Counter Strike 1.6 Sudah Bisa Dijalankan di Android, Ini Caranya

Counter Strike 1.6 Sudah Bisa Dijalankan di Android, Ini Caranya

CRONOSAL - Mengesankan sekaligus memorable, Counter Strike 1.6 telah memberikan sumbangsihnya terhadap awal era game online Indonesia, khususnya bagi genre first person shooter. Meski sudah berusia sangat tua, ia masih memberikan impresi lewat fans yang terus bertumbuh, memainkan game ini secara online.

Perihal predikatnya sebagai game yang mendidikasikan diri untuk platform PC, hal ini tak menghentikan seorang programer bernama Alibek Omarov untuk melahirkan kembali CS 1.6 ke ranah yang lebih ringan, smartphone Android.

Meski sejarah mencatat bahwa perkembangan smartphone Android masih tergolong baru, namun kemampuannya meningkat dengan cepat dan telah mampu menjalankan game-game kelas PC dan konsol. Kali ini CS 1.6 sukses dimainkan dalam format APK.

Counter Strike 1.6 Sudah Bisa Dijalankan di Android, Ini Caranya

Omarov mengatakan Counter Strike 1.6 ini bukanlah hasil port, tetapi benar-benar versi PC. Ia membuat program untuk menjembatani antara game CS 1.6 dengan Android.

Kontrol game ini sendiri murni mengandalkan layar sentuh. Metode seperti ini akan menjadi masalah sebab game FPS memerlukan kecepatan playernya, sedangkan layar sentuh seringkali tidak merespon. Belum lagi letak tombol yang akan terlihat berdekatan jika dimainkan pada smartphone dengan dimensi layar yang tidak begitu luas. Namun permasalahan ini bisa diatasi dengan menggunakan controller.

Proses instalasi game memakai jalur yang tidak biasa. Anda diharuskan memiliki CS 1.6 Steam sebagai muatan utamanya. Berikut adalah panduan instalasi CS.16 agar bisa dimainkan di smartphone Android.

Counter Strike 1.6 Sudah Bisa Dijalankan di Android, Ini Caranya

1. Download dan instal CS1.6Client.apk. Versi omp untuk perangkat multi-core, sedangkan noomp untuk perangkat single-core

2. Download dan instal Xash3D.apk

3. Sambungkan memory SDcard smartphone ke komputer, copy folder cstrike dan valve dari instalasi CS 1.6 Steam kemudian paste ke folder xash di SDcard smartphone

4. Hapus file apapun dengan nama yang diawali "touch" atau "vgui" di folder xash yang telah berada di SDcard

5. Lepas sambungan dari komputer, lalu mainkan CS16Client!

Informasi lebih detil terkait instalasi CS 1.6 di Android dapat dilihat pada halaman Github ini.


Terlepas dari kabar mengejutkan ini, Counter Strike 1.6 versi Android yang dibuat Omarov bukan keluaran resmi Valve. Dalam halaman perilisannya ia terus mengupdate programnya agar semakin minim dari bug dan memaksimalkan performa game.

Di sisi lain, lewat gameplay yang dipamerkan, game masih terlihat beberapa kali lag dan membuat tampilan di layar berhenti. Sebuah masalah kecil tetapi berdampak besar bagi pengalaman bermain.

Walaupun terdengar masih jauh dari ekspteasi, setidaknya ujicoba ini menjadi titik awal era gaming dengan platform smartphone. Suatu saat, jangan kaget jika GTA V dirilis dalam ekstensi APK. Mungkin saja...


0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming