Thursday, April 30, 2015

Outland 17: Void of Liberty Demo

Outland 17: Void of Liberty Demo

CRONOSAL-Outland 17: Void of Liberty Demo adalah game RPG dengan konsep perang yang revolusioner. Tema luar angkasa ala Star Wars juga bisa sobat temukan dalam game ini. Secara garis besar Outland 17: Void of Liberty menceritakan sekelompok koloni manusia yang membuat stasiun luar angkasa di luar orbit bumi. Satu hal yang hampir mustahil jika diterapkan dalam dunia nyata.

Proyek raksasa ini bukan tanpa alasan, Bumi yang damai sudah menjadi pusat konspirasi dunia. Kejahatan terjadi dimana-mana, terutama penindasan yang kerap terjadi pada struktur politik. Pemain berperan sebagai tokoh pro-revolusi dengan tujuan menyelamatkan bumi. Pemain akan ditemani sekelompok orang yang menjadi tim saat terjadinya perang. Sebuah game RPG, Strategy, sekaligus Casual.


Screenshot

Outland 17: Void of Liberty Demo

Outland 17: Void of Liberty Demo

Outland 17: Void of Liberty Demo

Outland 17: Void of Liberty Demo

Outland 17: Void of Liberty Demo


Gameplay - By The Gaming Ground


Download Outland 17: Void of Liberty Demo Windows

Grenade Tree Games cukup serius dalam menangani game ini. Sejak diluncurkan pada halaman Kickstarter, Outland 17 mampu menyeret rasa penasaran gamer. Hingga pada akhirnya Steam Greenlight menyetujui untuk menampilkan Outland 17 versi penuh 2016 nanti. Perjuangan yang berakhir manis bukan?

Tidak lupa dengan kualitas grafis. Game strategy bukan berarti tidak mempedulikan keindahan yang mampu dinikmati mata. Outland 17 memiliki efek pencahayaan yang sangat baik, baik outdoor maupun indoor. Pada awal permainan sobat akan disuguhi pemandangan tata surya yang luas dengan matahari yang menyinari seluruh planet. Masuk lebih dalam ke arena pertempuran, giliran efek shading yang memanjakan mata pemain.

Mengingat masih adanya unsur kekerasan dan darah dalam game ini. Saya sarankan untuk tidak memainkan game ini jika masih berusia dibawah 13 tahun. Soal spesifikasi minimum untuk memainkan Outland 17: Void of Liberty Demo tidak dijelaskan oleh developer. Tetapi tenang saja, sebab sobat tidak perlu menggunakan Rigs gaming untuk menjalankannya dalam resolusi tinggi.

Outland 17: Void of Liberty Demo
Segera dirilis, awal 2016

Cara Mendapatkan Dollar dari Yroo

Cara Mendapatkan Dollar dari Yroo

CRONOSAL-Bukan sesuatu yang hebat jika seseorang mampu menghasilkan pundi-pundi dollar melalui internet. Tidak perlu banyak atau sedikit, dunia internet sama halnya dengan dunia nyata. Siapapun memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang lebih. Dalam artikel ini saya akan memperkenalkan Yroo.

Sejatinya Yroo adalah suatu wadah dimana sobat akan mendapatkan penawaran barang sesuai brand yang diinginkan. Yroo akan mempermudah sobat dalam bertransaksi suatu produk dengan harga yang lebih baik. Tetapi keunikan dari Yroo, sobat bisa membeli barang dengan points. Points dapat ditukarkan dalam bentuk voucher belanja maupun dollar (melalui Paypal).

Dalam hal ini kita akan fokus untuk mencairkan sedikit dollar Yroo ke akun Paypal kita. Bagaimanakah caranya? Apakah sulit? Kita menggunakan sistem perujukan, simak baik-baik!


Cara Mendapatkan Dollar dari Yroo



1. Kunjungi halaman Yroo


2. Terdapat 3 opsi untuk mendaftar ke Yroo. Bisa melalui Facebook, Google atau email

Cara Mendapatkan Dollar dari Yroo

3. Jika sudah mendaftar, masuk ke Yroo kemudian klik Friends ==> Invite Friends

Cara Mendapatkan Dollar dari Yroo

4. Untuk mendapatkan dollar, sobat harus mengundang teman untuk menggunakan Yroo. Salin alamat yang diberikan kemudian bagikan ke teman sobat

Cara Mendapatkan Dollar dari Yroo

5. Jika jumlah points sudah mencapai 10.000, sobat bisa mencairkannya melalui Paypal

Cara Mendapatkan Dollar dari Yroo

Maksimal points untuk dapat ditukarkan dengan dollar adalah 320.000 points ($318). Yroo memang menyarankan sobat mengundang teman agar bisa mendapat sejumlah points, namun Yroo sangat melarang penggunaan undangan dalam bentuk spam. Tidak hanya berbahaya pada akun Yroo sobat, tapi juga kritikan orang-orang yang melihat aksi spamming sobat, hehehe

So, selamat berburu dollar di Yroo...


Tuesday, April 28, 2015

Terminal Overload PC

Terminal Overload PC

CRONOSAL-Tidak lepas dari pertempuran antar kelompok yang saling berbeda tujuan, hampir semua game first person shooter memiliki plot cerita semacam ini. Call of Duty, Battlefield, Counter Strike dan masih banyak lagi game FPS yang menggambarkan sesosok pahlawan yang bergerak melawan sesuatu yang diyakininya tidak baik.

Berbeda dengan FPS multiplayer pada umumnya yang menggunakan tokoh protagonis dan antagonis seperti militer dengan teroris. Terminal Overload sama sekali tidak menunjukan adanya konflik soal keamanan. Terminal Overloaded merupakan kelanjutan dari game Revenge Of The Cats: Ethernet.

Karakteristik game ini sangat dekat oleh pencahayaan ala neon. Sedikit warna terang dan didominasi oleh warna gelap. Secara garis besar game ini tidak jauh berbeda dengan game FPS multiplayer pada umumnya. Namun efek senjata memberi kekuatan berbeda pada game ini. Ada begitu banyak senjata dengan efek yang berbeda-beda.

Satu yang pasti, tidak ada tanda-tanda bahwa senjata yang sobat gunakan menggunakan peluru. Tetapi digantikan dengan semacam gauge yang jumlahnya bisa bertambah terus menerus, tidak peduli berapa banyak digunakan.


Screenshot

Terminal Overload PC

Terminal Overload PC

Terminal Overload PC

Terminal Overload PC

Terminal Overload PC


Trailer


Download Terminal Overload PC

Sebuah ironi harus diterima oleh pihak developer Terminal Overload. Game yang mereka usung dengan konsep yang unik ini bagaikan stadion GBK yang selesai dipakai; sangat sepi. Patreon dan Gratipay hanya mendapatkan dana dari sumbangan sedikit gamer yang peduli. Di sisi lain, lisensi Terminal Overload yang open-source membuat game aslinya dilupakan begitu saja.

Walaupun sudah update hingga versi 0.6, Terminal Overload tetap minim pemain. Entah apa yang membuat game seunik ini merasakan predikat sepi pemain. Mungkin saja ini dikarenakan dana yang kurang memadai sehingga bagian pemasaran kesulitan memperkenalkan game keren ini ke khalayak ramai. Ya, mungkin saja beberapa bulan semenjak artikel ini ditulis akan ada peningkatan Terminal Overload baik dari sisi gameplay maupun jumlah pemain. We hope to you, Patreon and Gratipay...


Monday, April 27, 2015

Cara Mempercepat Video dengan VideoPad

Cara Mempercepat Video dengan VideoPad

CRONOSAL-Mempercepat video disini maksudnya adalah mempercepat durasi video dari yang tadinya berdurasi panjang, menjadi lebih pendek. Mungkin sobat pernah melihatnya di internet atau di televisi. Misalnya video berdurasi 10 menit kita percepat hingga 2 kali lipat, maka hasilnya video tersebut hanya berdurasi 5 menit. Paham?

Sudah pasti hal ini akan mempengaruhi isi video. Setiap gerakan yang tadinya normal menjadi cepat. Termasuk suara yang ditimbulkan terdengar lebih aneh. Namun dari konsekuensi ini, sobat pasti memiliki tujuan lain. Saya sering menggunakan trik ini agar lebih menghemat waktu. Dan di sisi lain ukuran file video menjadi lebih kecil.

Dalam tutorial kali ini, kita akan menggunakan sebuah software video editor gratis(an) bernama VideoPad. Tampilannya sederhana, fiturnya juga newbie friendly sehingga sobat akan lebih cepat menguasai video editor yang satu ini.


Cara Mempercepat Video dengan VideoPad



1. Buka VideoPad, jika belum punya silahkan download


2. Buka video yang akan dipercepat durasinya


3. Seret video tersebut ke Timeline/Storyboard


4. Klik kanan pada video kemudian klik Change Clip Speed...

Cara Mempercepat Video dengan VideoPad

5. Atur speed sesuai keinginan lalu Set

Cara Mempercepat Video dengan VideoPad


Selanjutnya sobat bisa meng-export video yang telah dipercepat tadi. Sekali lagi saya tegaskan, video yang telah dipercepat mengalami beberapa perubahan. Yang terutama adalah audio yang terdengar cukup aneh. Saya sarankan untuk mengganti audio dengan yang lebih pas. Mungkin saja menggantinya dengan lagu dari Pitbull - Rap God, biar kelihatan lucu :v


Sunday, April 26, 2015

The Artifact of Gods: Resurrection

The Artifact of Gods: Resurrection

CRONOSAL-Franchise game puzzle seakan tidak pernah berhenti memberi inovasi. Walaupun semakin digerus oleh berbagai game yang menawarkan suasana gameplay yang memacu emosional, puzzle tetap fokus pada penalaran logika dan strategi. Dari banyak game puzzle yang beredar bebas, kali ini saya akan memperkenalkan The Artifact of Gods: Resurrection.

The Artifact of Gods: Resurrection adalah game first person puzzle yang menggunakan terrain mirip labirin untuk memancing pemainnya berpikir keras. Digabungkan dengan dunia fantasi, game ini cukup menarik dari segi gameplay yang dihadirkan. Pemain berperan sebagai peneliti atau mungkin penjelajah yang mencari sebuah artefak berharga.

Entah apa yang membuat artefak itu begitu istimewa dan diincar oleh banyak orang. Kali ini dari sudut orang pertama, sobat berkesempatan masuk ke dalam sebuah bangunan dimana artefak tersebut disembunyikan. Bukan genre horror, tetapi jangan kaget jika sobat bertemu dengan sekelompok tulang belulang hidup yang menjaga artefak itu. Hanya ada dua pilihan; bersembunyi atau melawan.


Screenshot

The Artifact of Gods: Resurrection

The Artifact of Gods: Resurrection

The Artifact of Gods: Resurrection

The Artifact of Gods: Resurrection

The Artifact of Gods: Resurrection


Gameplay - By JHutchGAMES


Download The Artifact of Gods: Resurrection Gratis

Pencahayaan dalam game sangat minim, sobat hanya bisa mengandalkan sumber cahaya dari obor di sekitar dinding. Namun jika tidak menyukai kegelapan, coba atur Gamma pada level tertinggi. Ini akan membantu pencahayaan agar lebih terang lagi. Sangat direkomendasikan sebab banyak jebakan di sepanjang jalan yang dilalui.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ada sekelompok tulang belulang hidup yang berpatroli ke segala sisi. Ingat! Area yang dilalui berbentuk labirin yang memperbesar kemungkinan pemain bertemu dengan mayat hidup tersebut. Tentunya pertemuan ini bukan sebuah pertanda baik. Di awal permainan sobat tidak diberikan senjata sebagai perlawanan, jadi sebaiknya segera bersembunyi jika melihatnya.

Hanya ada 5 nyawa dalam satu chapter. Itu berarti hanya ada 5 kali kesempatan untuk mati di dalam permainan, selebihnya sobat dipaksa mengulang lagi dari awal chapter. Tidak ada jaminan sobat bisa menyelesaikan satu quest dengan mudah. Tidak hanya sekedar pandai mencari jalan atau mampu melawan musuh, keberuntungan juga menjadi penentu. Jadi, semoga beruntung...


Apa Saja yang Membuat HDD Penuh? Ayo Cek!

Apa Saja yang Membuat HDD Penuh? Ayo Cek!

CRONOSAL-Bahagia itu sederhana, setiap hari download file raksasa tapi HDD (Hard Disk Drive) tidak penuh. Tapi apakah mungkin? Jeleas tidak mungkin! Pemandangan HDD berwarna merah kerap dirasakan bagi para maniak download (termasuk saya :v ). Setiap hari penyimpanan utama komputer dihujani ratusan hingga ribuan megabyte data meski pada akhirnya akan dihapus juga, hehehe...

Tidak peduli sebesar apapun kapasitas HDD yang sobat miliki, sedikit demi sedikit akan terisi dan ruang yang tadinya sebesar lapangan Gelora Bung Karno akan berubah seperti Tenis Indoor. Tidak salah lagi, kapasitas HDD terus berkurang seiring dengan penggunaan. Solusinya sederhana, yakni menghapus beberapa (atau semua, biar greget) file yang tidak penting atau tidak dipergunakan lagi. Selain akan menambah kapasitas HDD, secara tidak langsung akan mempercepat proses booting.

Jangan sembarang menghapus! Sebaiknya ketahui terlebih dahulu file-file apa saja yang mendominasi kerajaan HDD sobat. Kita tidak tahu jika tidak mengeceknya terlebih dahulu. Dalam tutorial ini saya akan menggunakan sebuah software powerfull bernama Windows Directory Statistics atau lebih sering disebu WinDirStat.

Cara kerja software ini seperti memindai seluruh data yang ada di HDD komputer kemudian mengelompokannya berdasarkan format file. Sehingga hasil pemindaian nantinya bisa terlihat file berjenis apa saja yang memakan banyak memori. Agar lebih jelas, ikuti tutorial berikut ini!


Apa Saja yang Membuat HDD Penuh? Ayo Cek!



1. Download WinDirStat kemudian install softwarenya


2. Buka WinDirStat. Untuk melakukan pemindaian ke seluruh HDD, pilih All Local Drives lalu OK

Apa Saja yang Membuat HDD Penuh? Ayo Cek!

3. Tunggu proses pemindaian hingga selesai. Dapat dilihat dari icon pacman yang bergerak ke kiri dan ke kanan. Apabila sudah ada yang berhenti, maka pemindaian pada disk tertentu sudah selesai

Apa Saja yang Membuat HDD Penuh? Ayo Cek!

4. Jika sudah muncul seperti ini, sobat sudah bisa melihat file apa saja yang paling banyak memakan ruang HDD. Setiap warna mewakili satu format file, jika ukurannya besar berarti file tersebut berjumlah besar

Apa Saja yang Membuat HDD Penuh? Ayo Cek!

5. Kini sobat bisa menghapus file dengan lebih bijaksana

Apa Saja yang Membuat HDD Penuh? Ayo Cek!

Kenangan memang indah, tetapi yang baru akan lebih baik. Maksud saya disini, jangan terlalu sayang dengan file-file tua yang sobat miliki. Seiring waktu pasti akan ada peningkatan kualitas software yang sudah sepantasnya sobat tidak perlu lagi memikirkan software usang yang masih "dimuseumkan".

Jika memang terlanjur sayang, cobalah meng-upload file-file tersebut ke cloud storage. Sebagai contoh Shared.com menyediakan layanan 100 GB penyimpanan online gratis yang bisa sobat manfaatkan untuk menyimpan file HDD. Semoga membantu...


Saturday, April 25, 2015

EagleGet: Downloader Tercepat dan Gratis!

EagleGet: Downloader Tercepat dan Gratis!

CRONOSAL-Sepertinya agak naif jika saya mengatakan EagleGet sebagai downloader tercepat. Dari puluhan atau bahkan ratusan software downloader yang pernah saya coba diantaranya; Internet Download Manager, FlashGet, Free Download Manager, GigaGet, dan yang terakhir adalah EagleGet. Baru satu hari mencoba EagleGet, saya sudah mulai berpikir untuk menghapus Internet Download Manager. Mengapa? Akan saya ulas dalam review EagleGet: Downloader Tercepat dan Gratis!


Sekilas tentang EagleGet

EagleGet adalah software downloader dengan lisensi freeware yang dirilis pertama kali pada Agustus 2013 melalui Softpedia. Software berukuran 5 MB ini dikhususkan untuk sistem operasi Windows. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, EagleGet menjadi lebih cepat populer.

EagleGet: Downloader Tercepat dan Gratis!
Interface sederhana dan bersih

EagleGet: Downloader Tercepat dan Gratis!
Kustomasi tampilan sesuka hati

EagleGet: Downloader Tercepat dan Gratis!
Proses download yang sangat cepat

EagleGet: Downloader Tercepat dan Gratis!
Video grabber? Wow!!

EagleGet: Downloader Tercepat dan Gratis!
Update yang mudah sebab EagleGet 100% gratis
Download EagleGet Windows

Tidak hanya itu, EagleGet telah ditanamkan algoritma pintar dimana terdapat fungsi "Automatic Refresh Expired Download Address". Jadi tidak ada lagi istilah file gagal ter-download, fungsi ini tidak ada pada IDM lho. Kebetulan sekali, EagleGet mendukung multi-bahasa termasuk diantaranya Bahasa Indonesia dan sobat tidak perlu men-download lagi add-on bahasa.

EagleGet juga terintegerasi dengan beberapa browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, dan Internet Explorer. Jadi proses download akan lebih mudah.


IDM vs EagleGet, mana lebih cepat?

Untuk yang ini, saya tidak akan membahasnya terlalu jauh sebab jawabannya sudah ada pada judul review ini. Atau jika ingin mengetahui lebih spesifik, silahkan baca IDM vs EagleGet - Mana Lebih Cepat?

Satu kata untuk EagleGet: POWERFULL!!

EagleGet: Downloader Tercepat dan Gratis!
Another story of IDM

IDM vs EagleGet - Mana Lebih Cepat?

IDM vs EagleGet - Mana Lebih Cepat?

CRONOSAL-Persaingan ketat software downloader sudah lama terjadi. Internet Download Manager (IDM) yang sempat menjadi program bawaan Windows masih mendominasi hingga sekarang. Tidak ada yang meragukan kecepatan download melalui IDM. Bahkan deskripsi website resmi IDM tertulis "Internet Download Manager: the fastest download accelerator".

Tetapi apakah predikat downloader tercepat yang dipegang IDM masih berlaku? Setelah munculnya banyak pesaing yang menjanjikan fitur-fitur sekelas atau bahkan diatas IDM, semuanya boleh dibilang belum layak menyaingi IDM, kecuali... EagleGet.

EagletGet sendiri bukan software yang sudah berumur panjang seperti IDM. Hanya mendukung sistem operasi Windows, bahkan lisensinya yang gratis membuat banyak orang meragukan kemampuan software ini. Sedikit demi sedikit orang-orang mulai mempercayai EagleGet. Antara IDM dengan EagleGet hanya berbeda tipis, terutama dalam hal kecepatan download data.

Tidak ada perbandingan resmi mengenai kecepatan dari kedua brand tersebut. Namun berikut ini adalah video perbandingan kecepatan download dengan menggunakan IDM dan EagleGet.


Dalam kecepatan yang telah diatur stabil, IDM mampu men-download file sebesar 25 MB dalam waktu kurang lebih 2 menit 3 detik. Sedangkan EagleGet boleh unjuk gigi, sebab hanya memakan waktu sebanyak 1 menit 50 detik.

Oke, mungkin saja itu hanya terjadi pada komputer saya. Tetapi banyak orang yang menyebutkan bahwa EagleGet lebih cepat dibanding IDM. Walaupun hanya berbeda tipis, EagleGet dengan lisensi freeware wajib diacungi jempol ketimbang IDM yang merupakan software berbayar.

EagleGet: Downloader Tercepat dan Gratis!


Download Pongo Demo

Download Pongo Demo

CRONOSAL-Pongo Demo, game platformer yang satu ini terbilang unik dan mungkin belum pernah ada yang menggunakan konsep ini sebelumnya. Pongo terinspirasi dari permainan pogo stick dimana kita bisa melompat-lompat lebih tinggi dan jauh menggunakan alat tersebut. Tidak hanya itu, freestyle juga dapat dilakukan.

Dalam game ini, sobat menggunakan pogo stick untuk melompat melewati satu daratan ke daratan lain dengan jarak dan ketinggian yang bervariasi. Di bagian kiri bawah terdapat status bar yang menunjukan seberapa besar tekanan yang dimiliki agar pogo dapat mencapai ketinggian tertentu. Sedangkan untuk bergerak maju, sobat bisa memilih opsi berjalan dengan kecepatan normal atau tinggi. Tentu ini tergantung seperti apa medan yang harus ditempuh.

Jangan lupakah health bar. Memang tidak ada musuh yang cukup menyulitkan pada versi Demo ini. Akan tetapi jika nyawa habis maka sobat harus mengulang lagi dari awal. Mengulang dari awal disini bukanlah berita baik.


Screenshot

Download Pongo Demo

Download Pongo Demo

Download Pongo Demo

Download Pongo Demo

Download Pongo Demo


Trailer


Download Pongo Demo Gratis

Tidak lengkap rasanya jika hanya bergerak menghindari musuh. Pongo juga menyediakan fitur first person shooter dimana pogo stick yang sobat gunakan dapat dijadikan sebuah senjata yang menembakan peluru ke arah musuh.

Medan yang harus ditempuh akan bervariasi seiring semakin tingginya level yang dicapai. Beberapa efek physics juga ditambahkan meski tidak begitu banyak berkontribusi di dalam game. Pongo hanya menyediakan dua opsi grafis yaitu high dan low. Tidak terlihat perubahan mencolok ketika mengatur pada opsi high, hanya sedikit outline saja yang diperhalus. Selain itu tidak ada perubahan.

Game ringan ini menggunakan grafis kartunis yang bisa dipastikan PC low end sekalipun dapat bereksperimen dengan game ini. Walaupun sobat menjalankan Pongo pada PC high end sekalipun, frame rate yang dapat dicapai hanya sampai 60.


Friday, April 24, 2015

DroneGP 15 Alpha

DroneGP 15 Alpha

CRONOSAL-Masih ingat dengan game balapan RC bernama Revolt? Game tersebut menjadi yang paling diminati berkat konsep balapan yang berbeda dari lainnya. Mungkin ingin mengulang kembali kejayaan Revolt sebuah developer bernama FrozenPepper33 meluncurkan DroneGP 15 Alpha, sebuah game racing dengan drone sebagai objek permainannya.

Drone? Apa itu? Namanya jarang disebut tetapi bisa jadi sobat sudah pernah melihatnya, entah itu secara langsung maupun tidak langsung. Drone merupakan sebuah alat canggih yang dapat dikendalikan dengan remote control. Drone pada umumnya memiliki empat buah baling-baling agar dapat terbang dan bergerak bebas di udara. Mungkin dulunya drone hanya dipergunakan untuk kepentingan militer, mata-mata, pemantau, atau film. Namun sekarang banyak drone yang dijual bebas dengan harga miring, tentu saja lebih fokus kepada sebuah mainan yang mengasyikan.

DroneGP 15 Alpha hanya menugaskan sobat untuk mengendalikan drone dan mencapai garis finish dengan peringkat teratas. Sederhana dan sudah pasti sobat paham dengan kriteria untuk mendapat point penuh. Tetapi kontrol drone tidaklah seperti pesawat atau mobil. Drone memiliki empat buah baling-baling yang masing-masing dapat beroperasi sendiri tanpa mempengaruhi yang lainnya.


Screenshot

DroneGP 15 Alpha

DroneGP 15 Alpha

DroneGP 15 Alpha

DroneGP 15 Alpha

DroneGP 15 Alpha


Trailer


Download DroneGP 15 Alpha Gratis

Kontroler nyaris seperti aslinya. Bukan perkara yang mudah bahkan hanya untuk menggerakan drone kurang dari 5 meter. Kedua tangan pemain fokus pada keyboard, tombol WASD dan navigasi digunakan bersamaan. Koordinasi gerakan harus sesuai jika tidak ingin drone sobat kehilangan arah dan terjatuh. 

Area balapan telah dipagari pada sisi kiri dan kanan agar drone tidak keluar jalur. Beberapa drone tidak memiliki pembatas pada bagian atas, namun ketinggian drone tidak dapat melebihi ketentuan. Semuanya sudah diatur agar dapat berjalan pada jalurnya, walaupun pemain harus beradaptasi dengan metode kontrol yang sedikit berbeda pada DroneGP 15.