Friday, July 24, 2015

Cara Membuat Folder yang Tidak Bisa Dihapus pada Windows

Cara Membuat Folder yang Tidak Bisa Dihapus pada Windows

CRONOSAL-Berbagai aspek kenyamanan bekerja di komputer terhitung dari tingkat kepuasan penggunanya. Jika kita bicara soal keamanan dan eksklusifitas, banyak sistem operasi yang mulai mengedepankan pengalaman yang sempurna ketika bekerja di depan layar monitor.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat memposting Cara Mudah Password File pada Windows. Dengan mengikuti langkah-langkah seperti pada posting tersebut maka suatu file tidak bisa dibuka jika tidak memiliki izin berupa password. Termasuk, akses data seperti memindahkan atau menghapus file.

Kali ini saya akan lebih spesifik untuk "melindungi" eksistensi folder di komputer bersistem operasi Windows. Folder yang dilindungi nantinya tidak bisa dihapus, secara otomatis file apapun yang tinggal di folder tersebut tidak lenyap bersama folder. Berikut tutorialnya:

Windows user only...


Cara Membuat Folder yang Tidak Bisa Dihapus pada Windows


1. Jalankan CMD (command prompt) di komputer sobat

Cara Membuat Folder yang Tidak Bisa Dihapus pada Windows

2. Ketik drive atau direktori dimana folder yang tidak bisa dihapus ingin dibuat. Contohnya saya memilih drive F, maka saya ketik f: namun untuk direktori, ketik contohnya seperti f:game\game1\game2\game3. Setelah itu tekan Enter

Cara Membuat Folder yang Tidak Bisa Dihapus pada Windows

3. Setelah itu, ketik md con\ lalu tekan Enter


4. Jika berhasil, folder dengan nama "con" akan muncul dan sesuai janji saya, folder tersebut tidak bisa dihapus


Tampilan ketika mencoba menghapus folder
Windows menganggap folder tersebut tidak ada. Sesuatu yang tidak ada tidak bisa dihapus, kurang lebih seperti itu. Lalu kenapa folder harus bernama "con"? Jika sobat sudah membaca artikel Keanehan Pada OS Windows, mungkin setidaknya sobat sudah tahu mengapa folder dengan nama "con" begitu istimewa.

Sebenarnya saya kurang tahu persis, Microsoft juga tidak memberikan informasi resmi. Namun dari beberapa pembahasan forum komputer, menyebut bahwa folder dengan nama tersebut khusus digunakan untuk sistem. Mungkin diantara sobat ada yang punya jawaban lebih spesifik, silahkan tulis di kolom komentar.

Bagaimana jika ingin menghapus folder tersebut?

Sebenarnya cara untuk menghapusnya sama saja ketika membuat folder tersebut. Namun bedanya, jika sebelumnya sobat mengetik md con\ maka untuk menghapusnya sobat menggunakan perintah rd con\

Hanya berbeda sedikit saja.

Cara Membuat Folder yang Tidak Bisa Dihapus pada Windows
Just simple trick

Berlangganan Artikel Via Email



1 comments:

Gan,Masa saya bikin kok malah gak bisa dibuka Foldernya. Kasih cendolnya dongg gan??

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming