Monday, September 28, 2015

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah


CRONOSAL-Game dengan latar tempat di pulau terpencil adalah salah satu konsep latar yang paling mainstream di industri gaming. Hampir setiap tahun selalu saja ada developer yang menggunakan wilayah pulau sebagai aksi-aksi dalam game terjadi. Banyak game horror yang mengadopsi konsep ini karena beberapa alasan. Pertama, pulau terpencil menyimpan misteri karena eksplorasi yang minim. Kedua, karena lokasinya terpencil maka nyaris tidak ada pertolongan yang datang jika terjadi hal negatif. Ketiga, sumber daya sangat terbatas, bahkan untuk membuat kendaraan keluar pulau saja sangatlah mustahil.

Terlepas dari ketiga alasan tersebut, ternyata bukan hanya game horor yang gemar menggunakan terrain pulau pada proyeknya. Sebut saja pengembang game indie bernama Carmen yang menciptakan sebuah produk game ringan berjudul Papair.

What is that?

Nama yang cukup asing... Bahkan ketika saya mencoba menerjemahkannya menggunakan Google Translate, sama sekali tidak terdeteksi apa arti dari kata tersebut. Oke, lupakan soal nama aneh yang dimilikinya. Papair tidak sekedar aneh, namun juga unik. Papair bukanlah game horor, ini adalah game adventure yang sama sekali tidak memberikan esensi seram.

Dari judul artikel ini, Anda sudah bisa menebak kira-kira faktor apa yang membuat saya memberi kesimpulan terhadap game ini. Lantas apa yang membuat .... berikut ulasannya.


Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah


Adalah seorang pilot yang sangat terobsesi dengan dunia penerbangan. Ia tidak hanya menerbangkan sebuah pesawat, menjelajah benua demi kepuasan semata. Pilot tanpa nama ini meyakini bahwa ada sebuah pulau yang bisa terbang. Rasa penasarannya muncul dan membuatnya nekad datang ke pulau tersebut. Tentu dikatakan nekad karena pulau ini sudah tidak dihuni, pulau paling misterius bagi para pilot, kondisi cuaca disana tidak bisa diprediksi dan siapapun yang datang kesana nyaris tak bisa kembali.

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Latar belakang cerita disampaikan lewat ilustrasi komik yang sederhana

Dalam perjalanannya ke pulau 'melayang', sang pilot mengalami kecelakaan akibat badai hebat menerpa pesawat yang ia kendarai. Ia terjatuh ke pulau tersebut, namun ia berhasil bertahan hidup di pulau yang dikatakan bisa melayang tersebut. Kini ia hidup sendiri, berusaha merancang kembali pesawatnya agar dapat pulang.

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
30 tahun sendirian bukanlah waktu yang singkat. Siapapun itu, pasti ingin kembali ke kehidupan sosial

Pilot ini sudah tidak peduli lagi dengan mitos bahwa pulau yang sedang ia tinggali tersebut dapat melayang. Ia hanya ingin pulang. Ya, hanya pulang.

Di awal permainan terlihat sang pilot sedang menjajakan blueprint rancangan pesawat yang akan ia terbangkan. Bisa dibilang, ini bukanlah rancangan pertama. Anda bisa melihat beberapa bukti bahwa si pilot terus berpikir, menuangkan isi pikirannya lewat tulisan di buku bahkan di tembok.

Ketika ia berada di tahap akhir penyelesaian konsep pesawat, secara ajaib blueprint tersebut terpotong 6 bagian dan terbang bagai kupu-kupu, ke seluruh pulau. Ini jelas memaksa Anda untuk berkelana kesana-kemari hanya mencari potongan kertas. Kenapa si pilot tidak ingat rancangannya sendiri? Yang pasti, ini dikarenakan ia sudah tua.

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Segulungan blueprint berubah menjadi kupu-kupu? Sayangnya tidak ada penjelasan untuk pertanyaan ini

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Anda harus mencari blueprint tersebut satu per satu dan jangan sampai membuatnya terbang lebih jauh lagi

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Eksplorasi yang cukup melelahkan. Tidak ada kendaraan apapun yang mendukung eksplorasi

Satu pulau dengan variasi rasa. Papair menggabungkan unsur yang menarik dalam desain pulau. Di satu wilayah Anda akan melihat hutan lebat yang dipenuhi pepohonan hingga cahaya sulit masuk menembus. Di sisi lainnya Anda akan menyaksikan daerah berbatu yang terjal serta gersang. Kedua sensasi yang kontradiktif.

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Rimbunnya pepohonan 'Forest'

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Airplane Testing Grounds; tempat dimana pesawat akan diterbangkan

The Cave; proyek 'iseng' para pilot dengan harapan memberi sinyal minta bantuan

Sebagai game bertema adventure, Anda minimal mampu mengetahui alur yang ditawarkan Papair. Dominasi permainan berupa proses pencarian suatu item dan ketika item-item tersebut berhasil ditemukan seutuhnya, hanya sedikit saja Anda bisa melihat bagaimana game ini berakhir. Kurang lebih 90% berupa quest, 10% berupa penyelesaian. Selama itu berakhir bahagia, saya rasa gamer manapun akan puas menikmati game itu.

Apa yang membuat saya semakin terkesan kepada Papair. Alunan musik yang 'pas'. Di setiap terrain terdapat backsound yang berbeda. Kita bisa mendengar bahwa musik tersebut bukanlah musik yang rumit, tetapi sederhana tanpa mengurangi keindahannya. Dalam Papair setidaknya terdapat 7 musik berbeda yang sangat menggambarkan event yang terjadi.

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Tokoh dan kisah pada game ini mengingatkan kita pada film animasi 'UP'

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Anda akan sering menyaksikan pilot tua ini membungkuk sambil menghela nafas karena kelelahan

Anda terus-menerus mencari blueprint serta kedua benda berbentuk aneh yang saya juga tidak mengetahui persis namanya. Namun benda bulat seperti mutiara tersebut adalah bahan bakar dengan kekuatan yang masif. Kekuatannya sangat besar sampai Anda akan mengetahuinya menjelang akhir permainan.

Dalam game ini Anda juga akan diceritakan beberapa hal menarik tentang apa saja yang dialami pilot ini. Ya, dia melakukan banyak pekerjaan demi memuaskan kebutuhannya, misalnya menanam vodka. Interaksi hanya berupa penjelasan tooltip ketika Anda menemukan atau menjelajahi sesuatu yang baru. Fitur ini sedikit menambah kompleksitas permainan.

Desain pulau ini begitu mengesankan. Perpaduan komponen mekanik berupa gerigi dapat dilihat di beberapa sudut pulau. Ini tentu menjadi tanda tanya besar bagi Anda yang penasaran. Siapa yang membuat gerigi raksasa tersebut? Untuk apa? Jawaban tersebut akan Anda temukan setelah memainkan Papair.

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Kualitas grafis yang cukup lumayan untuk sebuah game yang dibuat dengan Unity 3D

Sebenarnya, Papair sangat condong mengedepankan warna-warna beraroma sejuk. Hanya saja, pada beberapa elemen terlihat kontras warna yang agak kurang sinkron. Anda dapat melihat hijau cerah pada rumput yang tumbuh di tanah berpasir, sungguh tidak dapat diterima akal logika.

Namun dari sudut pandang lain, kualitas visual yang hadir nampak cukup hidup. Selaras dengan atmosfer cerita di dalamnya. Bayangan jatuh proporsioanl dengan intensitas cahaya. Grafis semi-kartunis tidak membuat Carmen menghilangkan blur effect dari jarak penggambaran tertentu. Sayangnya, efek ini justru terlalu dekat sehingga membuatnya kurang nyaman dipandang.

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
SPOILER: Lupakan pesawat, ada sesuatu yang lebih luar biasa menanti
Download Papair

Kita bisa menarik kesimpulan bahwa Papair berhasil menarik perhatian lewat sajian cerita serta mekanikal gameplay yang mudah dipahami. Anda tidak perlu pandai berbahasa Inggris. Hanya sedikit kata-kata yang terucap di mulut pilot, disertai dengan subtitle. Bahkan tidak perlu lulus SMP untuk sekedar bisa memahami segala tulisan yang muncul di dalam game.

Desain terrain, mekanik permainan, atmosfer grafis, dan alunan musik melebur menjadi satu jalinan cerita yang menarik untuk diikuti hingga selesai. Bahkan harus saya akui, saya merasa ingin protes ke Carmen karena cerita yang ditayangkan dalam Papair begitu singkat. Meskipun dalam artian lain demi menjaga inti cerita di dalamnya. Anyway, no problem...

Kekuatan utamanya adalah si karakter pilot yang sudah memutih rambutnya ini. Dalam kondisi renta masih harus berjuang agar bisa kembali, melepas hidup kesendirian selama 30 tahun. Pergi kesana-kemari membawa ransel besar. Dengan konsekuensi, tak banyak hal yang bisa dilakukannya. Sekedar mengambil barang atau menendang saja.

Tanda tanya besar untuk game ini; untuk apa fitur memukul dan menendang pada game ini sedangkan disini tidak ada satupun musuh?

Well, ini akan menjadi catatan serius bagi Carmen dalam pengembangan proyek game mereka selanjutnya. I hope there is a next version...

Kelebihan
  • Alunan musik tepat dengan latar
  • Mekanik sederhana
  • Alur cerita yang menggugah
  • Desain terrain pulau sangat menarik
  • Kekuatan karakter utama cukup kentara
Kekurangan
  • Efek grafis kurang sesuai
  • Cerita terlalu singkat

Ngomong-ngomong, ada kutipan bagus dari game Papair:

Saya selalu merasa benar-benar hidup ketika saya terbang tinggi.

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Where is this?


Saturday, September 26, 2015

Dari Semua Aplikasi Google, Sudah Coba Google Drawings?

Dari Semua Aplikasi Google, Sudah Coba Google Drawings?

CRONOSAL-Faktor apa yang membuat sebuah produk dapat dikenal secara luas? Kualitas? Bisa jadi! Namun untuk perusahaan IT raksasa seperti Google, kualitas setiap produk yang mereka rilis nyaris mendapat rating tinggi dari para pemakainya. Lantas, hal ini menjadi rekor baik sekaligus motivasi bagi komponen Google untuk menciptakan produk baru lagi.

Kita tahu bahwa Google sedang gencar melakukan kolaborasi web browser (Chrome) dengan ratusan aplikasi yang dimiliki Google.


Sobat mungkin seolah 'tidak diberi nafas' dalam mencicipi fitur baru Google. Jika minggu ini produk baru diluncurkan, maka bersiap juga kemungkinan rentetan produk lainnya akan hadir kemudian.

Salah satu yang mungkin agak asing adalah Google Drawings.

"Google Drawings?"

"What it is?"

"Seems not interested."

Dari Semua Aplikasi Google, Sudah Coba Google Drawings?
Google Drawings? Gak pernah denger!

Well, terlepas dari namanya yang sama sekali tidak memiliki esensi keindahan yang kuat, nampaknya Google Drawings ini tidak sekedar menjual nama. Sobat yang bergelut dengan aplikasi editor foto sederhana seperti Photoscape sepertinya juga wajib menggunakan Google Drawings.

Mengapa aplikasi ini tidak begitu populer?

Satu alasan yang kuat mengapa Google Drawings tidak dilirik oleh banyak orang: letaknya tersembunyi. Mengapa saya katakan tersembunyi? Karena hanya bisa diakses melalui Google Drive.

Dari Semua Aplikasi Google, Sudah Coba Google Drawings?
Keberadaannya sejajar dengan Google Forms dan Google My Maps

Aplikasi menggambar ini bisa diakses dari drive.google.com kemudian klik New ==> More ==> Google Drawings. Tentu saja tetap dibutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya. Seriously? Ya, begitulah konsep yang selalu ditawarkan Google; online apps.

Apakah Google Drawings ini menarik untuk dicoba? Berikut beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan sobat untuk memakai Google Drawings.


Apa saja yang hadir pada Google Drawings?

Tampilan sederhana

Dari Semua Aplikasi Google, Sudah Coba Google Drawings?

Sobat tidak akan melihat menu yang panjang dengan submenu yang bercabang-cabang. Disini fokus pada pengerjaan gambar tingkat sederhana hingga menengah, sekalipun tidak menutup kemungkinan untuk para master untuk menjajal Google Drawings.

Pada dasarnya, Google Drawings tetap ditujukan untuk pengguna kantor. Interface disusun mirip dengan aplikasi office lainnya.


Fitur mendukung untuk aktivitas office

Dari Semua Aplikasi Google, Sudah Coba Google Drawings?

Walaupun berbasis web, Google tidak tanggung-tanggung dalam mengimplementasikan segala fitur yang memungkinkan ke Google Drawings. Mungkin beberapa diantaranya cukup familiar seperti polyline, curve, line, shape, paint format, recolor, crop, fill color, word art, upload image, insert text... dan sebagainya... dan sebagainya.

Segala kemampuan berbau pekerjaan office sangat ditonjolkan disini. Untuk sobat yang ingin membuat gambar ilustrasi, logo, vector, dan pengeditan ringan sangat disarankan menggunakan Google Drawings sebagai aplikasi editor gambar alternatif.


Jangan takut gak tersimpan

Dari Semua Aplikasi Google, Sudah Coba Google Drawings?

Selain memiliki opsi untuk mengunduh gambar dalam berbagai format seperti PDF, SVG, PNG, dan JPG sobat tidak perlu khawatir mengenai keamanan berkas gambar selama sedang menggunakan Google Drawings.

Dengan adanya auto-save maka setiap perubahan akan disimpan otomatis ke Google Drive. Sobat bisa mempublikasikan alamat gambar kepada siapapun.


Hasilnya jangan dianggap remeh


Saya sudah menyebutkan diatas bahwa Google Drawings memungkinkan penggunanya untuk menciptakan karya yang indah. Misalnya saja seorang user Youtube bernama Joshua Pomeroy menunjukan aksinya membuat vector potret wajah tokoh-tokoh terkenal dengan menggunakan Google Drawings.

Joshua hanya mengandalkan tool polyline dan fill color untuk menciptakan potret wajah kartunis yang menakjubkan. Ternyata membuatnya mudah, namun butuh kesabaran.


Ekstensinya tersedia untuk Chrome

Dari Semua Aplikasi Google, Sudah Coba Google Drawings?

Berhubung merupakan salah satu produk dari perusahaan yang sama, maka Google memberikan keistimewaan bagi pengguna Chrome. Sobat bisa menginstall Google Drawings untuk Chrome lewat halaman Chrome Web Store. Sayang sekali belum ada add-on ini untuk browser lain.


Google Drawings tergolong masih daun, sama sekali tidak memiliki basis pengguna yang masif seperti Photoshop atau Corel Draw. Namun jumlah support dari aplikasi ini cukup meyakinkan. Di pencarian Google, Youtube, sobat bisa menemukan ribuan konten yang membahas Google Drawings secara spesifik.

Dan mungkin akan bertambah juga jumlahnya seiring pembaharuan fitur dari Google Drawings.


Mau coba?

Dari Semua Aplikasi Google, Sudah Coba Google Drawings?
Created using Google Drawings

Thursday, September 24, 2015

Cara Membuat Windows 7 jadi Ngebut!

7 Tips Membuat Startup Windows 7 jadi Ngebut!

CRONOSAL-Alangkah indahnya apabila komputer yang sobat gunakan dapat berjalan dengan cepat sejak startup hingga shutdown. Selain karena faktor hardware yang mumpuni, perilaku user dalam menggunakan komputer dapat menentukan cepat atau tidaknya perangkat komputer tersebut.

Dalam artikel ini, saya akan menitikberatkan pada kecepatan komputer saat booting; menyalakan komputer. Sistem operasi yang beredar saat ini memiliki spesifikasi tertentu pada hardware agar sanggup menjalankannya sesuai perintah yang tertanam pada sistem.
Windows 7 adalah salah satu produk Microsoft dari seri Windows yang paling populer saat ini. OS yang berasal dari perbaikan Windows Vista ini dinilai memiliki proses booting yang pelan, tetapi ada juga yang bilang cepat. Mana yang benar?


Berapa lama waktu yang dibutuhkan komputer sobat sejak pertama kali menekan tombol power hingga tampilan desktop muncul?

20 detik?
30 detik?
1 menit?
2 menit?
lebih dari 2 menit?

Jika komputer sobat masih fresh alias masih baru pertama dipakai, pasti akan sangat cepat dalam hal booting meskipun hardware yang digunakan tergolong pas-pasan.

Akan tetapi, beda lagi rasanya jika komputer sudah 3 bulan digunakan...

7 Tips Membuat Startup Windows 7 jadi Ngebut!
Kebiasaan gua kalau shutdown laptop lama banget

Perbedaan waktu tempuh yang dibutuhkan akan sangat mencolok.


Kok bisa?

Yang jelas, hukum "makin tua makin lambat" tetap berlaku pada semua komputer. Di sisi lain, konfigurasi dan segala aktivitas pengguna yang mengubah komposisi software dalam komputer juga ikut pegang andil.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Dalam artikel ini saya akan memberikan 7 tips untuk membuat startup Windows 7 sobat lebih cepat dari biasanya!

NOTICE: Intended for beginner users.

7 Tips Membuat Startup Windows 7 jadi Ngebut!


Matikan Aero Glass Theme

7 Tips Membuat Startup Windows 7 jadi Ngebut!

Tema ini adalah tema bawaan Windows 7, namun karena agak berat maka ada opsi untuk menggantinya dengan tema dasar yang mirip dengan Windows 98. Berikut caranya:

1. Klik kanan pada desktop lalu klik Personalize
2. Scroll ke bawah lalu pilih Windows 7 Classic atau Windows Classic


Kurangi program berjalan pada startup

7 Tips Membuat Startup Windows 7 jadi Ngebut!

Saat menyala, ada beberapa program yang akan berjalan di komputer. Beberapa software memang sengaja menghadirkan fitur ini untuk tujuan tertentu. Tetapi ada baiknya sobat mengatur mana saja program yang berjalan atau tidak pada startup.

1. Klik start, ketik msconfig lalu buka
2. Klik tab Startup lalu hanya centang pada program yang tetap berjalan pada startup
3. Klik OK lalu restart komputer sobat


Nonaktifkan fitur Search Index

7 Tips Membuat Startup Windows 7 jadi Ngebut!

Search Index ini hadir pada Start Menu dan Windows Explorer. Setiap kueri pencarian yang ditulis akan disimpan agar pencarian dengan kueri yang sama dapat lebih efisien. Namun Search Index ini memakan memori yang cukup besar, paling membebani startup.

1. Klik kanan pada Computer lalu klik Manage
2. Klik Services and Applications dan klik submenu Services
3. Klik kanan pada Windows Search kemudian klik Properties
4. Pilih Disabled pada Startup type
5. Terakhir Apply dan OK


Kustomasi Visual Effects yang dibutuhkan

7 Tips Membuat Startup Windows 7 jadi Ngebut!

Unsur keindahan pada tampilan Windows 7 sepertinya tidak lagi menjadi prioritas pengguna. Yang terpenting adalah performanya yang cepat. Visual Effects ini butuh resources besar untuk menampilkannya secara utuh.

1. Klik kanan pada Computer kemudian klik Properties
2. Klik Advanced system settings. Pada bagian Performance klik Settings...
3. Atur efek apa saja yang ingin dihilangkan lalu klik OK


Mengurangi sebagian fitur Windows

7 Tips Membuat Startup Windows 7 jadi Ngebut!

Beberapa layanan Windows juga aktif ketika komputer mulai dinyalakan. Faktanya tidak semua services tersebut dipergunakan secara keseluruhan. Untuk yang tidak digunakan, ada baiknya sobat nonaktifkan.

1. Klik start, ketika Windows Features lalu tekan Enter
2. Pilih fitur apa saja yang ingin dimatikan lalu klik OK


Defrag HDD

7 Tips Membuat Startup Windows 7 jadi Ngebut!

Proses defragment dapat dikatakan merapikan isi hard disk drive yang berantakan setelah sering digunakan untuk proses read-write. Melakukan defragment cukup ampuh untuk membuat kinerja hard disk lebih cepat.

1. Klik start, ketik Disk Defragmenter lalu jalankan programnya
2. Pilih disk mana yang akan di-defrag
3. Tunggu prosesnya selesai


Ganti HDD dengan SSD


SSD merupakan media penyimpanan paling mutakhir melebihi HDD. SSD memiliki speed yang tinggi, tahan guncangan, hemat daya, dan tidak berisik. Sayangnya harga SSD jauh lebih tinggi dibanding HDD. Namun jika sobat punya dana lebih dan menginginkan kecepatan maksimal, gunakan SSD!



Semakin tua komputer, maka akan semakin lambat. Namun kembali lagi ke perilaku pengguna. Asalkan sobat merawat komputer dengan benar dan menggunakannya sesuai aturan, maka komputer akan memberikan performa yang konsisten.


Pada saat startup kita sudah bisa menilai bagaimana kondisi komputer yang sebenarnya. Di saat pertama kali pakai mungkin startup Windows 7 hanya memakan waktu kurang dari 30 detik. Tetapi setelah 3 bulan penggunaan... mungkin bisa sampai 3 menit :v

7 Tips Membuat Startup Windows 7 jadi Ngebut!
My reaction when I test my booting speed

Ada tambahan lagi... sobat juga bisa membersihkan file junk menggunakan aplikasi CCleaner.

Punya tips juga? Jangan ragu untuk sebar disini :)


Tuesday, September 22, 2015

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop

CRONOSAL-Internet Shortcut adalah istilah yang sering dipakai untuk suatu jalan pintas menuju suatu situs web. Intinya, itu berbentuk file yang jika dijalankan maka akan membuka browser dan diarahkan ke alamat situs web yang terkandung dalam shortcut tersebut.

Mungkin bagi sobat yang sering download game atau software (bajakan :v ) juga sempat melihat shortcut website mereka. Actually, itu boleh saja dilakukan.


Banyak yang melakukan promosi website dengan metode ini. Di sisi lain akan memudahkan orang untuk melihat website tersebut secara cepat. Hanya satu kali perintah, maka website akan dimuat.

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop
When I lost my shortcut

Coba bandingkan dengan membuka browser, kemudian mengetikan alamat web, dan menekan Enter untuk menuju website tersebut. Minimal ada perbandingan 1:2 (#SokTau) :v


Trik ini juga bisa sobat gunakan untuk mempercepat akses menuju website favorit dengan instan. Lalu, bagaimanakah caranya?

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop


1. Karena kita akan membuatnya di desktop, maka klik kanan pada desktop ==> New ==> Shortcut

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop

2. Lalu akan muncul jendela seperti ini. Sobat hanya perlu memasukan alamat web atau blog sobat kemudian klik Next

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop

3. Agar dapat mendeskripsikan perihal alamat webnya, beri nama untuk shortcut ini lalu Finish

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop

4. Dan inilah shortcut website yang sudah dibuat. Mudah bukan?

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop

But wait...

Sepertinya terasa kurang 'manis' jika shortcut mengikuti icon browser default di komputer sobat. Jadi, untuk membuatnya semakin 'manis' maka kita akan mengganti icon shortcut website yang telah kita buat tadi. Bagaimanakah caranya? Just scroll down your mouse!

5. Klik kanan pada shortcut tadi. Klik Properties

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop

6. Pada tab Web Document, klik Change Icon...

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop

7. Disini saya menggunakan logo resmi dari blog ini sendiri. Ya, sobat bisa membuatnya dengan mudah melalui Panduan Membuat Icon dari Gambar. Oke, jika icon sudah ditentukan maka klik OK
Dapatkan icon gratis berkualitas tinggi disini.
Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop

8. Selesai! And this is... perfect!!

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop


Apakah shortcut bisa diduplikasi?

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop

Tentu saja bisa. Melakukan copy-paste untuk file shortcut dapat dilakukan seperti biasanya. Informasi dan fungsi di dalamnya juga tidak berubah.

Fitur untuk menyimpan sejumlah informasi

Sobat yang tergolong rajin memberikan informasi spesifik tentang website sobat maka bisa menuju tab Details melalui menu Properties. Disana bisa memilih rating, menulis deskripsi, catatan, bahkan mengganti alamat URLnya.

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop

Pada tab Web Document tersedia opsi untuk mengakses shortcut menggunakan keyboard. Sebuah cara yang membuat akses ke website jauh lebih efisien.

Baca juga: Cara Membuat Shortcut Keyboard pada Aplikasi

Di akhir kata mungkin trik ini tergolong ketinggalan zaman, tapi minimal ada segelintir orang yang belum paham tentang cara ini. Jadi, semoga bermanfaat!

Cara Mudah Membuat Shortcut Website di Desktop
Chuck Norris approved!

Saturday, September 19, 2015

Bagaimana Cara Menguji Performa RAM Komputer? Cek Disini!

Bagaimana Cara Menguji Performa RAM Komputer? Cek Disini!

CRONOSAL-Mendapat predikat sebagai 'jeroan' PC dengan harga paling terjangkau bukan berarti membuat RAM (Random Access Memory) dipandang sebelah mata dan keberadaannya tak perlu dipusingkan. Fakta di lapangan menujukkan bahwa permintaan pasar terhadap performa RAM terus meningkat. Sistem DDR berkembang cukup cepat dengan perbedaan kemampuan yang sangat signifikan.

Well, bahkan sang kakak-beradik DDR3 dan DDR4 memiliki segi performa yang agak jauh. Kita tahu bahwa DDR4 pasti lebih cepat dibanding seniornya DDR3, tentu kocek yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan RAM generasi ke-4 ini cukup dalam.


Sebelum kita bahas lebih dalam...

Bagaimana Cara Menguji Performa RAM Komputer? Cek Disini!
Ekspresi temen gua yang sok tau kalau ditanya soal RAM

Saya ingin sedikit mengulas tentang perspektif orang dalam memilih RAM yang baik. Setidaknya poin ini adalah yang paling mainstream:
  • Kapasitas
  • Jenis
  • Kecepatan
Tanpa memasukan merk dan harga, ketiga poin di atas sudah terbilang cukup menggambarkan bagaimana performa RAM secara spesifik.

Lalu bagaimana cara mengetahui performa RAM lebih detil lagi?

Caranya adalah... benchmarking

Metode ini adalah yang paling populer di kalangan pengguna komputer. Ya, kita akan melakukan serangkaian pengujian untuk mendapatkan skor yang diperoleh RAM dalam pengujiannya.

Sulit? Tentu saja tidak.

Software untuk melakukan benchmarking tersedia sangat banyak dan variatif.
Namun agar lebih efisien, saya menggunakan software Performance Test dengan masa trial 30 hari (bagi user free).

Semua perangkat komputer seperti PC desktop, laptop, notebook, netbook, hingga tablet bisa menggunakan tool ini. Dengan catatan harus bersistem operasi Windows 7.

Persiapkan RAM Anda!

Bagaimana Cara Menguji Performa RAM Komputer? Cek Disini!


1. Download dan install Performance Test untuk Windows 32bit atau Windows 64bit

2. Jalankan Performance Test seperti biasa. Kurang lebih seperti ini tampilannya

Bagaimana Cara Menguji Performa RAM Komputer? Cek Disini!

3. Untuk memulai pengujian RAM secara keseluruhan, klik Test ==> Memory ==> All

Bagaimana Cara Menguji Performa RAM Komputer? Cek Disini!

4. Tunggu hingga proses benchmarking selesai. Biasanya memakan waktu kurang dari 1 menit


5. Seperti inilah hasilnya

Bagaimana Cara Menguji Performa RAM Komputer? Cek Disini!
Team Elite Plus DDR3 PC12800 2x4GB

Aspek penilaian seperti Memory Mark, Allocate Small Blcok, Read Cached, Read Uncached, Write, dan Large RAM.

Bagaimana Cara Menguji Performa RAM Komputer? Cek Disini!
Komparasi dengan Inspiron 700M Pentium 1595 Laptop BL6

Sederhananya, semakin besar angka yang muncul itu berarti RAM semakin cepat. Sobat bisa melakukan komparasi juga.

Perlu diketahui...

Bahwa pengujian yang sekarang dapat berbeda hasilnya dengan pengujian di lain waktu. Kok bisa? Ini karena proses benchmarking sangat teliti menilai kondisi fisik RAM. Jadi, tidak ada kepastian mengenai hasil benchmarking yang akurat. 

Namun jangan khawatir sebab score benchmark tidak akan berbeda sangat jauh.


RAM saya disini scorenya tinggi, tapi kok komputernya lambat?

Ini sederhana sekali.
Komponen komputer yang mempengaruhi kecepatan tidak hanya RAM saja, tetapi juga CPU, HDD, dan mainboard. Jadi akan percuma jika RAM bagai 'Ferrari' namun CPU seperti 'Angkot', bukan begitu?
Di sisi lain, penggunaan software berat dan tak berimbang juga memaksa RAM bekerja lebih banyak. Yang artinya membuat performa RAM harus dibagi-bagi. Secara otomatis kecepatannya juga tidak maksimal

Baca juga: Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Komputer (PC)

Tentang bagaimana cara memilih RAM yang baik, saya tidak bisa memberi banyak saran. Kurang lebih kapasitas, jenis, kecepatan, dan kompabilitas mainboard dan CPU adalah hal yang harus diperhatikan.

Ada pertanyaan?

Bagaimana Cara Menguji Performa RAM Komputer? Cek Disini!
Ngomong-ngomong, amat sayang jika sobat tidak memiliki software ini