Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

CRONOSAL - Layanan text to speech tergolong baru di industri digital. Layanan yang mampu mengucapkan kata-kata dalam teks menjadi seperti orang berbicara. Kehadiran text to speech bukan tanpa alasan. Justru fitur ini muncul atas kebutuhan masyarakat.

Keunggulan text to speech adalah frekuensi suara yang terdengar elegan, nyaman untuk didengar.

Walaupun hingga saat ini belum ada yang memiliki intonasi suara yang sempurna. Dalam arti, kata yang diucapkan terasa datar dan kurang menggugah.

Meski begitu, faktanya text to speech cukup banyak digunakan. Terutama untuk menyebutkan kalimat yang singkat, penjelasan pada video, atau merekamnya sebagai cara pengucapan kata yang benar.


Saat ini kita beruntung bahwa text to speech telah memiliki data rekaman suara vokal orang Indonesia. Berbeda dengan dulu yang hanya tersedia untuk bahasa Inggris atau negara-negara di Eropa.

Beberapa layanan berikut ini menjamin penggunaan kata dalam Bahasa Indonesia dan mengkonversinya menjadi suara. Semuanya ini gratis dan tersedia untuk berbagai platform.

FYI: Sebagian menggunakan vokal perempuan dan sebagian lagi laki-laki

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis


Web: ResponsiveVoice

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Di urutan pertama, saya merekomendasikan ResponsiveVoice sebagai layanan teks berbicara dalam Bahasa Indonesia.

Tools online ini cukup mudah digunakan. Pengunjung hanya perlu memasukan teks kemudian klik Play maka akan terdengar suara wanita berbicara berdasarkan teks yang sobat tulis tadi.

Menariknya, hasil suara cukup memuaskan. Intonasi khususnya tanda baca terdengar jelas sehingga kalimat tidak terasa datar. ResponsiveVoice dapat diakses melalui Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Internet Explorer, dan Opera Mini. Sistem operasi Android dan iOS juga tak ketinggalan.


Web: Google Translate

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Google Translate tidak hanya mampu menerjemahkan teks dalam bahasa asing ke bahasa yang diinginkan. Namun salah satu produk Google ini juga mengikutsertakan text to speech.

Text to speech yang tersedia mencakup semua bahasa yang didukung Google Translate. Bahkan untuk Bahasa Indonesia, sekarang jauh lebih halus dan tidak kaku saat berbicara.

Dibanding dengan ResponsiveVoice, kecepatan berbicara pada Google Translate agak sedikit lebih lambat. Untuk mengakses tools ini, sobat cukup mengunjungi halaman utamanya melalui browser.


Web: Oddcast

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Oddcast menyediakan opsi Bahasa Indonesia dengan vokal perempuan (Damayanti). Tools online ini juga memberikan pilihan untuk efek suara serta levelnya.

Cenderung mudah dimodifikasi bagaimana intonasi, kecepatan, atau frekuensi suara. Sayangnya, Oddcast tidak bisa menginput banyak kata sekaligus.


Android: Google Text-to-Speech

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Sama halnya dengan Google Translate, aplikasi ini memiliki basis dari Google. Bedanya, ia hadir dalam format aplikasi untuk platform Android.

Google Text-to-Speech menawarkan kemudahan untuk membacakan buku pada Google Play Book.

Selain itu, ada juga TalkBack yang memungkinkan sobat melakukan input lisan ke dalam perangkat. Aplikasi ini resmi dan gratis, dapat didownload melalui Plays Tore.


Windows: IndoTTS

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis
Screenshot from myblackpink

Menurut sejarah, IndoTTS adalah program perekaman suara (diphone database recording) pertama di Indonesia. Perekaman dilakukan pada tahun 2000 dengan menggunakan suara dari Arry Akhmad Arman.

Menurut informasi yang saya dapat, IndoTTS memiliki intonasi suara yang dinamis khas seperti orang Indonesia. Bahkan ada ribuan dialek untuk pengucapan huruf "e" saja.

Software yang sebenarnya sudah cukup tua, tetapi sudah menjadi titik gebrakan program text to speech awal di Indonesia.


Nah, sekarang tinggal sobat memilih mana yang paling nyaman didengar dengan pengucapan yang tepat.

Dari waktu ke waktu program ini akan terus berkembang dan akan semakin mirip dengan suara manusia ketika sedang berbicara.

Contohnya saja bahasa Inggris yang kini terdengar cukup khas layaknya orang yang sedang berbicara dalam bahasa Inggris, dialeknya pas, intonasi tepat, serta penuturan kalimat yang selaras.


Jika sobat punya rekomendasi tools lain terkait dengan apa yang saya bahas disini, jangan ragu untuk memberikan jawaban di kolom komentar :)


6 komentar

  1. Your Blog Ä°ndoKing :) My Blog TurKing :) I love Cronosal
    I wait You
    http://pratikle.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. saiia nyari yang versi offlinenya om.. yang terakhir itu offline.. tapi knp saiia gag bisa2 pasangnya ea?? hiks..

    belajar photoshop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini software offline gan, ga bisa dimananya?

      Delete
  3. kang kok indoTTSnya, kok kagak bisa download di link itu ya, coba pake link ini masih jadi http://ift.tt/1FDH0Nk
    -TokekJahat-

    ReplyDelete
  4. Gan kok gak bisa ya saya coba yang pertama. Saya pingin dengerin bacaan novel, saya cope paste sedikit paragraf nya trs tekan play, tetep gak bisa. Huhu..

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming