Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi

Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi

CRONOSAL- Apa reaksi sobat ketika membuka Task Manager dan mendapati angka CPU usage mencapai 100% padahal tidak membuka program apapun? Ada banyak hal yang mempengaruhi CPU usage. Misalnya program yang berjalan di system tray terlalu banyak. Atau bisa juga terjadi karena processor sobat yang overheat akibat terlalu lama dinyalakan.

Processor memiliki tegangan yang menjadi daya tampung untuk menjalankan setiap perintah program. Tegangan ini kita kenal dengan satuan GHz. Pasti sobat pernah mendengar istilah Intel G2030 3.0 GHz atau semacamnya. Angka 3.0 GHz memiliki arti bahwa processor tersebut memiliki daya tampung hingga 3 miliar data dalam waktu 1 detik. Begitu juga dengan 2.5 GHz yang berarti mampu memproses 2.5 miliar data.

Kembali lagi ke topik utama. Masalah CPU usage yang meningkat disinyalir akibat dari kegiatan kerja yang tidak sebanding dengan kapasitas processor. Salah satu langkah yang dapat sobat lakukan adalah dengan mematikan program background yang tidak penting. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi


1. Buka Task Manager, klik tab Processes kemudian sobat perhatikan pada kolom CPU. Semakin tinggi angkanya maka program tersebut adalah yang paling memberatkan processor

Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi

2. Klik kanan pada salah satu program (background) yang memberatkan, klik End Process

Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi

3. Seketika CPU usage menurun drastis

Cara Mengatasi CPU Usage Tinggi

Sayangnya fungsi ini akan kembali seperti semula ketika komputer di-restart. Akan sangat baik jika sobat meng-uninstall program-program tidak penting yang berjalan di system tray. Atau ada alternatif lain seperti Mengatur Program Startup.

CPU usage tinggi tidak selamanya buruk

Pernah dengar "wah CPU usage tinggi tuh, bahaya!"? Menjawab mitos ini sebenarnya CPU usage tinggi tidak selalu menjadi pertanda buruk. Dalam hal ini CPU usage tinggi berarti processor sobat sanggup bekerja dengan performa maksimal. Namun yang membuatnya buruk adalah jika levelnya tinggi namun tidak sedang melakukan proses apapun.

CPU usage tinggi juga bisa menjadi "sinyal" bahwa komputer sobat sudah terlalu lama menyala dan processor butuh istirahat. Tidak hanya itu, CPU usage yang cepat meninggi bisa menandakan bahwa suhu processor mulai memanas. Sobat bisa mengganti heat sink dengan water cooling system atau sekedar mengganti thermal pasta processor.

Saran dari saya agar CPU usage tetap dalam ambang normal: hanya jalankan program yang perlu saja, hindari multitasking ketika komputer melakukan rendering, perbaiki file registry yang rusak, nyalakan komputer sesuai dengan batas waktunya, ganti thermal pasta secara rutin, gunakan water cooling system, atau bisa juga dengan menggunakan processor "tahan banting".


2 komentar

  1. maaf masbro saya belum ngerti maksud tegangan yg masbro jelasin di atas, setau saya untuk satuan tegangan dalam ilmu dasar kelistrikan di sebut volt, kilovolt, megavolt, sedangkan untuk satuan frekwensi di sebut Hertz disngkat Hz, kilohertz disingkat Khz, Megahertz disingkat Mhz, Gigahertz disingkat Ghz, maaf kalo saya salah soalnya pernah baca pelajaran Fisika dikelas 1 SMP dahulu kala begitu dituliskan untuk ilmu dasar elektronika.

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming