Mengontrol Volume Suara Agar Tidak Berlebihan


CRONOSAL - Pernah menyetel musik di komputer? Saya rasa kebiasaan ini hampir dimiliki oleh orang-orang yang terbiasa bekerja di depan komputer. Alasannya? Tidak lain tidak bukan untuk menghibur diri, sekaligus memecah kesunyian dengan alunan suara yang indah.

Setiap konten audio yang diputar pasti dibentuk oleh frekuensi yang berbeda-beda dalam satu track sehingga menghasilkan bunyi yang berbeda pula.

Nah, apa sobat tahu frekuensi suara?


Secara singkat, frekuensi ini sebenarnya adalah bentuk getaran yang mampu merambat pada rentang ukuran tertentu. Jika gelombangnya semakin lebar maka suara menjadi lebih keras, begitu pula sebaliknya.

Permasalahannya ialah setiap lagu memiliki frekuensi gelombang yang berbeda satu dengan yang lainnya. Misalnya ketika sobat mengatur volume suara di komputer sebesar 50%, namun ketika lagu diputar, lagu A terdengar lebih kencang dibanding lagu B. Tentu saja ini karena gelombang yang berbeda.

Untuk itulah terkadang kita harus repot kembali mengubah volumenya agar suar ayang terdengar tetap pas.

Musik yang diputar tiba-tiba suaranya berlebihan?

Dibanding harus melakukan tugas seperti tadi, alangkah baiknya jika sobat menjajal aplikasi yang dapat 'memukul' rata frekuensi suara sehingga tidak akan melebihi batas yang telah ditentukan.

Jadi, tidak ada lagi istilah suara yang tiba-tiba keras dan tiba-tiba pelan, semuanya akan dibatasi pada level tertentu. Berikut tutorialnya

Mengontrol Volume Suara Agar Tidak Berlebihan


1. Download aplikasi Sound Locker kemudian instal programnya. Sound Lock hanya tersedia gratis untuk Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan (mungkin) Windows 10

2. Sound Locker akan berjalan pada system tray, untuk mengaksesnya sobat harus menuju notification area

Mengontrol Volume Suara Agar Tidak Berlebihan

3. Aktifkan dengan memilih opsi ON lalu atur batas volumenya. Saat itu juga Sound Lock akan memfilter frekuensi suara sebelum dialirkan ke speaker, tentu saja membuat suara tidak akan melonjak melebihi batas

Mengontrol Volume Suara Agar Tidak Berlebihan


Jangan khawatir apabila terdapat beberapa speaker yang terpasang karena Sound Locker mampu menampung hingga 14 channel suara. Sobat juga bisa meningkatkan kualitas MP3 agar suaranya lebih nyaman didengar.

Thanks for reading!

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming