Membuat Font Sendiri Tanpa Software

Membuat Font Sendiri Tanpa Software

CRONOSAL - Font yang beredar di dunia sudah tidak dapat dihitung lagi. Selalu ada jenis font baru dengan penampilan yang unik dan tidak mengambil kesan mainstream. Industri film atau game biasanya membuat font mereka sendiri yang akan dipakai pada judul game. Alasannya? Agar dapat selaras dengan konsep proyek mereka.

Untuk membuat font, setidaknya sobat butuh kemampuan menggambar dalam format pixel per pixel. Kali ini saya akan memberikan setidaknya 3 buah situs yang bisa sobat gunakan untuk membuat font kreasi sobat sendiri.
Tentunya jika mengandalkan tool online, sobat tidak perlu repot menginstal software font maker dan tidak pula mengambil ruang HDD.

Membuat Font Sendiri Tanpa Software


FontStruct

Membuat Font Sendiri Tanpa Software

Yang pertama dan yang terbaik, FontStruct memberikan wadah bagi user untuk brekreasi menciptakan font baru. Bisa dibilang, FontStruct ini sangat fleksibel. Ia user-friendly bagi kaum pemula serta tetap matang untuk kalangan profesional.

Sobat merancang font pixel demi pixel dengan tool yang lengkap. Mereka menyajikan variasi bentuk bricks sehingga kreasi sobat terasa tanpa batas, bentuk huruf seperti apapun bisa dibuat.


FontArk

Membuat Font Sendiri Tanpa Software

Si pendatang baru, FontArk memang menawarkan fitur yang lebih "gila" dibanding sang senior, Fontstruct. Tool ini membawa interface yang rumit dan sederhana di saat yang sama. Konsep pembuatannya bisa berbasis rangka (skeleton) atau outline (tepi).

Namun intinya, FontArk menggunakan konsep garis, berbeda dengan Fonstruct yang berbasis pixel. Hasil akhirnya, font-font bergaya modern dapat dihasilkan melalui tool yang masih tahap Beta ini.


BitFontMaker2

Membuat Font Sendiri Tanpa Software

Sederhana, setidaknya itulah kata yang paling tepat untuk mendekripsikan BitFontMaker2. Tool online yang berasal dari Jepang ini membawa visual yang bersih and so simple.

Untuk pengerjaan yang cepat, BitFontMaker2 boleh jadi pilihan. Pasalnya, meski baru 1 huruf saja yang dibuat, sobat bisa langsung men-download font. Sama seperti FonStruct, tool ini berbasis pixel.

Ketiga tool online tadi bisa sobat pakai gratis. Tetapi beberapa memerlukan syarat seperti pembuatan akun, pastinya dengan adanya akun juga membantu sobat memanajemen font.

Font yang telah didownload bisa langsung dipakai dengan syarat harus diinstal terlebih dahulu, baca artikel Cara Install Font.

Saya gak mau pakai tool online, ada software gak?

Jika sobat tidak tertarik dengan metode online, software gratis seperti FontForge, Rester, dan Type Light juga bisa membantu sobat merancang font.

Baca juga: Download 20 Font Judul Game Populer Gratis

Happy creating :)


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming