Cara Install Font di Windows

Cara Install Font di Windows

CRONOSAL-Dewasa ini kita menganggap font sebagai jenis atau format tulisan dalam komputer. Font dapat memberikan gaya pada huruf dan karakter tulisan lainnya. Saat ini juga mulai banyak dikenal seni tipografi dimana gaya tulisan menjadi unsur utamanya. Untuk yang sering berkarya dalam seni tipografi di komputer, jenis font akan menjadi kekuatan penting dalam suatu keindahan.

Secara bawaan, komputer Windows telah memiliki sejumlah font yang didapatkan ketika Windows diinstall. Tetapi sayangnya hanya sedikit diantara font tersebut yang memiliki gaya yang unik, sebagian besar menggunakan prinsip agar dapat jelas dibaca, namun untuk sebagian orang hal tersebut tidaklah cukup. Cara untuk menambahkan ragam font pada komputer adalah dengan menginstallnya.

Install font di Windows bukanlah sesuatu yang sulit. Hanya perlu beberapa kali menekan tombol klik pada mouse, lalu menunggu beberapa detik maka font sudah siap untuk dipakai. Bagi sobat yang belum mengetahui cara menginstall font pada Windows, saya akan berikan tutorial lengkapnya. Metode ini sangat mudah, berlaku untuk komputer dengan sistem operasi Windows XP, Vista, 7, dan 8.


Cara Install Font di Windows



METODE 1

1. Buka font yang akan diinstall. Biasanya memiliki format OTF atau TTF


2. Setelah terbuka, klik Install dan tunggu beberapa saat

Cara Install Font di Windows

3. Selesai, maka font sudah dapat digunakan


METODE 2

1. Klik Start, kemudian buka Control Panel


2. Klik Appearance and Personalization

Cara Install Font di Windows

3. Selanjutnya klik Fonts

Cara Install Font di Windows

4. Pilih font yang akan diinstall, kemudian seret ke jendela Fonts di Control Panel. Kemudian tunggu beberapa saat

Cara Install Font di Windows

5. Setelah itu font bisa sobat gunakan

Kelebihan dari metode 2 ini adalah kita bisa menginstall banyak font sekaligus. Sedangkan untuk metode 1 lebih cocok untuk menginstall sedikit font saja.

Cara Install Font di Windows
Contoh yang saya pakai

Dengan menambahkan font ini maka koleksi font yang sobat miliki bertambah. Tentu ada efek samping dari penambahan font, seperti jika sudah terlalu banyak maka komputer jadi agak lag ketika sedang mengganti font, tetapi ini semua bergantung dari spesifikasi komputer. Saat menginstall font juga jangan membuka program-program pengolah tulisan, karena nanti efeknya tidak terlihat. Demikian dan semoga dapat membantu ^_^


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming