Project Kartina, Cortana "versi" Indonesia


CRONOSAL - Apa yang diharapkan dari Artificial Intelligence yang ditanamkan pada suatu program komputer? Tidak lain adalah memudahkan pengguna itu sendiri dalam melakukan aktivitasnya. Microsoft yang sejatinya bergelut di dunia komputer tak ingin ketinggalan trend AI. Lewat sistem operasi Windows 10, Microsoft sempat membawakan AI cerdas bernama Cortana.

Sayangnya kebijakan Microsoft hingga saat ini masih menutup akses Cortana bagi Indonesia. Bukan hanya dukungan voice recognition saja, tetapi juga karena bahasanya.

Seorang user di forum WinPoin bernama ZAY menciptakan program yang dirancang mirip seperti Cortana pada Windows 10.

ZAY menyebutnya Kartina, ia juga sempat menyematkan gelar Cortana Indonesia Unofficial Edition.

Well, ZAY secara individu yang merancang Kartina dan dipublikasikan tahap awal pada 29 Desember 2015 lalu.

Jangan berharap Kartina sekarang sama cerdasnya dengan Cortana.

Di awal perkembangannya, Kartina hanya dilengkapi fitur pencarian file, pemutar musik terintegerasi, chat bot response (sangat terbatas), ensiklopedia kecil, serta ekspresi yang minim.

Project Kartina, Cortana "versi" Indonesia

Selain itu, pada folder Instalasi Kartina masih terdapat nama-nama Cortana, Cortania, atau nama campuran lainnya. Namun ZAY memastikan semuanya akan diganti sepenuhnya dengan Kartina.


Metode input perintah berbentuk teks dalam Bahasa Indonesia. Untuk saat ini Kartina belum memiliki voice recognition.

Project Kartina, Cortana "versi" Indonesia

Meski demikian, ZAY menjanjikan kedepannya Kartina akan memiliki lebih banyak fitur seperti integerasi browser, office, dan aplikasi lainnya.


Kartina sudah dipasangkan ribuan informasi berupa pengetahuan yang akan tersaji lewat kata kunci tertentu. Pada thread-nye, ZAY juga menyertakan pembaharuan serta penjelasan umum terkait program cerdas besutannya ini.

Project Kartina, Cortana "versi" Indonesia

Bukan tanpa kekurangan, di tahap awal pengembangannya, Kartina masih diwarnai beberapa bug yang mengganggu. Terkadang juga ia mengalami masalah saat dijalankan. Ditambah lagi, respon yang tidak begitu cepat membuat Kartina kurang responsif untuk digunakan.

Sobat bisa memberikan feedback berupa dukungan, saran, atau lapor bug di thread resmi Kartina. Kartina tersedia gratis untuk PC Windows saja, sobat bisa download disini.

Jika tertarik, sobat juga bisa ikut berkolaborasi mengembangkan Kartina agar makin sempurna dan nyaman digunakan. Semoga saja Kartina bisa menunjukan eksistensinya yang lebih besar lagi!

Baca juga: Tak Bisa Jajal Cortana? Tenang, Masih Ada Braina!

NB: Terhubung ke internet jauh lebih baik.


2 komentar

  1. Waiiiitt,Jadi Lu Join Forum Winpoin Juga?.Apa Usernamenya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu daftar tapi lupa username dan password, lagian ga aktif disana juga :v

      Delete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming