Cara Menerjemahkan Dokumen dengan Cepat

Cara Menerjemahkan Dokumen dengan Cepat

CRONOSAL-Dengan cepatnya proses globalisasi, maka bahasa asing dari seluruh dunia dapat masuk ke Indonesia dengan berbagai media baik dalam bentuk cetak maupun elektronik. Dalam bentuk elektronik misalnya dapat kita jumpai pada televisi, radio, dan internet. Bicara soal internet identik dengan persebaran file-file data ke seluruh dunia tanpa batas ruang dan waktu. Salah satunya adalah dokumen elektronik yang sering kita lihat di komputer.

Seringkali dokumen tersebut menggunakan bahasa asing sehingga sulit bagi kita untuk membacanya. Belum lagi waktu yang tersita karena harus mencari makna kata di kamus untuk menerjemahkan dokumen tersebut. Tetapi saat ini kita sudah sedikit terbantu dengan fasilitas penerjemah milik Google yakni Google Translate atau Google Terjemahan. Layanan ini dapat digunakan untuk menerjemahkan kata hingga bentuk paragraf yang kompleks.

Google berinisiatif menambahkan fitur baru yaitu Penerjemah Dokumen. Sesuai namanya, fitur ini khusus digunakan untuk menerjemahkan dokumen dari bahasa asing menjadi bahasa yang kita inginkan, contohnya bahasa Inggris ke Indonesia. Berikut panduan sederhana menerjemahkan dokumen dengan cepat menggunakan Google Terjemahan.

Cara Menerjemahkan Dokumen dengan Cepat


1. Pertama, buka halaman https://translate.google.co.id/

Cara Menerjemahkan Dokumen dengan Cepat

2. Klik terjemahkan dokumen

Cara Menerjemahkan Dokumen dengan Cepat

3. Klik Pilih File untuk memilih dokumen yang ingin diterjemahkan

Cara Menerjemahkan Dokumen dengan Cepat

4.

Cara Menerjemahkan Dokumen dengan Cepat

5. Pilih bahasa input dan output kemudian klik Terjemahkan



Lamanya proses penerjemahan bergantung pada jumlah kata yang ada dalam dokumen, semakin banyak maka semakin lama waktu yang diperlukan, begitu juga sebaliknya. Selain itu tingkat kerumitan konten juga mempengaruhi, misalnya objek berupa media juga mengganggu proses penerjemahan kata. Format file yang dapat diterjemahkan bervariasi, mulai dari Microsoft Office, Ebook PDF, Text Document, dan sebagainya. Hasil terjemahan akan berupa halaman bersih yang berisi tulisan hasil terjemahan. Sederhana dan cepat bukan? Semoga bermanfaat ^_^


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming