Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer

Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer

CRONOSAL-Setiap suara yang kita dengar dapat mempengaruhi kondisi psikologis kita. Hal itu dapat dibuktikan ketika kita mendengar suara yang keras dan cepat, maka otak akan meresponi perintah ke jantung sehingga detaknya lebih cepat. Ya, itulah yang dinamakan terkejut. Berbeda dengan suara alunan musik yang lembut dan tenang membuat suasana hati menjadi damai. Apalagi musik melow yang suaranya membuat sebagian jones flashback ke kenangan lama :v

Oke, kita kembali ke topik. Suara di komputer diproses oleh sound card (saat ini banyak sound card yang sudah otomatis terpasang di motherboard) kemudian keluarkan melalui speaker sebagai perangkat output. Kualitas suara dipengaruhi oleh software dan hardware.

Software dalam arti disini adalah cara kerja sistem menerjemahkan data menjadi suara. Kemudian selanjutnya adalah hardware yaitu perangkat speaker, bisa juga headset atau earphone. Tetapi disini saya titik beratkan pada kinerja software. Mengapa? Karena hardware sulit untuk ditingkatkan kualitasnya, sedangkan software dapat kita atur dengan mudah.

Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer

Dalam tutorial ini saya hanya memberikan sebuah program yang bertugas meningkatkan kualitas suara di komputer sobat. Namanya adalah Razer Surround. Mendengar nama Razer pasti sudah dapat dibayangkan pengalaman gaming dengan performa maksimal. Program ini akan menyesuaikan diri dengan jenis suara yang akan dikeluarkan.

Download Razer Surround Gratis

Setelah download, sobat install programnya sesuai instruksi. Proses instalasi dilakukan secara online agar Razer dapat menyesuaikan kondisi sistem komputer sobat dengan database Razer Surround. Biasanya proses instalasi memakan waktu sekitar 15 menit tergantung kecepatan komputer dan internet. Ukuran file hanya 1.6 MB namun akan membengkak hampir 100 MB setelah diinstall.

Sobat juga wajib memiliki akun Razer yang dapat dibuat gratis. Akun ini bertugas mengumpulkan data suara dan melaporkan apabila terjadi error. Razer akan meminta izin untuk mengakses perangkat suara, sobat harus mengizinkannya.

Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer

Perlu dicatat bahwa selama proses instalasi speaker sobat tidak akan berbunyi sama sekali. Hal ini wajar sebab Razer tengah melakukan penyesuaian terhadap komputer. Namun setelah instalasi suara yang dihasilkan terdengar lebih realistis.

Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer

Ada satu perbedaan di kontrol volume sobat. Kini ada dua bar volume yang sama persis. Tenang saja, bagian kanan adalah yang utama sedangkan bagian kiri adalah milik Razer. Cukup kendalikan yang kanan maka bagian kiri akan menyamakan. Keduanya harus aktif agar dapat bekerja sempurna.

Coba dengarkan suara yang dihasilkan. Saya yakin akan terdengar lebih realistis. Akan tetapi sedikit orang tidak bisa membedakan suara sebelum menggunakan Razer Surround dan setelah menggunakannya. Mungkin itu tergantung dari kepekaan telinga masing-masing orang, yang terpenting Razer Surround sudah bekerja sebagaimana mestinya.


6 komentar

  1. Alexanya makin menurun nih? gimana dong :v
    salam temen fb yang belum di accept, elang prasetya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarkanlah Alexa :v
      btw, ente siapa? :3

      Delete
    2. masa ente lupa -_- kacang lupa kulit ente :v
      ane temen lama lu semenjak blog lu baru dibuka :v ane temen lama namanya elang prasetya, tapi akun fb gw yang itu ke blokir, gw pengen minta accept lagi ke lu. Sudah menjadi pengikut blog ini semenjak tahun 2014 tepatnya bulan februari :v

      Delete
    3. Wih udah lama :v
      Yaudah PM ane aja :v

      Delete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming