BenQ VL2040AZ: Monitor untuk Kenyamanan Mata

BenQ VL2040AZ: Monitor untuk Kenyamanan Mata

CRONOSAL-Tidak ada salahnya memilih monitor kelas atas untuk kualitas gambar terbaik pada komputer. Setelah eksistensi monitor CRT yang sudah membungkuk, kini giliran monitor LCD dan LED melambung tinggi di pasaran. Dari berbagai alasan, minimnya radiasi monitor LCD dan LED membuat banyak orang memilihnya dari faktor kesehatan mata.

Pada posting kali ini saya akan membahas sebuah monitor BenQ VL2040AZ. Sebuah monitor LED yang termasuk dalam monitor paling ramah terhadap mata penggunanya. Kekuatan utamanya terletak pada sistem Senseye.

BenQ mengkategorikan jajaran monitor ini dengan nama Eye Care series.

Bukan tanpa alasan mengapa saya menyebutnya "Monitor untuk Kenyamanan Mata". Ada beberapa aspek yang menjadi penilaian utama mengapa pernyataan tersebut tertulis pada judul artikel ini. Berikut pembahasan singkat mengenai BenQ VL2040AZ:

BenQ VL2040AZ: Monitor untuk Kenyamanan Mata


Fisik

BenQ VL2040AZ memiliki dimensi 352.9 x 464.3 x 178.5. Panjang layar 19.5 inchi dengan resolusi 1600x900 pixel.

BenQ VL2040AZ: Monitor untuk Kenyamanan Mata
Desain elegan dan fleksibel

Paket penjualan berisi monitor, monitor stand beserta base-nya, CD driver, kabel DVI-sub, manual book, dan power adapter.

Bentuknya tidak berbeda jauh dengan monitor yang beredar saat ini. Bentuk stand yang seperti huruf "v" membuat penampilannya semakin elegan. Tentu saja mendukung pergerakan monitor secara vertikal.

Letak tombol menu berada di sisi kanan belakang monitor. Lokasi yang tidak biasanya dimana kebanyakan monitor berada di bagian bawah depan. Terasa lebih sulit dijangkau, namun jika sudah terbiasa semuanya akan mudah.

BenQ VL2040AZ: Monitor untuk Kenyamanan Mata
Port kabel DVI dan power adapter terletak bersebelahan

Berat monitor ini adalah 2.3 kg termasuk kabel dan power adapter. Penggunaan power adapter yang terpisah dari komputer membuat monitor ini jauh lebih hemat daya dibanding monitor dengan power dari USB komputer.


Kenyamanan

Kekuatan utama dari BenQ VL2040AZ adalah implementasi Senseye demi kesehatan mata penggunanya. Fokusnya adalah Flicker Free dan Blue-Light Reduction.

Agar lebih jelasnya, tonton video berikut:


BenQ berhasil menghilangkan flicker pada monitor yang menjadi penyebab ketegangan mata. Selain itu Blue-Light Reduction mengurangi kemungkinan kerusakan mata akibat menatap layar monitor.

Semua monitor Eye Care Series dari BenQ sudah memiliki setidaknya kedua fitur spesial tersebut. Mode tampilan layar sangat bervariasi. Mulai office, multimedia, reading, photo, web surfing, hingga yang paling digemarai adalah game.

BenQ VL2040AZ: Monitor untuk Kenyamanan Mata
Berbagai mode visual yang direkomendasikan
Filter tertentu mampu memaksimalkan kualitas visual. Berikut ini contoh antara mode Standart dengan mode Game. Saya tidak menggunakan screen-capture karena ini adalah filter monitor, bukan filter VGA.

BenQ VL2040AZ: Monitor untuk Kenyamanan Mata
Mode Standart

BenQ VL2040AZ: Monitor untuk Kenyamanan Mata
Mode Game
Secara kasat mata, mode Gane membuat tampilan semakin menyala, di beberapa bagian tampak lebih detil, kontras warna sangat terasa, pencahayaan ditambah tanpa mengurangi sisi gelap.

BenQ VL2040AZ: Monitor untuk Kenyamanan Mata
Meski minim cahaya, penglihatan ke monitor tetap nyaman
Banyak yang beranggapan bahwa semakin banyak cahaya yang dipancarkan monitor membuat mata menjadi perih. Kabar baiknya masalah ini tidak terjadi pada BenQ Eye Care series.

Saya sendiri gemar melakukan aktivitas di komputer dalam kondisi ruangan yang minim cahaya. Namun berdampak pada mata yang terasa terbakar. Semuanya berubah ketika saya mengganti dengan monitor BenQ Eye Care. Stop frying your eye!


Spesifikasi

Warna: Hitam
Ukuran Layar: 19.5"
Rasio Aspek: 16:9
Resolusi" 1600x900
Display Area: 433.92 x 236.34
Ukuran Pixel: 0.27mm
Kecerahan: 200 cd/㎡
Perbandingan Kontras: 600:1
Rasio Kontras Dinamis: 12M:1
Tipe Panel: TN
Waktu Tanggap: 5ms
Jumlah Warna: 16.7 juta
Dimensi: 352.9 x 464.3 x 178.5
Berat: 2.3 KG
Selengkapnya...


Harga

BenQ VL2040AZ: Monitor untuk Kenyamanan Mata

Sebelum saya bahas lebih dalam lagi, kira-kira berapa harga paling murah untuk monitor BenQ VL2040AZ?

Apa sobat berpikir harga diatas Rp. 3.000.000 ?

Faktanya semua monitor BenQ Eye Care series hanya terpaut sedikit lebih tinggi dibanding monitor pada umumnya. Untuk monitor BenQ VL2040AZ dihargai sekitar Rp. 1.000.000. Untuk ukuran layar 19.5 inchi dan fitur spesial di dalamnya, ini sangat terjangkau.

Ada yang lebih murah?

Jika sobat ingin harga yang lebih rendah lagi, mungkin BenQ G615HDPL bisa jadi pilihan. Resolusi layarnya 15.6 inchi tentunya dengan fitur Senseye juga.

Harga tertinggi dipegang oleh BenQ BL2710PT dengan resolusi 27 inchi. Harganya diatas Rp. 7.000.000 namun berbanding lurus dengan fitur yang dimilikinya.


Kesimpulan

BenQ VL2040AZ memiliki kualitas yang pantas untuk mereka yang peduli pada kesehatan matanya. Harga yang cukup terjangkau membuat monitor ini dapat dimiliki oleh berbagai kalangan. Fitur spesial Flicker Free dan Blue-Light Reduction tidak sekedar menjadi nama, justru yang paling bermanfaat keberadaannya.

BenQ VL2040AZ: Monitor untuk Kenyamanan Mata

Pengaturan dan mode sangat variatif serta mendukung segala aktivitas sobat di depan monitor. Penggunaan power adapter terpisah ternyata mampu menghemat energi hingga 40% dibanding monitor biasa.

BenQ mengklaim bahwa monitor Eye Care tetap nyaman digunakan dalam waktu 6-8 jam sehari. Ukuran yang tergolong banyak untuk sebuah aktivitas di depan monitor.

Kelebihan

  • Flicker Free
  • Blue-Light Reduction
  • Hemat daya
  • Mode tampilan yang bervariasi
  • Pengaturan layar mudah dikostumasi
  • Harga yang cukup terjangkau
  • Anti-Glare, membuat monitor tidak silau
  • Tetap nyaman digunakan dalam jangka waktu lama
  • Fitur Senseye yang lengkap
Kekurangan
  • Letak tombol sulit dijangkau
Jika sobat sering menatap monitor dalam jangka waktu yang lama, monitor ini sangat direkomendasikan. Tertarik? Dapatkan disini! Tersedia juga di online shop lokal.


8 komentar

  1. Harganya menggiurkan gan,bisa jadi pilihan nih kalo mau ganti monitor

    ReplyDelete
  2. Mantep bang klo banyak yang beli gara" artikel ente , Pihak BenQ bisa lirik ente tuh :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah, tujuan ane sih biar orang-orang lebih menjaga kesehatan mata :3

      tapi berhubung baru BenQ yang menanamkan fitur ini, yaudah ane review aja :v

      Delete
  3. Kalau buat nonton anu, perih gak matanya :v

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Untuk tipe ini pakai DVI gan, kalau mau pakai converter DVI --> HDMI aja gan

      Delete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming