TypeRacer: Game Mengetik Online Multiplayer

TypeRacer: Game Mengetik Online Multiplayer

CRONOSAL-Tidak perlu dipertanyakan lagi, bekerja atau aktivitas lain di depan komputer selalu identik dengan mengetik. Menekan tuts-tuts keyboard diubah menjadi bentuk perintah setelah masuk ke dalam program komputer. Saat ini sudah banyak berkembang software yang ditujukan untuk mengetik tulisan, misalnya Notepad, Microsoft Word, WordPad, dan sebagainya. Mengetik dengan cepat dan akurat sangat diidam-idamkan oleh para penulis. Dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan latihan secara rutin.


Review: TypeRacer

Salah satu game berbasis web bernama TypeRacer menyediakan konten berupa permainan mengetik dengan cepat dan akurat. Sudah bisa ditebak, game berbasis web tidak akan memiliki grafis yang indah, apalagi meminta tampilan 3D. Dengan menggunakan HTML, CSS, Javascript, dan bahasa pemograman lain, TypeRacer berhasil dirilis pada Maret 2008

Konsep dasar dari TypeRacer adalah proses mengetik yang cepat dan akurat. Dalam satu kali permainan disediakan satu buah paragraf berisikan tulisan yang harus pemain ketik ulang pada kolom yang disediakan. Sementara mengetik, posisi pemain dapat dilihat dari gambar mobil yang berada di atas. Semakin cepat mobil bergerak, mengindikasikan bahwa pemain mengetik dengan cepat. Tetapi saya sarankan jangan fokus pada mobil yang bergerak maju, cukup perhatikan apa yang harus diketik.

TypeRacer: Game Mengetik Online Multiplayer
Sementara tangan mengetik, prosesnya bisa dilihat dari posisi mobil

TypeRacer menggunakan teks dari buku gratis yang tersedia di internet. Sebagian isinya diambil dan dimasukan ke dalam permainan. Sayangnya, semua arsip buku hanya berbahasa Inggris. Sudah pasti tidak akan mudah dipahami oleh orang Indonesia yang tidak memiliki keaktifan berbahasa Inggris. Beruntung masalah ini bisa dipecahkan dengan bantuan Google Translate. Ya, TypeRacer menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan isi buku dan mengubahnya ke bahasa yang diinginkan.

TypeRacer: Game Mengetik Online Multiplayer
Mendukung hampir semua bahasa di dunia, termasuk Bahasa Indonesia
Terdapat 3 buah mode permainan, semuanya memiliki konsep yang sama hanya saja berbeda pada lawannya. Mode Practice hanya untuk latihan sendiri, sedangkan mode lainnya termasuk kategori multiplayer.Saya lebih menyukai opsi Race your friends dimana kita bisa membuat room kemudian mengundang teman untuk bergabung. Semakin banyak pemain yang ikut, semakin seru.

TypeRacer: Game Mengetik Online Multiplayer
Mode permainan pada TypeRacer

Pemain bisa datang sebagai anonim atau tamu namun terdapat banyak keterbatasan. Alangkah baiknya untuk memiliki akun TypRacer yang dapat dibuat gratis. Memiliki akun ini, pemain bisa menyimpan track record selama bermain. Hasilnya bisa sebagai bahan penilaian apakah ada peningkatan mengetik atau tidak.

TypeRacer: Game Mengetik Online Multiplayer
Informasi pemain yang memiliki akun

Kesimpulannya, TypeRacer mampu menjadi game yang menyenangkan sekaligus melatih keterampilan mengetik. Grafis bukan segalanya, konsep yang menarik akan mendatangkan banyak pemain yang secara tidak langsung memberikan sumbangsihnya bagi pengembangan TypeRacer. Sisi permainannya cukup adiktif, mungkin harus menunggu jari-jari kram barulah bisa berhenti memainkan TypeRacer.

Play TypeRacer



1 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming