Cara Mudah Copy Tulisan Hasil Scan


CRONOSAL - Metode scan atau pemindaian adalah salah satu bentuk input data ke dalam komputer. Disini saya gak akan membahas sejarahnya, atau apapun yang berkaitan dengan alat scanner. Saya akan membagikan trik sederhana untuk menyalin teks hasil scan.

Walaupun format output dari scan berbentuk gambar, tetapi karakteristik angka, huruf, dan simbol sebenarnya dapat terdeteksi.


Ini berkat teknologi Optical Character Recognition atau disingkat OCR yang mampu mengekstrak teks dalam bentuk format gambar.

Semakin hari, OCR semakin dioptimalkan. Akurasi analisa teks menjadi lebih tinggi, kemampuan processing dipercepat, namun tetap ada rambu-rambu untuk menggunakan OCR.


Format gambar hasil scan JPG, GIF, TIFF BMP atau PDF

Untuk persyaratan ini, saya rasa semua scanner memiliki ragam output seperti di atas. Ini bukan masalah sekalipun sobat memiliki format berbeda karena ada berbagai cara untuk mengubah format gambar.


Hasil scan harus bersih

Bersih disini maksudnya antara teks dengan objek lain harus nampak kontras. Teks tidak boleh berpotongan dengan objek lain. Teks tidak boleh pudar, berdebu, atau ada kotoran lain yang mengaburkan teks.


Benar-benar teks! Bukan grafiti!

Apabila font yang dipakai ternyata tak mampu dikenali OCR, maka itu sebuah pertanda buruk. Sobat tidak bisa menggunakan OCR untuk hal ini. Terlebih lagi tulisan grafiti, tidak akan bisa diketahui isi tulisan tersebut. Font-font mainstream seperti Times New Roman, Calibiri, dan Comic Sans menjadi prioritas utama dalam analisa OCR tetapi bukan berarti font jenis lain tidak bisa terdeteksi dengan mudah. Selama itu berbentuk teks yang jelas, ia akan mudah terdeteksi dan diketahui isinya secara akurat.

Cara Mudah Copy Tulisan Hasil Scan


1. Pastikan sobat sudah memiliki data hasil scan

2. Kunjungi situs Free Online OCR

3. Pilih file gambar hasil scan atau juga bisa via URL, pilih bahasa yang digunakan dalam teks (untuk mempermudah) kemudian klik Start


4. Tunggu prosesnya hingga selesai. Biasanya hanya beberapa menit, tergantung kecepatan internet sobat


5. Hasilnya sudah dalam bentuk teks dan dapat sobat copy dan paste ke lembaran lain. Atau bisa mengunduh data teks dalam format .txt


Tidak sekedar hasil scan saja, tulisan pada gambar juga bisa menggunakan trik ini.

Berbagai permasalahan yang sering muncul terkait penggunaan OCR adalah kesalahan penentuan objek. Kadang objek yang bukan tulisan dianggap tulisan, akibatnya ia ikut tercampur pada teks dan membuat hasilnya tidak sempurna.


Memang OCR masih terus dikembangkan agar mampu mencapai hasil yang maksimal. Sembari menunggu para ahli menyelesaikannya, kita tetap menggunakan OCR yang tersebar luas di internet.

OCR juga memiliki versi software bernama FreeOCR yang bisa sobat download gratis!


Semoga dapat membantu :)


2 komentar

  1. Mantab bro selalu update terus ya tentang artikel yang berkualitas1

    ReplyDelete
  2. makasih bro , lumayan nih buat nambah nambah artikel yang akan saya buat di www.belajaradmob.com dengan cara scan

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming