Monday, October 26, 2015

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus

CRONOSAL-Jika terdapat 50 gambar dengan dimensi 2560 x 1440 pixel, ingin sobat ubah menjadi 640 x 360 pixel, mengubahnya (resize) satu per satu pasti akan memakan waktu dan tenaga yang banyak. Hampir setiap software editor foto memiliki fitur resize, bahkan editor default dari ponsel juga bisa melakukannya.


Tetapi, hanya sedikit yang mampu melakukan proses batch resizing atau meresize banyak foto sekaligus. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga sobat dibanding teknik lama, satu per satu diubah.

Yang gua rasakan ketika resize 100 foto secara manual

Fotosizer adalah software yang khusus digunakan untuk mengubah ukuran dimensi foto. Ada banyak fitur yang mendukung proses resize, misalnya dengan mempertahankan aspect ratio agar perbandingannya tetap sama. Rotasi, efek, kualitas, DPI, ada sebagian fitur yang dimiliki Fotosizer.

Berikut tutorial resize foto dengan Fotosizer :D

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus


1. Download dan instal Fotoresize (free) di komputer sobat. Program ini hanya untuk sistem operasi Windows

2. Jalankan Fotosizer, klik Add Images untuk memasukan gambar. Sobat juga bisa langsung drag foto ke area yang disediakan

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus

3. Dalam tutorial ini, kita fokuskan untuk mengubah dimensi foto (resize). Penghitungan ukuran didasarkan pada skala CM, PX, MM, INCH, dan persen (%). Contohnya saya memilih ukuran 640 x 360 pixel. Klik Start untuk memulai proses pengubahan 

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus

4. Tunggu hingga selesai, lamanya waktu yang dibutuhkan didasarkan pada jumlah foto serta kecepatan hardware

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus

5. Setelah selesai, sobat bisa melihatnya di folder output


Tips

Untuk mendapatkan kualitas foto yang lebih tajam, gunakan format PNG. Jangan resize ke bentuk yang lebih besar karena akan membuatnya pecah. Selain itu, disarankan untuk mempertahankan aspect ratio agar hasilnya tetap seimbang.


Fotosizer terdapat versi free dan premium. Seperti kita ketahui, versi premium memiliki fungsi yang lebih kompleks serta penawaran fitur yang menarik untuk digunakan.


Namun Fotosizer free juga sudah cukup untuk mengubah ukuran banyak foto dalam waktu singkat, menambahkan efek, mengubah rotasinya, bahkan mengatur kualitas output gambar setelah diproses. Versi gratis ini tidak begitu mengganggu seperti software lainnya, hanya ada penawaran untuk upgrade di saat membuka program ini, setelah itu tidak ada iklan penawaran lain.


Semoga dapat membantu sobat, jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah :)


Berlangganan Artikel Via Email



1 comments:

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming