Cara Mengetahui Versi .NET Framework dengan Mudah

Cara Mengetahui Versi .NET Framework dengan Mudah

CRONOSAL - Setiap kali kita menjalankan komputer, pasti ada sejumlah aplikasi yang kita pakai untuk beraktivitas. Misalnya, browser, office, bahkan game. Semuanya dapat berjalan dengan lancar berkat hadirnya Microsoft .NET Framework. Tapi, apa itu .NET Framework?

Terkait definisi resminya, sobat bisa baca halaman Wikipedia. Tetapi sederhananya, .NET Framework itu semacam penerjemah bahasa pemograman.

Sistem operasi Windows dapat membaca bahasa assembly pada aplikasi. Namun banyak developer yang menggunakan bahasa pemograman lain untuk menciptakan aplikasinya. Hal ini menjadi hambatan bagi Windows untuk bisa menjalankan program.

Cara Mengetahui Versi .NET Framework dengan Mudah
Aplikasi yang gagal dijalankan akibat versi .NET Framework tidak tersedia.

Itulah sebabnya .NET Framework sangat dibutuhkan. Ia akan menerjemahkan bahasa pemgoraman asing agar bisa dimengerti oleh Windows dan dapat dieksekusi dengan baik.

Microsoft .NET Framework ini telah dibawa oleh sistem operasi Windows Server 2003 ke atas. Namun versi yang diberikan tidak menyeluruh, hanya versi tertentu saja.

Versi .NET yang telah dirilis mulai dari 1.0 hingga yang terbaru 4.6.2 namun hingga kini versi terbaru dan terpopuler adalah 4.5 karena memiliki library yang cukup besar.

So, bagaimana cara mengetahui versi Microsoft .NET Framework pada komputer Windows kita?

Cara Mengetahui Versi .NET Framework dengan Mudah


1. Download Raymond .NET Detector

2. Setelah itu jalankan NET_Detector, tanpa perlu instal

3. Akan muncul tampilan seperti ini

Cara Mengetahui Versi .NET Framework dengan Mudah

Keterangan: Tulisan berwarna hitam menandakan versi yang sudah terinstal. Sedangkan tulisan berwarna abu menandakan versi yang belum terinstal.

Jika sobat klik pada tulisan tersebut, akan merujuk pada halaman download .NET Framework. Versi yang bisa dideteksi hanya dari 1.0 hingga 4.5 baik


Apakah semua versi .NET Framework harus diinstal?

Tidak harus. Hanya jika sobat diminta untuk menginstal saja. Terlepas harus tidaknya diinstal, alangkah lebih baik jika memiliki semua versi .NET Framework, khususnya yang terbaru.

Ini agar sobat tidak kerepotan menginstal .NET Framework ketika akan menginstal aplikasi. Meski begitu, ukuran .NET Framework cukup besar, bisa memakan kapasitas beberapa ratus megabyte.


Saat ini Microsoft .NET Framework telah menyentuh update 4.6 yang lebih komplit dibanding versi sebelumnya. Sobat yang ingin memiliki .NET Framework 4.6 dapat mendownloadnya disini.

Well, semoga dapat membantu...


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming