery

Tidak seperti beberapa software sebelumnya, MiniTool Power Data Recovery akan menimpa data-data yang terhapus sehingga kemungkinan file dapat dipulihkan semakin kecil. Namun kita bisa melakukan multi pencarian sekaligus, jadi software ini direkomendasikan untuk pencarian file-file berukuran kecil. MiniTool Power Data Recovery mendukung sistem operasi Windows 2000, XP, Vista, 7, dan 8.




TOKIWA Data Recovery

Software ini sangat efektif digunakan karena hanya menggunakan satu jendela tunggal, tidak ada prosedur yang rumit, perintah pembatalan penghapusan juga dapat dilakukan. Hanya berukuran 400 KB, TOKIWA Data Recovery termasuk software portable yang dapat dibawa kemana-mana. TOKIWA Data Recovery mendukung sistem operasi Windows 95, 98, ME, XP, Vista, 7, dan 8.




PC Inspector Live Recovery

Software selanjutnya adalah PC Inspector Live Recovery. Kemampuan software ini lebih dalam dibanding software lain. Pemulihan data dapat dilakukan dari memori internal dan eksternal. Untuk pemula, software ini tidak disarankan karena prosedur yang agak sulit. PC Inspector Live Recovery mendukung sistem operasi Window 98, ME, NT, XP, Vista, 7, dan 8.




Orion File Recovery

Orion File Recovery adalah bagian dari NCH Software. Orion File Recovery dapat memulihkan file dokumen, video, gambar, flash, hingga file dengan format tersendiri. Terdapat fitur pemulihan instan, namun kemungkinan data dapat kembali lebih kecil dibanding pemulihan lanjutan. Orion File Recovery mendukung sistem operasi Windows XP, 7, dan 8.




BPlan Data Recovery

Tidak ada keistimewaan berarti pada software ini, semuanya terlihat biasa saja. Bahkan tidak begitu baik untuk digunakan oleh pemula. BPlan Data Recovery lebih direkomendasikan untuk pengguna lanjutan yang ingin memulihkan data berupa gambar, video, dokumen, serta format umum lainnya. Perlu diketahui BPlan Data Recovery hanya bisa dijalankan melalui Administrator. BPlan Data Recovery mendukung sistem operasi Windows 7 dan 8.




Itulah 17 Software Gratis untuk Mengembalikan Data yang Terhapus. Semuanya gratis dan resmi dari pihak pengembang. Jujur saja, saya belum mencoba semua software diatas, namun setidaknya sudah ada 10 software yang sudah saya gunakan dan semuanya terbukti bekerja dengan baik. Dalam masalah yang serius, mungkin software tadi akan sangat berguna. Jadi saya menyarankan untuk mendownload semua software tersebut sebagai antisipasi hal-hal yang tak terduga.


Belum cukup?

Saya memiliki software unik lain, khusus mengembalikan data berupa foto yang hilang. Saya menggunakan ini untuk hal tersebut, hasilnya lebih baik dan tentu saja ada keunikan lain pada software ini. Apakah itu? download saja! 


Baca juga:


Source
Reference: http://adf.ly/tX7qw
Thumbnail: http://adf.ly/tX7t0


Sekian



SALAM Blogger

Berlangganan Artikel Via Email



3 comments

Makasih solusinya gan, mohon mampir di :www.tokoindofurniture.com, sukses selalu untuk tips-tips nya, saya sudah coba gan...

thanks gan info ny
ijin download...

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming