Cara Mengganti Font pada Sticky Notes

Cara Mengganti Font pada Sticky Notes

CRONOSAL - Sticky Notes merupakan software post-it note yang ditanamkan Microsoft pada sistem operasi Windows, khususnya Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Tetapi secara historis, aplikasi ini sendiri datang pertama kali pada sistem operasi Windows XP Tablet Edition tahun 2002 lalu.


Sobat yang sering menggunakan program sederhana ini sudah sangat paham tentang fungsinya. Sesuai namanya, Sticky Notes adalah program yang berisikan catatan penting. Ia akan muncul saat komputer dinyalakan dengan tujuan mengingatkan pengguna tentang suatu keperluan.

Sticky Notes sangat simple, hanya ada pilihan untuk menambah jendela dan mengganti warna latarnya saja, selain itu tidak ada lagi kustomasi yang bebas diterapkan oleh user.


Hal yang menjadi kontradiksi dari program dengan interface datar ini adalah font yang tidak bisa diganti.

Microsoft sengaja menggunakan font Segoe Print sebagai font bawaannya. Terlihat seperti tulisan tangan, mengingatkan kita kembali pada post-it note.


Sayangnya selera font tiap-tiap user tetaplah bervariasi. Mungkin Segoe Print masih relevan dan nyaman dibaca, namun pernyataan tersebut tidaklah universal. Saya sendiri lebih menggemari font bernuansa light (tipis) dengan lengkungan yang minimalis. Bagi saya pribadi, itu sangat nyaman untuk dibaca.

So, bagaimana cara mengganti font pada Sticky Notes sedangkan tidak ada opsi resmi untuk menggantinya?

Tutorial sederhana ini akan memberikan trik kecil kepada sobat.

Cara Mengganti Font pada Sticky Notes


1. Buka Microsoft Word atau aplikasi office sejenis lainnya

2. Ketik catatan di Microsoft Word, pilih font yang digunakan beserta ukurannya


3. Salin catatan yang sudah dibuat ke Sticky Notes, hasilnya seperti berikut



Ternyata triknya hanya copy-paste saja. Tetapi tahukah sobat bahwa tidak hanya jenis font saja yang bisa 'disamakan', tetapi juga ukuran, gaya, dan warna.

Seperti contoh dibawah ini saya menggunakan font Roboto dengan gaya bold dan diberi warna. Ukuran tersaji sebesar 20px.


Jika tulisan yang sudah disalin ke Sticky Notes dihapus, maka ketika diketik kembali font akan kembali seperti semula. Jadi untuk mengganti font Sticky Notes diperlukan software pihak ketiga seperti Microsoft Word.

Sekian, semoga membantu :D


7 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming