Sunday, July 5, 2015

Cara Mengetahui Konsumsi Listrik Komponen Komputer

Cara Mengetahui Konsumsi Listrik Komponen Komputer

CRONOSAL-Perangkat komputer (termasuk laptop) memerlukan konsumsi listrik sebagai tenaga penggeraknya. Sepertinya teori seperti ini tidak perlu dijelaskan lagi. Semua perangkat elektronik dapat bekerja dengan baik dengan syarat, arus listrik yang disuplai harus sesuai dengan standar yang ditentukan. Tentunya tiap komponen berbeda-beda.

Tiap-tiap komponen memiliki daya daya yang berbeda. Untuk komputer yang digunakan untuk sekedar mengetik di MS Word, mungkin hanya memakan daya kurang dari 100 watt. Tetapi kalau bicara soal PC gaming dengan kemampuan fantastis, 1000 watt bisa saja tidak cukup. Ini tergantung pada karakteristik hardware yang digunakan.

So, bagaimana cara mengetahui konsumsi listrik setiap komponen komputer ?

Cara Mengetahui Konsumsi Listrik Komponen Komputer


1. Download dan instal Local Cooling


2. Jalankan programnya. Klik Settings

Cara Mengetahui Konsumsi Listrik Komponen Komputer

3. Klik tab My power dan disitu bisa terlihat konsumsi listrik dari masing-masing komponen mulai dari monitor, hard drive, CPU, graphic card, dan komponen lainnya

Cara Mengetahui Konsumsi Listrik Komponen Komputer

Nah, komputer yang saya miliki kira-kira membutuhkan daya 162 watt untuk menghidupkan setiap komponennya. Angka tersebut termasuk masih dalam batas karena PSU yang saya gunakan memiliki kapasitas hingga 450 watt. Sebaiknya setelah sobat mengecek ini, periksa apakah daya yang dibutuhkan masih bisa disuplai PSU.

Kalau ternyata dayanya nyaris tidak cukup...

Cara Mengetahui Konsumsi Listrik Komponen Komputer

Tidak perlu sampai membuang salah satu komponen juga :v
Ada beberapa opsi yang bisa dipilih; pertama, upgrade PSU dengan power yang lebih tinggi. Kedua, ganti dengan komponen yang lebih hemat daya. Sudah banyak vendor hardware yang menyajikan rig dengan daya yang lebih rendah, harganya juga tergolong murah.

Dampak buruk kalau daya tidak cukup

Cara Mengetahui Konsumsi Listrik Komponen Komputer

Yang pertama jadi korban adalah PSU, biasanya bakal rusak pertama. Kemudian berlanjut ke motherboard, putaran magnetis hard drive menjadi tidak stabil, bad sector tidak terhindarkan. Lalu beberapa fan putarannya melemah, chip set processor menjadi cepat panas, hardware yang semakin rusak akan membuat pengalaman penggunaan komputer tidak maksimal. Selain itu dengan rusaknya komponen, berarti ada harga yang harus dibayar.


Berlangganan Artikel Via Email



5 comments

tentang Komponen komputer memang sedang saya pelajari, tapi saya kurang suka menggunakan software... laptop saya sudah terlalu berat :3

sudah gw test bisa, thanks banget ya
sangat bermanfaat..

thanks banget ini sangat membantu saya dalam memilih milih komponen baru pc agar listrik rumah saya tidak padam karena pc yang saya gunakan kelebihan daya.. :v

klo cra cek listrik yg msuk ke pc gmana ya? soalnya kan kita tidak tahu tegangannya naik - turun atau tidak?

Makasih gan. manfaat sekali

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming