Wednesday, April 8, 2015

Cara Browsing Tanpa Menyimpan History


CRONOSAL-Browsing merupakan aktivitas menjelajahi dunia maya dengan akses internet. Dalam hal ini kita menggunakan aplikasi browser (peramban) seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera Mini, Safari, dan lain-lain. Semua browser tersebut memiliki fitur untuk menyimpan history (riwayat) tentang web apa saja yang pernah kita buka. 

Fitur history ini sangat berguna agar kita bisa menemukan kembali halaman web yang ingin dibuka. History juga telah disematkan ke dalam address bar ketika kita mengetikan kata kunci yang mirip dengan informasi web di history. Sayangnya untuk sebagian pengguna yang sensitif terhadap privasi, mungkin history browser terkesan lebih mengganggu dibanding berguna.

Entah mengapa sebagian orang tidak menginginkan browser mereka menyimpan history web. Ada yang bertujuan untuk hal yang positif, tetapi banyak yang digunakan untuk hal negatif seperti *****. Tetapi saya yakin semua pembaca artikel ini menggunakannya untuk tujuan positif :v

Cara Browsing Tanpa Menyimpan History



Google Chrome

Cara Browsing Tanpa Menyimpan History
Tekan tombol CTRL + SHIFT + N atau profil > Lakukan penyamaran


Mozilla Firefox

Cara Browsing Tanpa Menyimpan History

Klik Menu > Jendela Pribadi baru


Internet Explorer

Cara Browsing Tanpa Menyimpan History

Tekan CTRL + SHIFT + P atau klik Safety kemudian InPrivate Browsing


Safari

Cara Browsing Tanpa Menyimpan History

Klik Safari > Private Browsing


Opera Mini

Pilih Tabs and Windows > New Private Tab


Semua trik diatas adalah untuk membuka private browsing / incognito window. Artinya sobat bisa berselancar di dunia maya secara bebas tanpa takut browser akan menyimpan history, cache, dan cookie sobat. Privasi pengguna sangat diutamakan jika menggunakan fitur ini, akan tetapi meski memiliki keamanan ekstra tetap saja resiko terkena spyware tetap ada. Pesan dari saya, gunakanlah dengan bijak dan pastikan hanya untuk tujuan positif!


Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming