Cara Mudah Scan File tanpa Antivirus

Cara Mudah Scan File tanpa Antivirus

CRONOSAL-Membaca judul diatas rasanya mustahil untuk bisa melakukannya, sebab proses pemindaian (scan) file terutama untuk mencari virus, pastinya butuh antivirus yang sudah terinstall di komputer. Tetapi masih ada opsi lain untuk melakukan scanning virus tanpa perlu antivirus. Mudah saja, kita hanya perlu aplikasi browser dan koneksi internet.

Apa kelebihan dari metode ini? Salah satu yang paling yaitu data yang dipindai oleh 57 antivirus terpercaya di server mereka. Tentu jumlah ini bisa saja bertambah sesuai kebutuhan. Secara kuantitas memang akan lebih baik melakukan pemindaian terhadap banyak antivirus ketimbang satu atau dua antivirus saja. Opsi ini bisa sobat lakukan dengan syarat file tidak boleh berukuran lebih dari 128 MB. Apakah file harus diupload ke internet terlebih dahulu? Tentu saja tidak, akan saya jelaskan pada sesi berikutnya.


Cara Mudah Scan File tanpa Antivirus



1. Kunjungi situs https://www.virustotal.com/id/


2. Pilih file yang ingin discan

Cara Mudah Scan File tanpa Antivirus

3. Klik Scan it! untuk memulai proses

Cara Mudah Scan File tanpa Antivirus

4. Tunggu prosesnya kemudian klik View last analysis

Cara Mudah Scan File tanpa Antivirus

5. Bisa sobat cek hasilnya

Cara Mudah Scan File tanpa Antivirus


Apa file harus diupload terlebih dahulu?

Ada yang harus, ada yang tidak. Database milik VirusTotal telah melakukan pemindaian terhadap ribuan program, jadi jika kita melakukan pemindaian terhadap program yang sama. Maka VirusTotal akan mencari program yang pernah dipindai sebelumnya, yang informasinya sama dengan program yang sobat scan. Ini berarti sobat tidak perlu repot mengupload file terlebih dahulu, namun ini tidak berlaku jika file yang sobat scan tidak ada di database VirusTotal.


Dengan menggunakan VirusTotal, bisa dipastikan lebih akurat karena mereka menggunakan antivirus yang terpercaya. Serta definisi virus yang selalu diperbaharui setiap hari. Sayangnya akses ke VirusTotal memerlukan koneksi internet, ini tidak cocok untuk mereka yang bekerja offline. Tetapi untuk yang selalu online maka metode ini merupakan salah satu yang terbaik.



0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming