Saturday, November 28, 2015

5 Aplikasi Edit Video Gratis yang Bisa Sobat Coba!

5 Aplikasi Edit Video Gratis yang Bisa Sobat Coba!

CRONOSAL-Semakin populernya video berkat pengaruh situs-situs streaming video, kini lebih banyak orang yang tertarik untuk menciptakan videonya sendiri serta memberikan sentuhan efek khusus yang dapat membuatnya semakin menarik untuk ditonton.

Eksistensi aplikasi edit video sebenarnya hadir sejak lama, namun yang membuatnya kian merebak adalah kebijakan Microsoft yang merilis Windows XP dengan software Windows Movie Maker di dalamnya. Kelak, OS ini mendapat banyak perhatian publik yang otomatis membawa software editor video ke ranah yang lebih luas.


Windows Movie Maker adalah satu dari sekian banyak aplikasi edit video yang lisensinya gratis serta memiliki kebutuhan hardware yang rendah.

Tahukah sobat bahwa editor video kelas atas seperti Adobe After Effects CC minimal membutuhkan kapasitas RAM sebesar 4GB dengan dukungan OS 64bit.

5 Aplikasi Edit Video Gratis yang Bisa Sobat Coba!
Ekspresi gua pas liat spek yang dibutuhkan untuk After Effects.

Tentu saja yang namanya software editor tidak bisa berpatokan pada spesifikasi minimal, bahkan mereka yang memiliki Rig's dengan spesifikasi melampaui ketentuan minimal belum mampu menjalankan software tersebut pada performa terbaiknya.

Nah, aplikasi editor yang saya sajikan disini dijamin ringan! :D

Kira-kira hanya 'meminta' kapasitas RAM sebesar 2GB saja, sistem operasi 32bit, serta ukuran disk yang kecil.

Penasaran apa saja itu?

5 Aplikasi Edit Video Gratis yang Bisa Sobat Coba!


Windows Live Movie Maker

5 Aplikasi Edit Video Gratis yang Bisa Sobat Coba!

Merupakan jelmaan dari Windows Movie Maker. Software ini jauh lebih keren dibanding pendahulunya, ukurannya juga kecil serta permintaan hardwarenya juga rendah. Windows Live Movie Maker dirancang untuk videografer pemula sehingga interface fiturnya lebih mudah dipahami.

Pengeditan sederhana seperti menambahkan transisi, mengubah efek, memotong video, memasang musik, membubuhkan teks, dan merekam suara dapat dilakukan disini. Selain itu terdapat opsi untuk membagikan video ke internet, seperti Youtube, Facebook, Vimeo, Flickr, dan OneDrive.


Lightworks

5 Aplikasi Edit Video Gratis yang Bisa Sobat Coba!

Memiliki tampilan yang berkelas dan profesional namun tetap unggul bagi setiap kalangan, pemula hingga master. Lightworks nyaris memiliki fitur yang lengkap bagi pengeditan video. Dilansir dari Savedelet.com, Lightworks telah dipakai untuk pembuatan film Batman dan Mission Impossible.

Fitur seperti timeline track, dukungan multi-camera, penambahan efek secara real time, serta alat-alat lain yang lebih baik dibanding software lainnya. Bisa dikatakan, Lightworks adalah software yang dapat digunakan bagi semua kalangan.


Jahshaka

5 Aplikasi Edit Video Gratis yang Bisa Sobat Coba!

Salah satu yang dikembangkan secara independen namun mampu bersaing dengan developer yang lebih kompleks. Jahshaka adalah video & film compositing, editing, sekaligus special FX yang menggunakan OpenGL dan OpenML sebagai render-nya.

Untuk sobat yang ingin menggabungkan CG dapat menjadikan Jahshaka sebagai software edit video gratis dan ringan.


Wax

5 Aplikasi Edit Video Gratis yang Bisa Sobat Coba!

Wax adalah software editor video ringan dengan kemampuan tinggi. Wax bertujuan untuk menciptakan formasi editor yang fleksibel untuk manajemen track dan efek sehingga sobat bisa membuat urutan video dengan mudah.

Wax dapat membuat efek khusus 2D & 3D. Hebatnya lagi, software ini mendukung fitur plugin untuk menambah fungsi diluar fungsi default. Saat ini Wax dapat menggunakan plugin dari Sony Vegas, Pure Motion EditStudio dan Adobe Premiere. Berbagai plugin dara program lain juga tengah ditransfusikan ke Wax.


Blender

5 Aplikasi Edit Video Gratis yang Bisa Sobat Coba!

Blender? Gak salah?

Iya, banyak yang mengira Blender hanya digunakan untuk menciptakan visual 3 dimensi (3D modeling) saja. Namun kenyataannya Blender populer untuk membuat karya video yang fantastis!

Blender adalah software open source untuk membuat model 3D, tersedia gratis untuk hampir semua sistem operasi dengan lisensi di bawah naungan GNU General Public License. Blender adalah salah satu yang terkuat, multi guna editing / composite dan alat pemodelan.

Alat ini memungkinkan sobat untuk mengedit, membuat grafis 3D, efek suara, menambahkan efek khusus dan banyak lagi. Format video yang dihasilkan Blender berbentuk 3D.


Yah, kok cuma 5 software aja?

Sebenarnya ada puluhan software untuk mengedit video yang juga gratis, namun saya disini fokus pada 5 yang terbaik serta memiliki backtrack yang bagus.


Setidaknya kaum pemula tidak akan kesulitan dalam mempelajarinya. Justru akan konyol jika saya membagikan software editor video berat seperti Adobe After Effects, melihat tampilannya saja bisa bikin pusing!

Nah, mengenai bagus tidaknya hasil video itu semua bergantung pada si pemakai.


Akan percuma menggunakan software dengan menu bagaikan 'kokpit pesawat' namun si pengguna hanya sekedar seorang pengemudi mobil. Kira-kira seperti itu ilustrasinya :D

Jadi, selamat berkreasi :)


Thursday, November 26, 2015

Xlaunchpad, Luncurkan Aplikasi Windows Layaknya Mac OS X

Xlaunchpad, Luncurkan Aplikasi Windows Layaknya Mac OS X

CRONOSAL-Semakin populer sebuah sistem operasi maka semakin banyak komunitas kreatif yang mencoba mengkostumasi sistem operasi tersebut demi meningkatkan kualitasnya. Terlebih lagi OS Windows yang menyandang gelar OS 'sejuta umat'.

Salah satu pesaing Windows yang memiliki fitur eksklusif adalah Mac OS X. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc yang juga rival abadi Microsoft ini memiliki visual yang lebih smooth dibanding Windows. Tak heran banyak orang yang kagum dengan interface Mac OS X.


So, disinilah kehebatan Windows diuji. Beruntungnya banyak tool gratis yang mampu mengubah tampilan Windows layaknya Mac OS X tanpa harus menginstal sistem operasi tersebut. Ya! Hanya tampilan depannya saja yang diubah.


Xlaunchpad merupakan tool yang mampu mengubah tampilan desktop Windows menjadi visual khas Mac OS X dengan berbagai efeknya.

Xlaunchpad, Luncurkan Aplikasi Windows Layaknya Mac OS X
Efek glossy yang begitu kentara, identik dengan model icon yang diusung Apple

Ciri khas pertama yang akan sobat lihat dari Xlaunchpad adalah efek glossy atau efek mengkilap pada icon file dan folder. Konten semacam ini juga hadir pada produk iPhone. Oh, ya! Sobat juga bisa menggunakan fitur slide untuk menggeser tampilan pertama ke tampilan kedua.

Xlaunchpad, Luncurkan Aplikasi Windows Layaknya Mac OS X
Bisa menambahkan file atau folder dengan mudah. Manajemen file cukup dengan sistem drag & drop saja.

Xlaunchpad, Luncurkan Aplikasi Windows Layaknya Mac OS X
Ingin membuat Xlaunchpad lebih powerfull? Atur setting sebaik mungkin!

Xlaunchpad sangat mudah digunakan. Pengelompokan pengaturan dibuat lebih minimalis sehingga mudah dipahami. Selain itu kostumasi dapat dilakukan lebih fleksibel seperti halnya mengganti background, efek slide, hotkeys, model tampilan, dan berbagai konfigurasi lain yang membuat tool ini makin powerfull.

Xlaunchpad, Luncurkan Aplikasi Windows Layaknya Mac OS X
Bahkan bagian kecil seperti icon yang bergoyang saat akan menandai file.
Download Xlaunchpad for Windows

Xlaunchpad adalah software yang aman, tidak menyebabkan crash dengan sistem Windows itu sendiri. Ukurannya juga tergolong kecil serta ringan saat digunakan. Terdapat opsi untuk menjalankan Xlaunchpad saat startup.


Tool keren ini hanya mengambil jatah memory sebesar 50MB RAM saja. Selain itu kualitas GPU juga berpengaruh halus tidaknya efek animasi pada Xlaunchpad. Support for Windows XP, Vista, 7, and 8 (maybe 10).

Share artikel ini jika bermanfaat :)



Wednesday, November 25, 2015

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?

CRONOSAL-Keberadaan game berbasis first person lover seakan tidak ada matinya. Franchise raksasa dengan jumlah fans yang begitu masif tetap mempertahankan konsep gameplay yang sama; tembak-menembak. Sekalipun ada variasi, itu tidak menjadi 'hidangan utama' pada menu gameplay yang dihadirkan. At least, usaha developer untuk menarik lebih banyak gamer terbilang cukup berhasil mengingat sajian game FPS terus-menerus muncul tanpa hentinya.

First Person Lover, nama yang begitu asing namun sudah dapat ditebak apa genre dari game aneh ini. Ya! first person shooter dengan sudut pandang orang pertama. Actually, First Person Lover tak ada bedanya dengan game sejenis. Namun penambahan kata "Lover" pada judul ternyata mampu mengubah perspektif kita tentang game fps yang identik dengan pembunuhan via senjata api.

First Person Lover not talk about killing, bro!

Anda tidak menggunakan senjata yang dapat membunuh, Anda juga tidak menggunakan karakter militaris, dan Anda tidak sedang berada medan pertempuran pada umumnya. Anda adalah seorang agen rahasia yang sedang berusaha mengembalikan dunia yang telah dikuasai oleh rasa kebencian. Semua manusia mendapat pengaruh buruk dari mesin pemancar bernama Harvester. Mesin inilah yang menjadi misi utama dalam permainan, terlepas dari tugas lain untuk membidik musuh.

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?
Anda bertugas sebagai agen rahasia (tapi gak rahasia amat) yang memiliki misi untuk menghancurkan semua Harvester.

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?
Dibekali dengan senjata canggih, namun pasti fiktif!

Tugas Anda sebenarnya cukup sederhana, hanya mencari Harvester yang menyala kemudian menghancurkannya. Namun dalam perjalanan ini, Anda harus berhadapan dengan orang-orang yang sudah 'terjangkit' pengaruh dari Harvester itu sendiri. Mereka akan menyerang si karakter utama, baik menggunakan tangan kosong, hingga senjata yang juga ajaib.

Anda menembak ke arah musuh sampai mereka menjadi telanjang. Ya!! Telanjang! Game macam apa ini?!

Anda tidak salah membacanya! Karakter musuh yang terkena dampak Harvester memiliki kulit pucat dan gerakan yang agresif. Dengan "Kiss Gun", Anda bisa membuat musuh menjadi telanjang tanpa busana, dan otomatis mereka tidak melakukan penyerangan.

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?
Tentu saja developer memiliki kebijakan untung melindungi 'perkakas' dari setiap karakter musuh dengan visual pixel.

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?
Anda tidak boleh meninggalkan mereka begitu saja! Anda harus memberikan pakaian kepada mereka yang telah pulih dari pengaruh Harvester.

Tidak ada kesempatan untuk melihat para AI musuh berkeliaran tanpa busana. Setelah berhasil dinetralkan, mereka memang telanjang, namun terdapat pixelasi pada bagian 'itu' agar tidak bisa dilihat. By the way, andaikan developer tidak menanamkan sistem pixelasi, mungkin First Person Lover bakal mendapat rating khusus dewasa (Mature).

Selanjutnya, tugas pemain setelah sukses melucuti pakaian musuh adalah memberi mereka pakaian baru. Bahkan pakaian baru ini terlihat lebih stylish dibanding pakaian yang mereka kenakan sebelumnya. Tak lain tak bukan, ini adalah trik dari Björn Borg selaku merek pakaian yang mengiklankan produknya melalui game, First Person Lover.

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?
Dihiasi dengan cutscene, walau terlihat gerakan pemain masih agak kaku namun dapat dikatakan enjoyable.

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?
Model senjata sangat berpengaruh terhadap damage serangan.

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?
Menghadapi musuh dalam jumlah yang besar adalah kesulitan tersendiri. Mereka bergerak cepat sambil menyerang.

Meski terbilang hanya diciptakan untuk mempopulerkan produk utama, Björn Borg tetap mampu memberikan performa gameplay yang playable. Setidaknya keseriusan mereka terlihat dari penambahan cutscene yang membuat kesan cerita semakin solid. Sayangnya motion capture hanya mengandalkan keyframe sehingga pergerakan karakter kurang realistis. Namun tidak mengurangi kepuasan gamer saat menyaksikan adegan pendek ini.

Senjata tambahan mempunyai damage dan jarak tembakan yang lebih jauh. Tetapi dengan konsekuensi keterbatasan jumlah ammo, misalnya Petal Shotgun, Bubble Blaster, Rainbow Crossbow, hingga Teddy Grenade. Sedangkan Kiss Gun selaku senjata default memiliki jumlah ammo yang tidak terbatas, dapat ditembakan berkali-kali tanpa reload. Walaupun begitu jangan berharap senjata ini memiliki damage besar serta mampu ditembakan dari jarak yang relatif renggang.

Di sisi lain, keberadaan musuh yang datang dalam model tawuran membuat pemain akan kewalahan menghadapinya. Dalam keadaan seperti ini nyaris tidak ada senjata yang cukup efektif untuk mengatasinya. Dalam kata lain, kemampuan menghindar dan berlari bisa menjadi pilihan.

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?
Menghancurkan Harvester dapat memberi sinyal kedatangan musuh.

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?
Areal yang Harvester-nya hancur akan tampak lebih cerah, menandakan pengaruh rasa kebencian yang dipancarkan telah diganti oleh cinta #Aseeekkk....

Menghancurkan Harvester layaknya melakukan defuse bomb pada game-game deatchmatch sejenis Counter Strike. Namun bedanya, proses penghancurkan Harvester perlu waktu yang lebih panjang, lebih buruk lagi selama itu juga akan datang lebih banyak musuh yang ingin menghentikan misi Anda. Mau tidak mau, melawan adalah satu-satunya jalan.

Visualisasi terasa sangat smooth, namun kurang seimbang dengan anti-aliasing yang masih kasar walaupun setting grafis sudah mentok rata kanan. Perubahan filter warna sesudah Harvester hancur mampu menciptakan atmosfer yang kontras, lebih cerah, dan lebih nyata.

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?
Pakaian yang digunakan mempengaruhi stats karakter.

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?
Anda akan cukup familiar dengan scene ini.


Download First Person Lover

Secara garis besar, First Person Lover sangat menarik untuk dimainkan. Sebuah ide yang anti-mainstream berhasil diciptakan lewat video game. Game fps yang identik dengan pembunuhan tidak berlaku disini. Anda hanya bertujuan mengubah rasa benci menjadi cinta. Agak aneh namun setidaknya developer berhasil membuat game dengan latar belakang promosi produk fisik mereka, sekaligus memukau gamer lewat sajian gameplay yang unik.

Lewat engine Unity ternyata tetap membuat grafis First Person Lover tampil layaknya Unreal Engine. Meskipun tidak benar-benar mirip seperti Unreal Engine, usaha untuk menciptakan visual yang realistis patut diacungi jempol. Frame rate rendah berkisar 20-30 fps tetap membuat game ini playable. Jadi bagi pengguna PC low end jangan khawatir mengenai spesifikasinya. Good job Björn Borg!

Kelebihan
  • Konsep game anti-mainstream
  • Senjata variatif
  • Grafis memukau untuk level game berdasar Unity
  • Cutscene memperkuat plot cerita
Kekurangan
  • Pergerakan AI kurang realistis
  • Kenapa musuh harus telanjang?

First Person Lover: Game Macam Apa Ini?
Here, take the bonus for you!

Monday, November 23, 2015

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

CRONOSAL-Pertumbuhan komputer di zaman modern ini sudah tidak dapat terbendung lagi, banyak rumah yang memiliki satu set komputer di dalamnya. Otomatis bakal banyak juga orang-orang yang semakin mendalami dunia IT alias ilmu yang menguasai pemanfaatan komputer.

Actually, sebenarnya posting kali ini bisa dibilang juga curhat seorang anak IT yang 'terbelenggu' diantara orang-orang yang justru gak paham IT itu sendiri!

Parahnya lagi, mereka-mereka yang menguasai ilmu komputer akhirnya harus menerima predikat sebagai 'manusia setengah komputer' yang selalu dimintai tolong untuk benerin ini itu...

Saya sendiri memang orang yang sering duduk di depan layar monitor, saya kerap mengalami kejadian-kejadian ini, dan mungkin juga sobat-sobat pernah atau sering mengalami hal serupa...

10 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT


"Bro, kok Windows gua lemot banget yah?"

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

Ini adalah salah satu pertanyaan mainstream yang hampir setiap hari dikumandangkan spesial bagi anak IT.
Sebenarnya cara untuk menangani hal ini simple banget!

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

Cukup cari program-program gak jelas yang sifatnya parasit lalu uninstall satu per satu, bersihin malware, clean file-file sampah, optimalisasi bagian ini itu, benerin file Registry yang berantakan sampai defrag HDD biar ngebut.
"Wiihh!! Sekarang udah gak lemot lagi! Makasih ya bro! 
 "Yoi, sama-sama bro"
Satu minggu kemudian...
"Eh, bro kok sekarang lemot lagi ya?
 "Bazeeennggg... -_- "
Pesan dari saya: Hadapi masalah tersebut dengan sabar meski harus berkali-kali.


Jadi tukang reparasi mendadak

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

Terkadang pekerjaan 'sampingan' sebagai tukang reparasi komputer adalah karir yang harus diterima sebagai orang yang mendalami dunia IT.
Misalnya ada yang nanya kenapa komputernya gak mau hidup ketika dinyalakan. Bisa jadi karena kabel Power Supply terputus, RAM tidak terpasang dengan benar, hingga penyebab lain yang berkaitan dengan hardware,

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

Permasalahan hardware ini cukup serius sebenarnya, salah sedikit maka yang ada justru makin parah.
"Laptop gua tiba-tiba gak nyala nih, bisa lu benerin gak?" 
"Bisa aja, tapi garansinya masih ada gak?"
"Masih 8 bulan lagi, kenapa?" 
 "Ya pake aja garansi lu dulu -_- "
Seringkali mereka lupa kalau mereka masih punya garansi, padahal membongkar laptop selama garansi masih berlaku justru akan menghilangkan garansi tersebut, artinya vendor tidak bertanggungjawab atas kerusakan lagi.


Disuruh crack software premium

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

Crack adalah jalan pintas bagi mereka yang ingin mendapatkan software berbayar tanpa harus membayar. Di Indonesia, keberadaan crack berbanding lurus dengan software premium.

Jujur saja, ketika ada teman yang kebingungan karena softwarenya terus menerus meminta aktivasi lisensi, saya justru makin pusing diantara 2 pilihan: kasih crack atau kasih software sejenis yang gratis.


Di satu sisi, crack sangat dibutuhkan bagi user yang ingin serba gratisan. Tapi di sisi lain juga membahayakan komputer itu sendiri karena seringkali crack hadir bersama sejumlah virus.
"Office gua minta serial key mulu, cara ngilanginnya gimana?"
 "Mau cara yang gampang apa susah?"
"Hmm... yang gampang?" 
"Ya jangan pake MS Office"
"Kampret dah -_- Trus kalau yang susah?"
 "Beli lisensi yang original"
 " -_- "


"Tolong hack FB temen gua dong!"

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

Reaksi gua pertama kali denger request yang satu ini adalah: WHAT THE FAK!!

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

Oh, God, why? Why??

Mengapa anak IT sering dikaitkan dengan pekerjaan hacking??

Siapa yang mulai? Siapa yang salah?

Seperti sudah makanan sehari-hari, permintaan ini bukanlah permintaan yang mudah. Perlu pengalaman dan keahlian khusus untuk mampu menembus keamanan Facebook dan 'nyolong' sebuah akun tanpa ketahuan.


Biasanya sih karena mereka lupa password sehingga meminta teman-teman mereka yang jago IT untuk mengembalikan akun mereka. Padahal kan... ada fitur "Forgot Password" -_-
"Gua lupa password FB gua!! Tolong hack dong!!"
"Tau emailnya?"
"Nggak"
"Are you kidding me??!!" 


Menganalisa perbandingan produk A dengan produk B

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

Jika ada teman yang bingung memilih laptop, itu adalah masa dimana kesabaran sobat diuji.


Mereka akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang akan membuat sobat bingung!

Mereka akan bertanya "Bagusan Intel apa AMD?"

Mereka akan bertanya "Bagusan RAM 2GB apa 4GB?"

Mereka akan bertanya lagi "ASUS atau LENOVO?"

Dan yang makin parah... MEREKA GAK JADI BELI!!

Padahal memilih laptop itu cukup sederhana, semakin mahal maka akan semakin bagus :v


Mengembalikan data yang terhapus

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

Actually, ini bukan permasalahan yang rumit. Penyelesaiannya pun cukup sederhana, bahkan tak perlu lulus SD untuk bisa menangani ini!


Software recovery semacam Recuva menjadi pilihan mainstream untuk mengembalikan data yang terhapus secara cepat. Namun kembali lagi ke penggunaan, jika file sudah lama terhapus maka minim sekali kemungkinan file tersebut dapat dikembalikan karena data-data baru sudah 'meniban' eksistensi file yang terhapus tersebut.
"Gimana? File gua bisa dibalikin gak??"
"Gua udah coba berbagai cara, masih gak bisa! Emang udah dari kapan terhapusnya?"
"6 bulan yang lalu"
"*lompat dari Monas*"


Ahli mempercepat koneksi internet

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

Nah, permasalahan seputar internet ini kompleks banget sob!

Kita gak bisa serta merta nyalahin provider kalau misalnya internet lemot banget. Kadang-kadang keberadaan program di latar yang 'memakan' sebagian koneksi internet juga ikut ambil bagian dalam hal ini.

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

At least, paket data yang digunakan juga menentukan seberapa cepat internet kita. Memang agak susah kalau dimintain buat mempercepat internet.

Paling cuma uninstall program-program gak penting yang 'rakus' internet sekalian tambah software internet booster (yang gratis) untuk sekedar memaksimalkan koneksi internet.


Meskipun pada akhirnya... uang berbicara. Semakin mahal paket internet yang dipilih, pasti semakin cepat (selama ada jangkauan sinyal).
"Et dah, lemot amat inet gua! Gak biasanya"
"WOYY!!! Sadar!! Kita ada di hutan!! Mana ada sinyal??!!"


Pada akhirnya... Menjadi Avatar

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

Ya, Avatar. Si pengendali keempat elemen dasar yang mempunyai kemampuan luar biasa. Anak IT boleh dibilang sebagai 'Avatar' dalam dunia nyata.

Bagaimana tidak?

Seorang yang menjadi ahli desain di komputer justru sering dimintai tolong untuk memperbaiki kerusakan hardware, seorang penulis web mendapat tantangan ketika ditanyai soal bahasa pemograman, developer game ditanya tentang networking... dan masih banyak ironi yang menghiasi kehidupan anak IT.

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT

Padahal dunia IT itu luas sekali!!

Seorang developer game dan desainer grafis jelas berbeda!

Kan lucu kalau orang yang biasa pake software Unreal Engine terus ditanya soal Adobe After Effects. Jelas gak nyambung! Kalau nyambung pun, sedikit banget!


Kesimpulan...

Jadi, pesan saya disini "Pahamilah si anak IT tersebut sebelum Anda mulai bertanya karena setiap dari mereka punya latar belakang yang berbeda-beda"

Sekian...

Ada yang mau menambahkan? :v

8 Kejadian Ini Kerap Dialami Anak IT
Bonus for you!

Saturday, November 21, 2015

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!

CRONOSAL-Sebagian besar pelajar pasti sudah takut jika harus menghadapi ilmu pengetahuan alam (disingkat IPA). Materi saat SD memang terkesan mudah dan menarik, tetapi memasuki jenjang yang lebih tinggi yakni SMP dan SMA, beberapa bendera putih mulai berkibar tanda menyerah.

Apalagi praktikum di lab yang harus dikerjakan secara teliti, menghitung setiap rumus-rumus dengan benar, dan mempraktekan segala sesuatunya dengan ekstra hati-hati demi keamanan dan keberhasilan praktik.

By the way...

Posting kali ini hanya sekedar intermezzo, memberi sedikit hiburan bagi sobat-sobat yang penasaran tentang IPA. Tidak perlu pusing memikirkan rumus yang panjang-panjang, kita hanya cukup melihat 13 GIF percobaan ilmiah yang sangat menakjubkan!


Ledakan pemutih layaknya film-film Hollywood

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!


Lihat bagaimana kerennya per jatuh dalam slow motion

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!
Bagian bawah per seperti melawan gravitasi, ia sempat terhenti beberapa saat sebelum akhirnya jatuh.


Domino kecil mampu menjatuhkan domino yang lebih besar!

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!
Nilai yang dapat kita petik adalah "masalah besar dapat timbul dari hal yang kecil"


Mirip praktek sihir!

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!
Di Indonesia, ternyata praktek ilmiah ini berkembang menjadi salah satu jenis petasan yang populer ketika hari raya besar.


Sesuatu yang indah dari cairan nitrogen

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!


Ketika Hidrogen Peroksida dan Potasium Iodida bertemu

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!
Ledakan seperti jamur ini dapat tercipta dengan instan.


Bagaimana cara melempar bola ping-pong ke seluruh ruangan? Gunakan Nitrogen!

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!
And pooff!!


Suatu zat kimia yang tidak bisa basah oleh air!

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!
Memiliki sifat seperti bulu burung yang kedap terhadap air.


Melakukan hal kurang kerjaan seperti mematikan lilin dengan Karbon Dioksida

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!


Pernah belajar listrik statis? Kamu pasti ngerti!

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!
Listrik statis membuat logam menjadi memiliki sifat magnet sehingga mampu menarik air.


Seperti yang sebelumnya, tapi ini lebih *woofff...!!*

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!


Betapa indahnya melihat gas yang terbakar

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!


Salah satu makanan unik yang bisa berubah menjadi 'lidah' jika terkena air

13 GIF Percobaan Ilmiah yang Menakjubkan!

Saya sendiri bukan jurusan IPA, tetapi cukup jadi pengagumnya saja karena saya sendiri gak pandai hitung menghitung rumus yang 'aneh-aneh' itu (kecuali ngitung duit) :v

Jika sobat penasaran ingin praktek sebaiknya berhati-hatilah karena beberapa zat di atas dapat menimbulkan efek yang merusak apabila salah digunakan.