Apakah Akun Facebook Bisa Dihack?

Apakah Akun Facebook Bisa Dihack?

CRONOSAL - Sejak perkembangan internet dimulai, komputer dirancang semakin canggih demi menangkal segala serangan yang dilakukan oleh komputer lain melalui jaringan internet. Sejarah membuktikan, baru saja internet lahir tak lama setelahnya munculah hacker pertama yang tak lain merupakan mahasiswa dari Massachusetts Institute of Technology.

Hingga saat ini, konotasi hacker semakin terasa menyeramkan sejak hadirnya organisasi semu bernama Anonymous.

Hacker dianggap paling bertanggungjawab terhadap runtuhnya ribuan situs web di seluruh dunia. Namun hacker sejatinya bukanlah musuh, kecuali ketika ia mulai melakukan penyerangan dan mengambil keuntungan pribadi, gelar mereka akan menjadi "cracker".

Apakah Akun Facebook Bisa Dihack?
Reaksi gua ketika temen minta tolong buat hack Facebook.

Oke, tak peduli seberapa keren penyebutannya atau seberapa hebat mereka, saya disini ingin membahas mengenai peretasan akun Facebook.


Mungkinkah akun Facebook bisa diretas?

Apakah Akun Facebook Bisa Dihack?

Coba sobat perhatikan kata "diretas". Anggap saja Facebook adalah sebutir telur raksasa, kulit telur adalah pengaman terluar dari Facebook.

Meretas berarti menembus, cangkang keamanan dari Facebook bukanlah sebuah cangkang biasa yang melebur dalam larutan asam, ia seperti perisai yang dibuat dari logam terkuat di dunia. Facebook telah menginvestasikan uang milyaran dollar untuk keamanan penggunanya.

Untuk menembusnya, sobat perlu peralatan canggih, kemampuan yang memadai, serta kesabaran saat meretas. Perlu diketahui bahwa Facebook sangat sensitif terhadap serangan sekecil apapun.

Facebook segera meluncurkan prajurit yang bertugas mempertahankan keamanan, disaat yang sama muncul juga pekerja yang langsung memperbaiki setiap kerusakan. Bahkan mampu memblokir setiap serangan yang dilancarkan.

Apakah Akun Facebook Bisa Dihack?

Bayangkan, sobat mencoba menghancurkan sesuatu namun dihambat, buruknya lagi apa yang sudah hancur segera dibangun kembali.

Yap, kurang lebih seperti itu analoginya.
Saya tidak akan memberitahu hal-hal yang kurang umum. Apalagi pertanyaan ini sendiri lebih sering ditanyakan orang awam.

Ya, untuk saat ini dan mungkin masa mendatang, sobat tidak bisa meretas akun Facebook.

Apakah Akun Facebook Bisa Dihack?

Kecuali sobat adalah seorang yang hacker dengan kemampuan tinggi. Kira-kira setara Kevin Mitnick.


Ada satu teknik peretasan paling mainstream...

Apakah Akun Facebook Bisa Dihack?

Sebenarnya ada metode peretasan yang cukup sering digunakan oleh kaum peretas menengah kebawah. Teknik tersebut adalah bruteforce.

Bruteforce adalah metode mengkombinasikan setiap huruf, angka, bahkan simbol agar cocok dengan password yang ingin diketahui. Program semacam ini juga tak sulit ditemukan, namun sayangnya ini hanya ditujukan untuk meretas password yang singkat dan sederhana saja.

Misalnya saja untuk ukuran yang sangat rendah, password dengan 6 karakter, huruf kecil, tanpa angka, tanpa simbol, meretasnya membutuhkan waktu 241 hari. Benar! Komputer sobat harus menyala selama 241 hari.

Bagaimana ketika proses peretasan berhenti di tengah jalan?

Sobat harus mengulangnya kembali dari awal.

Bayangkan jika password tersebut terdiri dari 32 karakter, campuran angka, huruf besar, huruf kecil, dan simbol? Berapa waktu yang dibutuhkan untuk meretasnya melalui metode bruteforce?

Bisa jutaaan tahun lho.

Apakah Akun Facebook Bisa Dihack?

Untuk menjajal keamanan password, silahkan baca artikel ini.

Diluar bruteforce, ada juga serangan dictionary attack. Sesuai namanya, ia mencari kata-kata yang cocok dengan password, sayangnya hal ini tidak berlaku apabila password ditulis bagaikan bahasa ALAY :v


Bagaimana dengan phising?

Apakah Akun Facebook Bisa Dihack?

Phising bukanlah peretasan, phising hanya menjebak korbannya saja. Di laman Facebook seringkali kita melihat akun-akun yang memposting gambar atau video "begituan", tetapi percayalah itu hanya jebakan.

Pada akhirnya korban akan dimintai passwordnya dengan cara halus, sangat halus bahkan sang korban tidak mengira itu sebuah tindakan phising.

Akhirnya email dan password didapatkan pelaku, selanjutnya terserah mau diapain. Kadang ada yang dipakai untuk main game, ada juga yang menggunakannya untuk hal yang merusak nama baik, bahkan ada juga yang meminta uang untuk menebus akun tersebut.

Namun phising ini sendiri sudah dicegah oleh Facebook. Pihak Facebook segera memperingatkan sobat ketika mengakses tautan yang mencurigakan.


Kesimpulannya...

Apakah Akun Facebook Bisa Dihack?

Dengan pengamanan senilai milyaran dollar, akan sulit untuk menembusnya. Bahkan serangan yang dilakukan bersama pun tidak menjamin terciptanya lubang celah untuk masuk.

Meski dianggap sangat aman, tetap saja segelintir orang sukses meretasnya. Tetapi hal itu hanya berlangsung sebentar dan keamanan segera pulih kembali.

Apakah Akun Facebook Bisa Dihack?
Sumber: Okezone
Jika sobat tertarik untuk mencoba meretas satu buah akun Facebook saja, maka siapkan segala keperluan seperti software hacking, melumpuhkan keamanan, skill kelas atas, internet yang cepat, tim yang kompak, serta sedikit keberuntungan.

Persiapkan juga mental demi menghadapi kemungkinan seperti ditangkap pihak kepolisian karena berusaha mencuri identitas, meretas keamanan publik, serta kesalahan lain yang memungkinkan sobat terkena pasal berlapis-lapis...

Apakah Akun Facebook Bisa Dihack?
Retas Facebook? Butuh skill dan kesabaran!

Dibanding melakukan hal seperti itu, saya lebih suka login ke Blogger lalu menulis artikel yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Sekian...


7 komentar

  1. Biasanya yang ngehack pasti orang terdekat yang lagi usil ya kan sob..hiii

    ReplyDelete
  2. kadang gua suka ngakak sendiri kalo ada temen gua yang ngakunya 'hekel' lalu bilang, "Eh, gua baru aja ngeretas akun facebook lu."

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming