Sunday, October 26, 2014

SMP Negeri 45 Jakarta

SMP Negeri 45 Jakarta

CRONOSAL-Artikel ini diluar topik dari blog ini, tidak ada tujuan istimewa dalam penulisan artikel ini. Hanya ingin memperkenalkan profil SMP Negeri 45 Jakarta yang minim informasi di dunia maya.


SMP Negeri 45 Jakarta

Sekilas

SMP Negeri 45 Jakarta berlokasi di JL. Utama Raya Cengkareng Nomor 45, kotamadya Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta. Berstatus sebagai sekolah Negeri, kemudian pada tahun 2008 menyandang gelar Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Sistem RSBI ini sendiri memungkinkan siswa belajar lebih efektif dan nyaman, serta didukung fasilitas-fasilitas penunjang proses belajar mengajar. Meskipun belum berjalan sepenuhnya dikarenakan masih ada kelas-kelas yang belum memenuhi kriteria sebagai kelas RSBI.


RSBI

Dunia pendidikan Indonesia semakin berkembang dengan adanya sekolah-sekolah yang kita kenal dengan istilah RSBI. Salah satu aplikasi dari sekolah RSBI adalah penerapan sistem pembelajaran berbasis multimedia. Dengan Pembelajaran Berbasis Multimedia, diharapkan para siswa tidak lagi menggantungkan pengetahuannya kepada para guru melainkan dapat mengakses berbagai ilmu melalui perangkat lunak ini.

Pembelajaran Berbasis Multimedia ini tentu banyak memberikan kemudahan bagi para guru pada saat menyampaikan materi ajar, hal ini dikarena dengan sekali simpan dalam file, maka seumur hidup file itu dapat digunakan (catatan: tidak terkena virus). Selain itu juga, dengan pembelajaran ini, guru dapat mengakses langsung pembelajaran via internet online.
Oleh karena itu, mari kita buka lebar-lebar mata kita dengan pembelajaran berbasis multimedia demi pembaharuan dunia pendidikan Indonesia.

Pada tanggal 8 Januari 2013, berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional meresmikan menutup sistem RSBI di Indonesia. Dengan keputusan tersebut maka SMP Negeri 45 tidak lagi menyandang gelar RSBI.


Moving Class

SMP Negeri 45 Jakarta juga sempat memberlakukan sistem Moving Class. Untuk merealisasikan Visi dan Misi SMP Negeri 45 Jakarta dimana SMP Negeri 45 Jakarta menjadi Rintisan Sekolah  Bertaraf Internasional  maka salah satu upaya sekolah adalah menyempurnakan proses pemelajaran dengan melaksanakan Moving Class.

Moving Class tersebut merupakan salah satu program yang akan dilaksanakan di SMP Negeri 45 Jakarta. Moving Class atau Kelas Bergerak adalah salah satu teknis belajar dimana siswanya tidak mendiami kelas menetap. Setiap pergantian mata pelajaran siswanya harus berpindah-pindah tempat sedangkan gurunya mendiami ruang tertentu yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga dengan upaya ini mudah-mudahan proses belajar mengajar lebih bervariasi dan menyenangkan.

Kenyataan di lapangan berbeda dengan harapan, sebagian besar siswa mengeluhkan sistem Moving Class. Karena seringnya berpindah-pindah kelas, sebagian siswa lupa membawa barang-barangnya. Hal tersebut memunculkan keresahan, sehingga akhirnya sistem ini dihapus.


Profil
  • Nama: SMP Negeri 45 Jakarta
  • Akreditasi: A
  • Alamat: JL. Utama Raya Cengkareng Nomor 45, Jakarta Barat, DKI Jakarta
  • Kode POS: 11730
  • Nomor Telepon: 0216191705
  • Faks: 02154373201
  • Email: smp45_dki@yahoo.co.id
  • Jenjang: Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  • Status: Negeri
  • Ketinggian: 15 meter (3 lantai)
  • Waktu Belajar: Pagi


Kegiatan Siswa


SMP Negeri 45 Jakarta

SMP Negeri 45 Jakarta

SMP Negeri 45 Jakarta

SMP Negeri 45 Jakarta

SMP Negeri 45 Jakarta

SMP Negeri 45 Jakarta



Kontak
  • JL. Utama Raya No. 45 Cengkareng Jakarta Barat
  • email: smp45_dki@yahoo.co.id
  • smpn45jkt@gmail.com
  • atmasenjaya@yahoo.com
  • http://smpn45jkt.blogspot.com
  • http://smpn45jkt.siap-sekolah.com


Foto

SMP Negeri 45 Jakarta

SMP Negeri 45 Jakarta

SMP Negeri 45 Jakarta

SMP Negeri 45 Jakarta


Berita

SMP Negeri 45 Jakarta juga ikut mewarnai sejumlah portal berita terkemuka di Indonesia.

SMP Negeri 45 Jakarta
www.tribunnews.com/nasional/2014/05/04/jelang-un-smpn-45-jakarta-barat-dijaga-ketat
SMP Negeri 45 Jakarta
http://www.merdeka.com/jakarta/siswi-smp-45-pak-jokowi-mau-ya-jadi-presiden.html
SMP Negeri 45 Jakarta
http://news.detik.com/read/2014/03/11/103444/2521872/10/kunjungi-smp-45-cengkareng-jokowi-wawancara-siswa-soal-jam-belajar
SMP Negeri 45 Jakarta
https://id.berita.yahoo.com/seluruh-ruang-ujian-nasional-di-smp-45-dipasang-003311591.html
SMP Negeri 45 Jakarta
http://www.indosiar.com/fokus/persiapan-ujian-akhir-nasional-siswa-smp_60799.html
http://wartakota.tribunnews.com/2014/05/04/smpn-45-jakarta-siapkan-panggung-khusus-ujian-nasional


Video

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo yang kini menjadi Presiden Republik Indonesia pernah mengunjungi SMP Negeri 45 Jakarta.



Informasi diatas saya peroleh dari murni dari pengalaman saya bersekolah di SMP Negeri 45 Jakarta dan beberapa informasi dari internet. Kritik dan saran artikel ini akan sangat saya harapkan.

Ditulis oleh Christian Dwi Wijaya pada 26 Oktober 2014, seorang alumni SMP Negeri 45 Jakarta angkatan 2010-2013.

Sekian



SALAM Blogger

Berlangganan Artikel Via Email



11 comments

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming