Friday, October 30, 2015

Collapse: Rage - PC Demo


CRONOSAL-Apa yang Anda pikirkan ketika menjumpai game dengan tema monster di dalamnya? Mungkin Anda akan membayangkan sesosok monster humanoid dalam jumlah yang masif, berpencar di antara kota dan haus akan darah. Well, tidak jauh berbeda dengan tema zombie yang menampilkan konsep antagonis serupa. Tempat yang luas, lorong dimana-mana, debu menghempas, suasana sepi, dan karakter yang bergerak individual adalah resep utama bagi developer game bergenre action demi mencapai sensasi permainan yang menggugah.

Collapse: Rage versi demo adalah game action dengan latar modern, berada di tahun 2096 dimana segala sesuatu yang sifatnya fiksi-ilmiah dapat dinyatakan di masa itu. Cerita ini terjadi di Kiev, Ukraina, kota yang nyaman untuk para ilmuwan melakukan percobaan gila. Sayangnya semua itu menjadi petaka bagi semua penduduk yang tinggal di kota itu.
Para ilmuwan mencoba membuat portal untuk menghubungkan dimensi lain dengan Bumi. Awalnya percobaan ini berhasil, namun sesuatu tak terduga muncul dan memaksa penduduk harus menjauhi kota. Serbuan anomali aneh berbentuk monster humanoid datang bak singa kelaparan, dengan cepat menguasai kota, memakan manusia, dan merusak segala sesuatu yang dilihatnya. Portal semakin retak dan lubang antar dimensi semakin lebar, otomatis jumlah 'imigran' yang datang ke Kiev menjadi lebih banyak.

Baca juga: Alien Swarm PC Gratis

Sayangnya plot ini tidak hadir dalam game, Anda harus pandai menginterpretasi cerita lewat gameplay yang dihadirkan. Jadi, dengan membaca artikle ini Anda sudah mendapatkan sedikit gambaran mengenai Collapse: Rage. Eksplorasi kota dilakukan karakter utama sendirian melalui sudut pandang orang ketiga.

Anda akan berperan sebagai Rodan, seorang pasukan elit dengan perlengkapan senjata yang tak biasa. Anda akan merasakan sensasi sebagai Kratos dalam God of War sekaligus Captain Price dalam Call of Duty. Pedang dan senapan adalah senjata utama yang bisa Anda pergunakan dalam rangka pertahanan diri. Masing-masing memiliki damage dan teknik penggunaan yang berbeda. Seperti mengadopsi konsep seperti Street Fighter, Anda dapat melakukan variasi serangan bahkan hanya dengan satu senjata saja.









Download Collapse: Rage Demo

Creoteam tidak hanya membuat Collapse: Rage sebagai game action semata, ia juga menambahkan beberapa jumpscare yang memaksa Anda untuk tetap waspada. Anda tidak hanya berhadapan dengan anomali humanoid, melainkan juga makhluk bercapit keras, laba-laba raksasa, yang juga berasal dari dimensi yang sama. Mereka memiliki kemampuan yang berbeda-beda, namun yang patut diwaspadai adalah NPC berukuran kecil karena mereka bisa hadir dimana saja dan mampu memberi 'kejutan' menyeramkan terutama ketika Anda berada di dalam ruangan sempit.

Tugas Anda tidak sekedar menghabisi monster dan mencegahnya masuk kembali, akan ada beberapa puzzle yang menarik untuk dicoba. Menarik yang saya maksud disini tidak benar-benar menarik karena Anda tetap memiliki resiko untuk diserang kapan saja.


Nilai jual utama yang ditawarkan Collapse: Rage salah satunya adalah performa grafis yang cantik, terintegerasi dengan atmosfer kota yang tepat. Sebuah pemandangan yang menarik dimana Anda berjalan sendirian memegang senjata, di dalam kota mati yang penuh debu, bangunan-bangunan tua memberi kesan naturalis tersendiri, sebuah momen yang tepat untuk Anda abadikan.

Perjalanan Roden dalam misi ini tidaklah sederhana, apa Anda mampu menyelesaikannya?


BPGconv: Ubah JPEG/PNG Menjadi BPG


CRONOSAL-Beragam format grafis yang tersebar di ranah internet mungkin jarang dipedulikan orang. Harus diakui, kebanyakan orang hanya memperhatikan detil sebuah gambar tanpa sedikitpun menganalisa data teknis di dalamnya, begitulah nasib format gambar.

Bagi sobat yang sebelumnya telah membaca artikel mengenai format gambar BPG pasti sudah mengetahui lebih detil mengenai implementasi fitur di dalamnya.


Singkatnya, BPG adalah format gambar yang fokus pada kompresi file namun memiliki kualitas gambar yang lebih tinggi dibanding JPEG. Berikut hasil pemotretan dengan dua output file yakni BPG dan JPEG.


Hasilnya, BPG memiliki kualitas foto yang lebih indah dibanding JPEG, format yang sudah 'senior'. BPG menghasilkan gambar yang tajam dan tidak pecah serta ukurannya yang tidak memakan banyak ruang di dalam disk.


Sebuah software bernama BPGconv menawarkan fitur konversi gambar JPEG dan PNG ke BPG sekaligus (batch converting). BPGconv juga bisa melakukan sebaliknya, mengubah BPG ke format gambar lain.

Seperti sudah saya bahas sebelumnya, BPG adalah format gambar dengan kualitas kompresi yang tertinggi namun performa visualnya tetap maksimal

Interface sederhana, setiap tab mewakili fitur Encode dan Decode.

Batch converting disertai informasi seperti progress, ukuran file, diektori, dan status konversi.


Download BPGconv

Jendela Encode berfungsi untuk mengubah gambar dengan format JPEG atau PNG menjadi BPG. Sedangkan jendela Decode berfungsi sebaliknya, mengubah BPG ke format gambar lain. Perlu diketahui bahwa secara default, output gambar diletakan di Desktop.

Di bagian kanan atas terdapat menu pengaturan mengenai kualitas gambar secara mendetil, termasuk chroma format, color space, bit depth, dan sebagainya. Tentu saja, kedua pengaturan ini juga dipisah untuk Encoding dan Decoding.


BPGconv tersedia gratis dalam versi portable untuk OS Windows. Meskipun begitu, program Windows Photo Viewer masih belum kompatibel terhadap format BPG. Solusinya, sobat juga harus menginstal BPGviewer.


BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG

BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG

CRONOSAL-Sejauh ini, ada puluhan format gambar dengan variasi penggunaan yang berbeda-beda. Untuk media internet sendiri cenderung menggunakan gambar PNG, GIF, dan JPEG. Lain halnya bagi mereka yang gemar membuat desain grafis, cenderung memakai format PNG karena minim gradarasi sehingga jauh lebih tajam.

Perkenalkan, BPG (Better Portable Graphics) sebuah format gambar baru yang diperkenalkan oleh seorang programer Fabrice Bellard pada 2014 lalu. Tujuan utama lahirnya BPG adalah efisiensi kompresi untuk menggantikan JPEG yang ukurannya sangat besar.


Yap, ukuran foto BPG jauh lebih kecil dibanding JPEG, sehingga sobat bisa menyimpan foto jenis ini pada disk sobat.


Meski lebih kecil, kualitas BPG di atas JPEG!

BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG

Percaya atau tidak, sebuah pengujian fotografi menunjukan bahwa BPG menghasilkan kualitas gambar yang signifikan, jauh lebih baik dibanding JPEG walaupun ukuran filenya lebih kecil.

BPG tampak lebih halus, bandingkan dengan JPEG dengan pixel yang terlihat kasar. Penambahan anti-aliasing pada BPG bekerja dengan sempurna, sisi tepi sangat kontras namun tetap tajam. Detil setiap bagian tertangkap dengan sempurna pada BPG.

Tidak bisa dipungkiri, lewat gambar di atas, kita sudah bisa mengambil kesimpulan yang sama; BPG lebih sempurna daripada JPEG.


Seperti PNG, BPG bisa menangani transparansi!

BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG

BPG mampu menangani efek transparansi, sedangkan JPEG tidak bisa. Sebenarnya GIF juga mampu melakukannya, namun karena format ini memiliki variasi warna yang lebih sedikit maka PNG masih merajai format gambar yang mendukung transparansi. BPG masih terlalu muda untuk setidaknya bisa dikenal dunia.

Baca juga: Cara Kompres Gambar tanpa Mengurangi Kualitasnya, tanpa Software

Berikut beberapa perbandingan foto BPG dengan JPEG yang diambil dari GizMag:

BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG

BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG

BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG

BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG


BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG

BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG

BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG

BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG

BPG, Format Gambar Baru Pengganti JPEG


Apakah BPG akan populer?

Melihat segala fiturnya yang menarik serta kemampuan kompresi yang tinggi, BPG berpeluang mendapatkan gelar sebagai format gambar terpopuler...

Tetapi...

Ada beberapa hal yang membuat langkah BPG harus tersendat, misalnya dukungan browser yang belum tersedia. Perlu adanya script encoding sebuah web untuk mampu menampilkan format BPG.


Selain itu, format WebP juga semakin bersinar berkat dukungan browser yang cukup banyak. WebP mendukung transparansi dan animasi yang lebih baik, namun untuk sisi kompresi, BPG tetap yang terbaik.

Jadi, kita tunggu saja kehadiran BPG dalam skala yang besar...

Referensi: http://bellard.org/bpg/

Artikel selanjutnya: BPGconv: Ubah JPEG/PNG Menjadi BPG


Demo Max War Bakal Dirilis Desember Ini!


CRONOSAL-Setelah lama tidak memberi kabar mengenai progress game besutannya, Max Trix Games akhirnya memposting update terbaru mengenai perkembangan game survival lokal yang patut diantisipasi, Max War.

Melalui blog resminya, Max War menghadirkan update pertama berupa desain UI yang baru dengan user interface yang lebih berwarna. Tampil dalam format web, pemain 'wajib' terhubung ke internet untuk mendapatkan fitur ini secara real-time. Tujuannya, sinkronasi data dari server.

Max Trix Games juga mendesain ulang motion karakter dari sudut pandang orang ketiga (third person) yang semakin realistis. Mekanisme animasi untuk senjata juga diperbaiki, tangan kanan akan lebih konsisten memegang senjata, ini otomatis tangan kiri akan aktif bergerak untuk aksi-aksi sekunder seperti reload.

Basisnya mirip seperti browser, tampilan ini merupakan database dari internet.

Performa grafis yang nampak ditingkatkan dibanding sebelumnya.

Merayap, salah satu teknik yang tidak boleh dilupakan dalam game FPS.

Dikutip dari blog resmi Max Trix Games, versi demo Max War akan segera dirilis gratis pada Desember 2015 setelah sebelumnya sempat mengalami penundaan Agustus lalu. Platform yang menjadi prioritas adalah PC dengan sistem operasi Windows. Max Trix Games belum mengkonfirmasi mengenai kehadiran game ini di sistem operasi lain.

Paket demo akan terdiri dari mode Deathmatch dan Free Roam yang merupakan refleksi game open-world dalam skala yang masif. Tentunya tema Indonesia akan sangat melekat pada Max War.

"Mungkin akan ada lebih dari satu demo, kami akan merilis revisi sepanjang pengembangan." seperti yang dilansir blog resmi Max War. Kehadiran 'multiple-demo' mungkin akan memberi angin segar bagi konsep gameplay demo yang pada umumnya sangat terbatas.


Max War tetap membuka akses multiplayer di versi demo ini, mereka tengah melakukan studi untuk pemilihan server yang kuat untuk menampung hingga 50 player dalam 1 room. Bagi sobat yang ingin berdonasi untuk Max War, kunjungi halaman berikut.

Seperti apa gameplay Max War yang sebenarnya? Well, kita lihat saja nanti...


Wednesday, October 28, 2015

PhoneDrone Bisa Ubah Smartphone Jadi Drone

PhoneDrone Bisa Ubah Smartphone Jadi Drone

CRONOSAL-Drone saat ini menjadi tren mainan canggih yang didambakan sebagian orang. Drone bukan lagi sebuah senjata mata-mata, saat ini banyak yang memanfaatkan drone sebagai fotografi aerial dengan hasil jepretan yang menakjubkan.

Harga drone sudah tidak bisa dibilang tinggi lagi, Anda dapat menemukan variasi drone kamera dengan harga dibawah Rp 1 juta. Sebut saja MJX X101 yang dapat mengangkut action camera dan hanya dihargai $52 USD atau sekitar Rp 700 ribu.


Sebuah inovasi drone menarik bernama PhoneDrone menyita perhatian publik. Bagaimana tidak? Xcraft sebuah perusahaan yang berkecimpung di dunia penerbangan drone menciptakan drone generasi terbaru yang khusus digunakan untuk mengangkut ponsel, khususnya smartphone dengan bentuk panjang pada umumnya.

PhoneDrone berbentuk quadcopter dengan 4 baling-baling dan sebuah wadah smartphone di bagian tengah. Disana Anda bisa menempatkan menaruh ponsel dan mengaktifkan kamera untuk melakukan pemotretan melalui udara.

PhoneDrone Bisa Ubah Smartphone Jadi Drone
Bentuk PhoneDrone relatif kecil dibanding drone pada umumnya. Anda bisa memasukan PhoneDrone ke dalam tas.

PhoneDrone Bisa Ubah Smartphone Jadi Drone
Tujuan utamanya adalah melakukan pemotretan atau perekaman video melalui ponsel yang 'diterbangkan'.

Untuk kendalinya sendiri, Anda membutuhkan smartphone lain untuk menggerakan drone pintar ini. PhoneDrone mendukung sistem operasi besar seperti Android, iOS, dan Apple Watch. Untuk pengguna Windows Phone harus bersabar dahulu karena pihak developer belum mengkonfirmasi kehadiran aplikasinya di Windows Phone.


Otomatis PhoneDrone memiliki fitur first person view (FPV) dimana Anda bisa melihat gambaran yang ditangkap kamera secara real-time. Saat artikel ini ditulis, PhoneDrone tengah menggalang dana di halaman Kicstarter.


Untuk segala fitur dan inovasi yang ditawarkan, PhoneDrone rencananya akan dipasarkan dengan harga $275 USD dengan tambahan tas dan baterai. Sedangkan untuk perangkat mesin drone hanya dihargai $235 USD. Bagi Anda yang memiliki printer 3D mungkin akan lebih hemat lagi karena Anda hanya perlu membeli file cetak dan komponennya dengan biaya $95 USD.

Sebuah produk yang cukup diantisipasi. Tertarik ingin memilikinya di masa mendatang?

PhoneDrone Bisa Ubah Smartphone Jadi Drone
Can't wait!!

Tuesday, October 27, 2015

ICARUS.1 - Prototype Version

ICARUS.1 - Prototype Version

CRONOSAL-Tema luar angkasa tak habis-habisnya menjadi inspirasi bagi developer game. Alih-alih menciptakan suasana yang berbeda dengan Bumi, kebanyakan dari mereka justru terjebak dalam terrain yang sebenarnya juga mirip dengan kondisi di Bumi. Sebagian lagi merancang format pesawat luar angkasa dengan sentuhan modern. Sebut saja proyek Star Citizen yang fokus pada perang besar di antara bintang-bintang di jagat raya. Melibatkan senjata canggih dengan kendaraan perang futuristik serta kostum tempur dengan fitur yang mendukung peperangan skala yang masif.

Ruang angkasa tidak mempunyai pusat, itu artinya juga tidak diketahui berapa luasnya, orang-orang menganggapnya tidak terbatas. ICARUS.1 menceritakan bagaimana manusia berusaha mencari sumber daya di luar angkasa dengan membawa pesawat ruang angkasa berukuran raksasa. Kali ini Anda akan berperan sebagai salah satu kru di sebuah pesawat.

Baca juga: Scrap Garden Demo

ICARUS.1 bukan sebuah game horor, namun di awal permainan Anda akan dihadapkan pada situasi buruk yang tidak Anda ketahui penyebabnya, besar kemungkinan karakter ini hilang ingatan saat pesawat mengalami benturan.

Anda ditinggalkan selama beberapa dekade di sebuah pesawat penyimpan tambang di planet Ore. Tinggal disana dalam jangka waktu yang lama bukan hal yang aneh. JME Corp menginvestasikan proyek ini demi keuntungan yang lebih besar, namun sesuatu yang buruk terjadi. Lewat sudut pandang orang pertama, Anda akan berperan sebagai salah satu kru yang tengah sekarat di dalam pesawat, tanpa ada siapapun.


Sebuah tanda tanya besar mengenai apa yang telah terjadi. Tugas sederhana pemain hanyalah melarikan diri dari pesawat serta menemukan jawaban atas pertanyaan yang muncul di benak Anda di awal permainan. Sembari mengeksplorasi pesawat ini, Anda bisa mengumpulkan koin yang sangat menguntungkan. Memecahkan teka-teki untuk membuka pintu ruangan namun waspadalah karena ada beberapa jebakan dalam game ini.

ICARUS.1 - Prototype Version

ICARUS.1 - Prototype Version

ICARUS.1 - Prototype Version

ICARUS.1 - Prototype Version

ICARUS.1 - Prototype Version

ICARUS.1 - Prototype Version


Download ICARUS.1 Prototype

Keunikan dari ICARUS.1 versi protype ini adalah keberadaan kostum kedap udara yang dipakai karakter utama. Ia hadir dalam bentuk landscape yang lebar disertai dengan siluet garis di sisinya. Permukaannya yang agak berdebu membuat view menjadi agak sayu, keberadaan cahaya sangat terpampang jelas di antara latar redup.

Selain dari misi utama yang diberikan, Anda juga harus berpacu dengan waktu karena oksigen yang Anda miliki sangat terbatas. Belum lagi jebakan yang 'ditanam' di sepanjang jalan, resiko kematian semakin besar.


Suasana di dalam pesawat nampak seperti berkabut, memberi kesan dingin dan memperkuat kondisi emosional, mengikuti alur gameplay yang telah ditentukan. Kontrol yang dipakai cukup sederhana, Anda juga diberi arahan suara dari seseorang yang tidak jelas namun sangat membantu.

ICARUS.1 versi prototype dapat didownload dan dimainkan gratis untuk pengguna Windows dan Mac!


Monday, October 26, 2015

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus

CRONOSAL-Jika terdapat 50 gambar dengan dimensi 2560 x 1440 pixel, ingin sobat ubah menjadi 640 x 360 pixel, mengubahnya (resize) satu per satu pasti akan memakan waktu dan tenaga yang banyak. Hampir setiap software editor foto memiliki fitur resize, bahkan editor default dari ponsel juga bisa melakukannya.


Tetapi, hanya sedikit yang mampu melakukan proses batch resizing atau meresize banyak foto sekaligus. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga sobat dibanding teknik lama, satu per satu diubah.

Yang gua rasakan ketika resize 100 foto secara manual

Fotosizer adalah software yang khusus digunakan untuk mengubah ukuran dimensi foto. Ada banyak fitur yang mendukung proses resize, misalnya dengan mempertahankan aspect ratio agar perbandingannya tetap sama. Rotasi, efek, kualitas, DPI, ada sebagian fitur yang dimiliki Fotosizer.

Berikut tutorial resize foto dengan Fotosizer :D

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus


1. Download dan instal Fotoresize (free) di komputer sobat. Program ini hanya untuk sistem operasi Windows

2. Jalankan Fotosizer, klik Add Images untuk memasukan gambar. Sobat juga bisa langsung drag foto ke area yang disediakan

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus

3. Dalam tutorial ini, kita fokuskan untuk mengubah dimensi foto (resize). Penghitungan ukuran didasarkan pada skala CM, PX, MM, INCH, dan persen (%). Contohnya saya memilih ukuran 640 x 360 pixel. Klik Start untuk memulai proses pengubahan 

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus

4. Tunggu hingga selesai, lamanya waktu yang dibutuhkan didasarkan pada jumlah foto serta kecepatan hardware

Cara Resize Banyak Foto Sekaligus

5. Setelah selesai, sobat bisa melihatnya di folder output


Tips

Untuk mendapatkan kualitas foto yang lebih tajam, gunakan format PNG. Jangan resize ke bentuk yang lebih besar karena akan membuatnya pecah. Selain itu, disarankan untuk mempertahankan aspect ratio agar hasilnya tetap seimbang.


Fotosizer terdapat versi free dan premium. Seperti kita ketahui, versi premium memiliki fungsi yang lebih kompleks serta penawaran fitur yang menarik untuk digunakan.


Namun Fotosizer free juga sudah cukup untuk mengubah ukuran banyak foto dalam waktu singkat, menambahkan efek, mengubah rotasinya, bahkan mengatur kualitas output gambar setelah diproses. Versi gratis ini tidak begitu mengganggu seperti software lainnya, hanya ada penawaran untuk upgrade di saat membuka program ini, setelah itu tidak ada iklan penawaran lain.


Semoga dapat membantu sobat, jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah :)


Sunday, October 25, 2015

Canggih! Pulpen Pintar Ini Punya 16 Juta Warna!


CRONOSAL-Kebanyakan pulpen yang beredar saat ini hadir dalam format satu tinta, biru, hitam, merah, atau warna lain. Selain itu, beredar pula pulpen dengan jumlah tinta yang lebih dari satu batang. Ada yang 2 warna, 3 warna, 5 warna, bahkan saya sendiri pernah memiliki pulpen dengan 10 tinta yang berbeda-beda. Tentu bentuknya menjadi sangat tebal dan kurang efisien untuk digunakan.

Sebuah inovasi menakjubkan berhasil tercipta, Scribble Pen bukan sekedar pulpen biasa. Pulpen pintar ini diklaim memiliki 16 juta warna unik. Sobat tidak salah membacanya, Scribble Pen mampu memproduksi 16 juta warna berbeda, tergantung keinginan pemakainya. But how?


1 pulpen, 16 juta warna? Kok bisa?

Ternyata, Scribble Pen memiliki sensor canggih di ujungnya yang bisa mendeteksi warna benda ketika ditempelkan.

Scribble Pen memiliki 3 buah tinta berwarna merah, hijau, dan biru atau kita sebut sebagai RGB (RGB ini jika dikombinasikan mampu menghasilkan warna berbeda). Setelah proses pemindaian warna selesai, selanjutnya pulpen canggih ini mengatur komposisi warna berdasarkan RGB sehingga tercipta tinta yang memiliki warna sama dengan objek yang dipindai.

Canggih! Pulpen Pintar Ini Punya 16 Juta Warna!
Tempelkan bagian sensor warna RGB ke objek yang memiliki warna

Canggih! Pulpen Pintar Ini Punya 16 Juta Warna!
Maka akan tercipta tinta pulpen berdasarkan warna objek tadi

"Scribble Pen cocok digunakan untuk penyandang buta warna, anak-anak, dekorator interior, guru, seniman, fotografer, desainer, ataupun mahasiswa. Pulpen ini dapat meniru warna dengan tepat, apapun objeknya," ujar developer Scribble Pen (Dailymail).

Butuh waktu sekitar 1-2 detik untuk proses scanning warna sebelum dapat digoreskan di atas kertas. Hampir semua objek dengan bentuk datar dapat dipindai warnanya. Akurasi warna yang dihasilkan sangat tinggi.

Canggih! Pulpen Pintar Ini Punya 16 Juta Warna!
Kompabilitas dengan smartphone Android dan iOS

Scribble Pen memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 1GB, 15 jam masa hidup baterai, serta kapasitas tinta hingga 30 mil penggambaran. Scribble juga menawarkan aplikasinya untuk Android dan iOS yang dapat membantu memberikan informasi seperti kode warna, tingkat akurasi warna, status memori, dan sebagainya.


Berapa harga Scribble Pen?

Melihat idenya yang sangat menarik serta fitur yang menjanjikan, kira-kira berapa harga dari Scribble Pen ini?

Scribble Pen terbagi menjadi dua, yaitu Scribble Ink Pen yang digunakan untuk menggambar di atas kertas, dibandrol dengan harga $149 atau sekitar Rp 1.9 juta Rupiah.

Versi lainnya adalah Scribble Digital Stylus Pen yang ditujukan untuk menggambar di atas perangkat layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Harganya adalah $89 atau sekitar Rp 1.2 juta Rupiah.

Canggih! Pulpen Pintar Ini Punya 16 Juta Warna!
Scribble Ink Pen

Canggih! Pulpen Pintar Ini Punya 16 Juta Warna!
Scribble Digital Stylus Pen

Dengan kompabilitas iOS dan Android, sambungan USB dan Bluetooth, baterai tahan lama, sensor RGB, 16 juta tinta, serta dimensi yang kecil, amat wajar jika Scribble Pen dijual dengan harga jutaan Rupiah di masa pre order. Kunjungi website resmi Scribble Pen untuk memesan.

Jika sobat memesannya sekarang, maka pulpen pintar ini akan dikirimkan pada akhir 2015 dan sesi kedua tahun 2016. Sebaiknya pertimbangkan hal ini karena harga Scribble Pen akan melonjak 2 kali lipat setelah masa pre order lewat.

Untuk Scribble Ink Pen, jika tintanya habis maka sobat bisa mengisi ulang kembali (harga tinta kurang lebih $10). Sedangkan Scribble Digital Stylus Pen tidak memerlukan tinta karena khusus digunakan di layar sentuh.

Bagaimana? Tertarik memiliki Scribble Pen?