Ira - Pre Alpha


CRONOSAL - Video game dengan genre interactive story bisa dikatakan sebagai model yang fleksibel dimana setiap keputusan tidaklah berdasar pada alur yang sama. Gamer yang memainkannya menjadi sutradara sekaligus pemain atas alur tersebut. Dan nampaknya konsep seperti ini makin disukai. Dalam beberapa tahun terakhir Anda dapat dengan mudah menemukan game sejenis.

Kontribusi gamer tidak sekedar membuat pola cerita berubah, namun berpotensi memutarbalikan 'takdir' yang telah ditentukan. Itulah sebabnya terkadang menjadi menyenangkan ketika menjajal setiap plot cerita yang berbeda. Meski kontribusi gamer sangat dibutuhkan, faktanya ada beberapa event khusus yang menjadi poin utama dan tidak bisa diganggu gugat.

Ira adalah contoh dari interactive story dengan paduan atmosfer creepy dan futuristis. Menarik apabila kita mengeksplorasi setiap jalinan cerita dalam Ira. Saat ini masih tersedia dalam versi Pre Alpha dimana alur ceritanya belum selesai. Ditambah lagi developer menegaskan bahwa ini adalah Act 1 sehingga tak banyak yang dapat disimpulkan.

Secara garis besar, Ira adalah seorang anak petani miskin yang memiliki ambisi untuk menjelajahi bintang-bintang. Mimpi besar Ira harus terkendala oleh kondisi ekonominya. Namun secara ajaib mimpi yang mustahil tersebut tiba-tiba menjadi realitas. Pada awalnya ia hanya berada di rumah bersama ayahnya yang sedang memperbaiki mobil serta ibunya yang terlihat sakit. Dalam sekejap ayah dan ibunya menghilang. Ira yang kebingungan mengikuti suara hati menuju loteng rumahnya.

Tak lama setelahnya Ira terbangun di sebuah modul pesawat luar angkasa. Ia telah tidur selama lebih dari 1000 hari. Hal ini jelas membuatnya kebingungan dan tak tahu apa yang terjadi. Baru saja berada di rumah bersama ayah dan ibunya namun secepat kilat ia sudah berada di antara bintang-bintang.

Ira - Pre Alpha

Ira - Pre Alpha

Ira - Pre Alpha

Ira - Pre Alpha

Ira - Pre Alpha

Ira - Pre Alpha

Ira - Pre Alpha

Ira - Pre Alpha

Ira - Pre Alpha

Ira - Pre Alpha


Download Ira Pre Alpha

Cukup banyak kejadian yang terlampir dalam gameplay yang berusia singkat ini. Beberapa cutscenes menunjukan aksi Ira yang menjadikan suasana semakin intens. Tak hanya itu, desain visual yang sederhana tetap mampu mengeksekusi Ira sebagai game yang memacu rasa penasaran. Terlebih sound effect yang dikumandangkan benar-benar menggugah.

Berikut adalah salah satu soundtrack dari Ira:



Di sisi lain, gameplay penuh dengan narasi interaktif. Amat beruntung bagi gamer yang cakap dalam bahasa Inggris karena akan lebih mengerti apa yang diceritakan dalam permainan. Akan tetapi itu tak menjadi petaka apabila Anda kurang menguasai bahasa Inggris. Anda akan tetap bisa menikmati Ira secara mengalir.

Lewat pendekatan personal, Ira berhasil menunjukan pengalaman gameplay yang berksinambungan. Beberapa interaksi terasa maksimal, walaupun ada beberapa scenes yang memaksa gamer untuk mengambil keputusan yang sama. Ini menjadi catatan penting bagi developer untuk pengembangan selanjutnya.

Saat ini Ira sebagai game yang didalangi oleh developer independen tengah menggalang dana untuk menyelesaikan proyeknya. Melalui halaman Kickstarter, mereka menargetkan mendapat kucuran dana sebesar $12.000. Versi Pre Alpha tersedia gratis bagi Windows dan Mac, serta Linux yang menyusul nanti.
OS: Windows & Mac (Linux, Android, iOS: coming soon)Control: Keyboard & MouseRating by CRONOSAL: 7/10

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming