Cara Mematikan Komputer / Laptop dengan Tepuk Tangan


CRONOSAL-Pernah menonton film bertema fiksi ilmiah seperti Iron Man? Jika pernah maka sobat mungkin akan kagum dengan teknologi komputer bernama Jarvis yang dimiliki Tony Stark. Komputer tersebut bisa berbicara layaknya manusia, memiliki sensor, dan bisa berada di perangkat yang sangat kecil. Serta yang paling unik adalah Jarvis selalu mematuhi perintah Stark apapun yang iya katakan.

Rasanya ingin sekali mempunyai komputer secanggih itu, tetapi sayangnya teknologi masa kini belum mampu menciptakan komputer semacam Jarvis. Oke, itu tidak masalah. Tetapi saat ini sobat memiliki opsi lain, yaitu mematikan komputer (shutdown) dengan cara tepuk tangan. Teknologi sensor suara sebenarnya bukan lagi hal yang baru, kita bisa menggunakannya praktis pada sebuah komputer maupun laptop. Pastinya juga harus memiliki microfon (microphone) sebagai media input suara.


Cara Mematikan Komputer / Laptop dengan Tepuk Tangan


1. Download aplikasi gratis Sleep Moon V2


2. Install dan jalankan aplikasinya


3. Pada bagian berikut, pilih Shutdown Computer  kemudian klik Sound Activation Console

Cara Mematikan Komputer / Laptop dengan Tepuk Tangan

4. Atur seberapa keras suara tepukan untuk bisa mematikan komputer. Tentunya harus diseimbangkan juga dengan kondisi suara normal agar tidak terjadi bentrok. Klik Save Sound Sensitivity Settings kemudian klik Hide Console Interface

Cara Mematikan Komputer / Laptop dengan Tepuk Tangan

5. Lakukan percobaan dengan menepuk tangan, atur seberapa besar suara jika dirasa kurang cocok


Saya tidak bisa menggunakan fitur Sound Activation Console, lalu bagaimana?

Ada banyak faktor yang menyebabkan sobat tidak bisa menggunakan fitur ini. Diantaranya karena tidak ada input berupa mikrofon, bentrok dengan program lain, mikrofon sedang dipakai, mikrofon rusak, hingga driver yang kurang memadai. Pastikan lagi bahwa sobat telah memenuhi syarat agar mikrofon dapat bekerja untuk Sleep Moon.


Informasi lebih lanjut belum saya temukan terkait beberapa masalah yang kerap terjadi pada Sleep Moon. Halaman utama mereka, reohix.com juga tidak aktif lagi dan ini mempengaruhi kualitas software. Sebab belum ada kabar terbaru mengenai Sleep Moon. Jika sobat memiliki saran untuk alternatif software ini, silahkan beritahu dan secepatnya akan saya update tutorial ini.


3 komentar

  1. Mas CDW Numpang nanya nie ini aman gak untuk windows 7 32 bit , mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  2. gan nanya ni gimana caranya agar sofware ni jalan trus soalnya saya sudah coba tapi aplikasinya ngga jalan otomatis ketika di hidupkan kembali laptop sofwarenya udah ngga jalan...mohon infonya gan

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming