Nostalgia Windows 95 Melalui Browser!

Nostalgia Windows 95 Melalui Browser!

CRONOSAL - Mengudara pada 24 Agustus 1995, Windows 95 boleh dibilang merupakan awal dari rentetan kesuksesan sistem operasi yang bernaung di bawah kekuasaan Microsoft. Satu fitur menarik yang hingga kini masih menjadi primadona ialah start menu. Keberadannya sangat membantu user dalam memilih program maupun aktivitas.

Tentu saja nama Windows 95 kini telah menjadi kenangan. Selain karena dukungan yang telah berakhir, Microsoft juga sudah menerbitkan sistem operasi terbarunya yang sanggup menangani aktivitas yang lebih banyak lagi, selaras dengan kinerja yang ditingkatkan.


Namun untuk sobat yang ingin bernostalgia merasakan sentuhan yang sama ala Windows 95, sobat bisa menjajalnya melalui browser!


Windows 95 in your browser!

Nostalgia Windows 95 Melalui Browser!
Andrea Faulds, orang dibalik ini semua.

Adalah Andrea Faulds, seorang pengembang muda yang merealisasikan sistem operasi Windows 95 yang berfungsi penuh dalam sebuah browser tanpa aplikasi pendukung maupun plugin.

Menariknya, sistem operasi berusia kepala 2 ini tetap mampu berjalan mulus pada browser.

Untuk mengembangkannya, pemuda asal Faulds menggunakan Emscripten, sebuah emulator Low Level Virtual Machine (LLVM) yang mampu memproses kode C dan C++ menjadi JavaScript pada runtime. 

Dengan begitu, sobat dapat menikmati Windows 95 tanpa harus melakukan instalasi terlebih dahulu.

Cukup akses halaman ini, lalu klik Start Windows. Kemudian tunggu proses loading yang agak panjang karena memiliki ukuran ZIP sebesar 47MB.

So, pastikan koneksi internet stabil untuk mencoba Windows 95 pada browser.

Nostalgia Windows 95 Melalui Browser!

Nostalgia Windows 95 Melalui Browser!

Nostalgia Windows 95 Melalui Browser!

Nostalgia Windows 95 Melalui Browser!

Nostalgia Windows 95 Melalui Browser!

Menariknya, pada jendela browser akan terlihat kolom seperti CMD di bagian bawah. Sedangkan layar utama berbentuk persegi, yang merupakan resolusi monitor paling populer kala itu.


Keberadaan kursor mouse akan dikunci, sehingga fungsinya secara penuh dipakai untuk emulator tersebut. Secara keseluruhan, Windows 95 versi browser yang diracik Faulds cukup memuaskan. Terasa ringan dan lengkap seperti versi aslinya.


Sayangnya, OS ini masih belum sempurna. Masih bisa terjadi crash, khususnya jika sobat menjalankannya di Internet Explorer.

Sudah menjajalnya? Share pengalaman sobat disini :)


2 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming