Cara Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu


CRONOSAL - Postingan ini berangkat dari rasa ketidaktahuan saya mengenai cara untuk menghilangkan suara vokal yang ada pada lagu (MP3). Selanjutnya saya membuka halaman pencarian Google dan mencoba mengetikan "cara menghilangkan suara vokal pada lagu". And... yeah saya menemukan beberapa blog yang menyarankan untuk menggunakan Audacity sebagai software untuk menyelesaikan pekerjaan ini.

Well, saya mencari hal serupa di Youtube pun hasilnya tetap sama, orang-orang sudah terbiasa menggunakan Audacity dalam hal ini.


Bahkan menggunakan kata kunci berbahasa Inggris dengan harapan jawaban yang lebih universal, hasilnya tetaplah sama. Audacity seolah menjadi software eksklusif untuk menghilangkan suara vokal.

Why I can't?

Anehnya, si penguji sukses saja menggunakan metode tersebut. Dan yang lebih aneh, saya sendiri kok gagal?

Ternyata, menghilangkan suara vokal adalah praktik yang sulit!


Kita dapat menemukan situs-situs yang memberikan tutorial terkait hal ini, namun perlu diketahui bahwa suara vokal dan instrumen musik berada pada saluran yang sama pada sebuah lagu.

Secara teori, tidak akan bisa menghapus suara vokal. Satu-satunya cara yang paling memungkinkan ialah dengan mereduksi frekuensi suara vokal dengan resiko mempengaruhi suara instrumen lain.

Biasanya jika cara tersebut dilakukan, hasilnya lagu menjadi agak kasar dan kurang nyaman didengar. Tentu saja, sulit dan butuh waktu yang relatif lama.


Pemisahan suara vokal dan instrumen musik hanya bisa dilakukan oleh pihak pembuat lagu


Tak banyak yang mengetahui hal ini, sebuah album rekaman direkam dengan input mono dan stereo. Suara penyanyi direkam sendiri, suara musik juga direkam sendiri.

Maka dari itulah sangat mudah untuk memilih suara vokal atau suara instrumen saja.

Sedangkan format lagu yang beredar sudah dalam bentuk MP3, mono dan stereo bersatu dalam satu saluran. Ini berarti penikmat secara umum tidak memiliki akses untuk memisahkan kedua komponen lagu ini.


Tapi kok ada yang berhasil?

Jika sobat bertanya demikian, saya sendiri kurang mengetahui jawaban pastinya. Saya pun pernah melihat tutorial di Youtube yang mengklaim berhasil menghapus suara vokal di sebuah lagu.

Memang benar suara vokal sepertinya sudah hilang, tetapi seperti saya katakan, hasilnya akan terdengar kasar. Bahkan suara vokal masih terdengar cukup jelas jika sobat menaikan volumenya.

Kita berfikir positif saja, mungkin si pembuat video tersebut memasukan pengaturan frekuensi yang tepat sehingga suara vokal nyaris bisa dihilangkan. Tetapi, ketahuilah bahwa setiap lagu frekuensinya berbeda-beda.

Dan tidak mudah untuk memisahkan sesuatu yang sudah diatur untuk bersatu, vokal dan instrumen.


Resmi, lagu MP3 tidak bisa dipisahkan antara vokal dan instrumennya


Sebuah artikel berjudul The Truth About Vocal Eliminators melakukan pendekatan yang cukup rasional untuk menjelaskan masalah ini.

Tulisan tersebut berbahasa Inggris dan teramat panjang jika saya paparkan disini, jadi cukup saya kutip kalimat intinya saja:
"Anda tidak dapat menghapus suara vokal secara efektif jika sumbernya adalah file MP3. Untuk menghapus suara vokal, frekuensi vokal di saluran kiri dan kanan harus identik."
Dengan demikian, pupus sudah harapan sobat untuk menghilangkan suara vokal dari sebuah lagu.


Tenang saja, masih ada tips lain! :)


Namun sobat tidak perlu khawatir, saya masih punya solusi alternatif.

Intinya, sobat hanya menginginkan lagu yang isinya hanya suara alat musik saja bukan?

Itu perkara mudah!

Kita bisa memanfaatkan Youtube atau Google untuk mendapatkannya.

Lagu yang isinya hanya alunan musik tanpa suara si penyanyi disebut dengan istilah instrumental.

Sobat bisa mencari di Youtube atau Google, misalnya seperti yang saya coba untuk lagu Demons oleh Imagine Dragons.


Langsung muncul di halaman pertama, saya menemukan video yang membawakan musik instrumental dari lagu yang saya cari tersebut.

Berikut ini perbandingannya antara versi asli dan versi instrumental:

Versi Asli + Lirik



Versi Instrumental + Lirik


Baca juga: Cara Download Musik dari Youtube

Kebetulan saya mendapatkan TheKARAOKEChannel, sebuah saluran video Youtube yang dikenal sering mengunggah video musik instrumental beserta liriknya. Terbukti dari kualitas audionya yang halus, musik instrumental ini didatangkan dari manajemen pembuat lagu.

Bahkan di akhir videonya mereka menambahkan kalimat "Used by Permission" yang secara tersurat mempertegas bahwa instrumental ini original.

Selain channel tersebut, masih banyak channel serupa yang menghadirkan karakoke lagu. Tinggal sobat saja yang memiliki niat untuk mencarinya entah lewat Youtube atau Google atau mungkin media lain.


Oke saya rasa artikel ini sudah cukup panjang lebar menjelaskan kesalahpahaman yang terjadi di masyarakat, bahwa suara vokal pada lagu itu bisa dibuang. Faktanya tidak demikian, ini sekaligus membantah postingan-postingan para blogger yang masih "nekad" menggunakan Audacity untuk menghilangkan suara vokal.


But, saya membuka kesempatan bagi sobat untuk berkomentar. Apapun itu entah saran, kritik, atau bahkan untuk menyanggah apa yang saya jelaskan di awal.

Ngomong-ngomong, saya minta maaf jika artikel ini tidak relevan dengan judulnya.

Thanks! Hope this will help you.


11 komentar

  1. gan kalo format lain selain mp3 bisa ngak?

    ReplyDelete
  2. permisi nanya, kl menggabungkan suara instrumen dengan lagu yg ada vokal nya sehingga hasil nya seperti lagu karaoke yang left nya instrumen dan right nya ada vokal, apakah bisa? kl bisa, harus pakai software apa ya?
    tq before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak bisa, mau tidak mau harus membeli audio originalnya :)
      biasanya tersedia kok

      Delete
  3. owalaaah... thanks artikelnya min

    ReplyDelete
  4. thanks gan,berguna bgt... :D tapii,, susah dong nyari insrumennya doang.. haha

    ReplyDelete
  5. Masih bisa sih gan tapi bikin manual inatrument nya pake software FL Studio . Cuman ya itu orang awam pasti bingung cara pake nya. Karna benar benar susah menurut saya. Bikin 1 instrument lagu aja bisa lama.

    ReplyDelete
  6. Cara bikin kaset DVD karaoke dari video karaoke download Youtube?
    Soalnya tak bisa pengaturan L/R.

    ReplyDelete
  7. setidaknya cukup mencerahkan bagi saya untuk segera menghentikan pencarian "how to remove vocal audio from mp3 files" di google.
    Terimakasih, salam gigit jari!

    ReplyDelete
  8. Haha ga kepikiran gan. Kirain saya bisa, ternyata hanya dikecilin vokalnya haha
    Lalu mereka yang bisa upload lagu 'instrumental' dapet darimana ya kira-kira?

    ReplyDelete
  9. hahahah saya juga sudah download audiocity...ternyata ternyata gak berhasil

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming