Cara Mengetahui Versi Bit pada Windows

Cara Mengetahui Versi Bit pada Windows

CRONOSAL-Pernah mendengar istilah Windows 32bit atau 64bit? Untuk pengguna komputer yang sering menginstall program pasti sudah sangat familiar dengan istilah tersebut.

Apa arti bit?

Wikipedia: Bit merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner (basis 2). Sebagai contoh, angka 1001011 memiliki panjang 7 bit. Digit biner hampir selalu digunakan sebagai satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam teori komputasi dan informasi digital

Microsoft: Bit adalah sebuah satuan data, komputer dengan sistem 32 bit adalah komputer yang mampu memproses 232 data dalam satu waktu, sedangkan komputer dengan sistem 64 bit adalah komputer yang mampu memproses 264 data dalam satu waktu.

Semenjak awal tahun 2009 penggunaan komputer dengan sistem operasi 64-bit mulai marak dipakai. Alasannya tentu karena kinerja yang lebih cepat dibanding komputer 32-bit. Beberapa pengembang program komputer juga memberikan spesifikasi sistem bit untuk bisa menjalankan program tersebut. Contohnya saja game DreadOut yang hanya dapat dimainkan pada komputer 64bit, tidak bisa 32bit.

Banyak yang menyesal mengunduh software atau game namun tidak bisa dimainkan pada komputer mereka, salah satunya karena sistem bit yang tidak sesuai. Saya akan memberikan tutorial Cara Mengetahui Versi Bit pada Windows. Sebagai rekomendasi, baca: Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer tanpa Software.


Cara Mengetahui Versi Bit pada Windows

*Berlaku untuk Windows XP, Vista/7, 8, dan 10.


METODE #1
Properti Komputer

Klik Start => Klik kanan Computer => Properties

Cara Mengetahui Versi Bit pada Windows

Cara Mengetahui Versi Bit pada Windows



METODE #2
System Information

Klik Start => Ketik System Information => Buka programnya

Cara Mengetahui Versi Bit pada Windows



METODE #3
Software 64bit Checker

Download 64bit Checker disini => Jalankan programnya

Cara Mengetahui Versi Bit pada Windows


Terdapat 3 metode, silahkan pilih yang paling sobat suka. Beberapa program meskipun dapat dijalankan pada Windows 32bit, tetap terasa berat dan membebani CPU, baca: Cara Mendinginkan CPU Komputer dan Laptop. Tutorial ini kurang lengkap? Mungkin halaman ini bisa membantu: http://support2.microsoft.com/kb/827218/id-id.


Sekian



SALAM Blogger

2 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming