Friday, October 30, 2015

BPGconv: Ubah JPEG/PNG Menjadi BPG


CRONOSAL-Beragam format grafis yang tersebar di ranah internet mungkin jarang dipedulikan orang. Harus diakui, kebanyakan orang hanya memperhatikan detil sebuah gambar tanpa sedikitpun menganalisa data teknis di dalamnya, begitulah nasib format gambar.

Bagi sobat yang sebelumnya telah membaca artikel mengenai format gambar BPG pasti sudah mengetahui lebih detil mengenai implementasi fitur di dalamnya.


Singkatnya, BPG adalah format gambar yang fokus pada kompresi file namun memiliki kualitas gambar yang lebih tinggi dibanding JPEG. Berikut hasil pemotretan dengan dua output file yakni BPG dan JPEG.


Hasilnya, BPG memiliki kualitas foto yang lebih indah dibanding JPEG, format yang sudah 'senior'. BPG menghasilkan gambar yang tajam dan tidak pecah serta ukurannya yang tidak memakan banyak ruang di dalam disk.


Sebuah software bernama BPGconv menawarkan fitur konversi gambar JPEG dan PNG ke BPG sekaligus (batch converting). BPGconv juga bisa melakukan sebaliknya, mengubah BPG ke format gambar lain.

Seperti sudah saya bahas sebelumnya, BPG adalah format gambar dengan kualitas kompresi yang tertinggi namun performa visualnya tetap maksimal

Interface sederhana, setiap tab mewakili fitur Encode dan Decode.

Batch converting disertai informasi seperti progress, ukuran file, diektori, dan status konversi.


Download BPGconv

Jendela Encode berfungsi untuk mengubah gambar dengan format JPEG atau PNG menjadi BPG. Sedangkan jendela Decode berfungsi sebaliknya, mengubah BPG ke format gambar lain. Perlu diketahui bahwa secara default, output gambar diletakan di Desktop.

Di bagian kanan atas terdapat menu pengaturan mengenai kualitas gambar secara mendetil, termasuk chroma format, color space, bit depth, dan sebagainya. Tentu saja, kedua pengaturan ini juga dipisah untuk Encoding dan Decoding.


BPGconv tersedia gratis dalam versi portable untuk OS Windows. Meskipun begitu, program Windows Photo Viewer masih belum kompatibel terhadap format BPG. Solusinya, sobat juga harus menginstal BPGviewer.


Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming