Thursday, April 21, 2016

Drone Rp 1 Jutaan yang Bisa Angkut Action Cam (Beserta Gimbal)

Drone Rp 1 Jutaan yang Bisa Angkut Action Cam (Beserta Gimbal)

CRONOSAL - Hobi pesawat tanpa awak atau drone kian menjamur di Indonesia. Kini komunitas drone cukup mudah ditemukan dan secara teratur melakukan Kopi Darat untuk sekedar silaturahmi antar pilot atau membahas hobi penerbangan mereka.

Drone berwujud quadcopter masih menjadi komoditas utama bagi produsen RC di seluruh dunia. Setiap bulannya hampir pasti selalu ada startup baru yang memulai bisnis mereka dengan mainan hobi yang bisa terbang ini. Tapi satu yang pasti, konsumen mendambakan harga rasional dengan kualitas yang sepadan.

Kabar buruknya, sebagian besar orang mengenal drone sebagai mainan kelas atas yang hanya sanggup dibeli oleh anak anggota DPR RI atau raja minyak Arab. Namun, benarkah demikian?

Faktanya harga drone menunjukan penurunan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Hal ini peristiwa yang wajar sebab prinsip harga barang elektronik selalu menyusut. Tetapi kali ini kita akan fokus pada produk-produk drone yang memang tampil dengan harga yang lebih merakyat. Setidaknya Anda tidak harus sampai menjamin STNK untuk mendapatkannya.

Well, berikut ini adalah beberapa drone berjenis quadcopter (4 baling-baling) yang sanggup mengangkut action cam seperti GoPro, Xiaomi Yi, atau SJCAM.

Menariknya lagi, beberapa pilot drone sempat menjajal gimbal (stabilizer) kamera pada beberapa drone berikut, dan hasilnya... worth it! Drone seharga Rp 1 jutaan ini sanggup membawa action cam beserta gimbal.

Penasaran?

5 Drone Rp 1 Jutaan yang Bisa Angkut Action Cam (Beserta Gimbal)



1. Syma X8C

Drone Rp 1 Jutaan yang Bisa Angkut Action Cam (Beserta Gimbal)

Produsen Syma secara konsisten merilis drone dengan harga yang terjangkau. Salah satu seri yang cukup diminati ialah X8. Seri ini sendiri setidaknya terbagi atas X8C, X8W, dan X8G, secara keseluruhan sama saja hanya berbeda sedikit fiturnya.

Singkatnya, X8C memiliki kamera bawaan, X8W memiliki kamera bawaan yang bisa FPV, dan X8G dengan gaya kamera action cam. Tentu saja yang paling murah adalah X8C, dan inilah yang cukup direkomendasikan bagi Anda yang dompetnya tidak setebal skripsi mahasiswa.

Syma X8 memiliki bobot yang lumayan berat, hal ini membuatnya dapat terbang lebih stabil di udara. Sparepartnya pun mudah ditemui sebab ini adalah drone yang populer di Indonesia. Mount action cam bisa Anda beli secara terpisah. Menariknya Syma X8 juga bisa dikawinkan dengan gimbal.


Harga: Rp 1.2 juta - Rp 1.4 juta (Cek harga: Bukalapak / Tokopedia)


2. MJX X101

Drone Rp 1 Jutaan yang Bisa Angkut Action Cam (Beserta Gimbal)

Disebut-sebut sebagai "Syma killer" karena harganya yang sedikit lebih murah dan kemampuannya yang mirip. Meski sama-sama didaulat sebagai "Big Drone" faktanya kedua merek ini punya perbedaan mendasar pada fisiknya.

MJX X101 hadir bersamaan dengan anti-jello yang jika Anda beli terpisah harganya bisa di atas Rp 100 ribu. Ia juga lebih ringan sehingga memudahkan untuk manuver dengan konsekuensi, Anda tidak disarankan memainkannya dalam kondisi angin kencang.

Namun ia cocok untuk pemula yang ngebet ingin memainkan drone dengan kemampuan mengangkut action cam. MJX X101 hanya diizinkan memawa gimbal yang ringan, jadi pastikan Anda memilih gimbal yang ringan untuk drone ini.


Harga: Rp 1 juta - Rp 1.5 juta (Cek harga: Bukalapak / Tokopedia)


3. Tarantula X6

Drone Rp 1 Jutaan yang Bisa Angkut Action Cam (Beserta Gimbal)

Drone ini tampil lebih ramping dan model unik, boleh dibilang desainnya lebih mirip mainan, namun percayalah ini bukan mainan untuk anak-anak. Hal penting yang membuat drone bernama lengkap YiZhan Tarantula X6 ini ialah kemampuan terbangnya yang minim getaran, ini karena bentuk baling-baling dan bobotnya yang ringan.

Walaupun jika diamati, motor listrik pada Tarantula X6 lebih kecil dibanding kedua drone di atas namun cukup kuat untuk membawa beban hingga 300 gram. Jika dikalkulasikan, berat ini sudah termasuk gimbal dan action cam.

Tarantula X6 sanggup terbang dengan jarak 100 meter dari tranmiter, namun beberapa user menunjukan bahwa ia bisa melebihi 200 meter. Jarak yang cukup sepadan dengan kecepatan drone ini. 


Harga: Rp 1 juta - Rp 1.3 juta (Cek harga: Bukalapak / Tokopedia)


4. Kaideng K70C

Drone Rp 1 Jutaan yang Bisa Angkut Action Cam (Beserta Gimbal)

Nama yang cukup asing di telinga sebab baru dirilis pada awal 2016 ini. Kaideng K70C tidak sekedar menjajakan diri sebagai drone biasa, jika dilihat dari model dan kemampuan yang ia tawarkan, nampaknya ia mencontoh beberapa produk drone dan menyatukannya.

Drone ini hadir dengan kamera bergaya action cam, seperti yang sudah dilakukan Syma X8G. Namun kamera ini juga mendukung FPV. Kebanyakan pilot drone yang memakai Kaideng K70C sengaja mengganti kamera dengan action cam mereka sendiri mengingat kualitas gambarnya yang tidak begitu memanjakan mata.

Keunikan tersendiri yang dibawakannya adalah, ia hadir bersamaan dengan gimbal satu arah untuk menggerakan kamera dalam sudut 45°. Ya, meski demikian jangan berharap hasil video akan stabil sebab gimbal ini tidak ditujukan untuk stabilizer, melainkan mengubah sudut pandang kamera saja.


Harga: Rp 1.4 juta - Rp 1.5 juta (Cek harga: Bukalapak / Tokopedia)


5. WLtoys V262

Drone Rp 1 Jutaan yang Bisa Angkut Action Cam (Beserta Gimbal)

Dilihat dari modelnya, ia tidak dirancang untuk aerial fotografi maupun videografi, tetapi kemampuan drone ini berkata lain. V262 mampu terbang dengan stabil, bahkan saat membawa action cam, hasil video tidak goyang meski tanpa gimbal sekalipun.

Bentuknya sendiri cukup menarik, dan jarang pula ada produsen drone yang mengadopsi konsep ini. Jika diamati, agak mirip dengan Parrot Ar Drone 2.0 namun Anda akan bertemu dengan perbandingan harga yang cukup jauh. Drone keluaran WLtoys ini hanya dibanderol dengan kisaran Rp 800 ribu hingga Rp 1.2 juta tergantung dimana Anda membelinya.

Sayangnya, walaupun sanggup membawa beban berat, Anda harus memodifikasi beberapa bagian agar bisa dilekatkan dengan gimbal dan action cam. Untuk hal ini, silahkan mencari referensi atau panduan di Google atau Youtube, atau di komunitas pemilik drone ini.


Harga: Rp 800 ribu - Rp 1.2 juta (Cek harga: Bukalapak / Tokopedia)


6. Huanqi H899

Drone Rp 1 Jutaan yang Bisa Angkut Action Cam (Beserta Gimbal)

Saudara kembar Syma X8? Bisa jadi! Huanqi H899 mengusung bodi yang sekilas mirip dengan Syma X8. Sepesifikasinya pun tidak berbeda jauh tetapi ia memiliki kendali Return to Home otomatis, sementara Syma X8 hanya mengandalkan fitur Headless Mode untuk mempermudah mengembalikan drone ke lokasi awal penerbangan.

Di sisi lain, drone ini dijual satu paket dengan kamera bergaya action cam yang bisa mentransmisikan perekamannya secara live ke pilot melalui smartphone. Sebagai pilihan lain, Huanqi menyediakan opsi kamera terpisah dengan harga yang lebih murah, tetapi Anda akan tetap mendapatkan action cam mount dalam paket penjualan.

Belum banyak informasi maupun review terkait drone ini. Ditambah lagi, hampir tidak ada keistimewaan lain yang ia miliki. Berbasis baterai 2000mAh dan jangkauan transmiter sejauh 100 meter, ia sama saja dengan Syma X8. Tetapi mungkin tambahan mount action cam dan mode RTH membuatnya sedikit lebih menarik ketimbang Syma X8.


Harga: Rp 1.1 juta - Rp 1.4 juta (Cek harga: Bukalapak Tokopedia)


7. JJRC H26W

Drone Rp 1 Jutaan yang Bisa Angkut Action Cam (Beserta Gimbal)

Coba lihat gambar di atas kemudian bandingkan dengan Kaideng K70C. Mirip sekali bukan? Tapi bukan itu yang akan kita bahas. Produk JJRC H26C terkenal memiliki harga yang terjangkau serta kualitas yang bersaing dengan drone pada tingkat harga yang lebih tinggi.

JJRC H26W termasuk "Big Drone" material plastik, ia juga lebih ringan dibanding kebanyakan drone. Propeller guard sengaja dibuat lebih keras agar tidak merusak baling-baling ketika membentur dengan keras. Dengan demikian drone ini sangat bersahabat bagi Anda yang "gemar" menghancurkan drone.

Layaknya Kaideng K70C, JJRC menyertakan gimbal 2 axis untuk kamera bawaan dengan resolusi 720p. Gimbal ini bisa Anda kontrol melalui transmiter. Namun jangan berekspetasi terlalu tinggi karena gimbal ini hanya mengubah sudut pandang saja, bukan stabilizer.


Harga: Rp 1.1 juta - Rp 1.5 juta (Cek harga: Bukalapak Tokopedia)


 8. JJRC X1

Drone Rp 1 Jutaan yang Bisa Angkut Action Cam (Beserta Gimbal)

Mengatakan kelebihan yang dikandung oleh JJRC X1 sebagai drone murah tidak bisa dipandang sebelah mata. Walau ia tampil dengan budget rendah, Anda akan terkejut bahwa ia sudah dipersenjatai oleh brushless motor. Drone termurah dengan brushless motor, padahal drone seangkatannya masih menggunakan brushed motor.

Secara singkat, brushless motor memungkinkan baling-baling berputar lebih cepat namun tetap hemat daya. Pada akhirnya drone bisa membawa beban yang lebih berat dibanding brushed motor. Anda bisa mencari informasi lebih lanjut terkait brushless motor, tetapi intinya ia jauh lebih baik daripada brushed motor. Jadi, rasanya tidak adil jika Anda membeli drone ini tanpa memiliki gimbalnya.

Ketika menjajalnya, Anda akan bertemu drone JJRC X1 mampu terbang hingga jarak 400 meter dari transmiter. Membandingkan drone di kelasnya yang biasanya sekitar 100 meter sampai 200 meter saja. Ukuran tubuhnya pun sedikit lebih kecil dibanding beberapa drone di atas.


Harga: Rp 1.8 juta - Rp 1.9 juta (Cek harga: Bukalapak Tokopedia)


Ini semuanya drone buatan China ya?

Iya, semuanya produk dari China.

Wah, berarti jelek dong?

Cheerson, Walkera, Ehang, bahkan DJI adalah perusahaan asal China yang memperoduksi drone. Boleh dibilang negara ini menguasai sebagian besar pasar drone di dunia. Bukan darimana produk itu berasal tapi berapa harga yang dibeli karena harga berbanding lurus dengan kualitas.


Grup drone di Facebook: Jual Beli New n Second Drone Indonesia Open Price, Pilot Drone Jabodetabek, dan Drone Indonesia Baru.
Hal terpenting agar Anda bisa menikmati pengalaman bermain drone yang maksimal adalah skill penerbangan serta kemampuan drone. Kebanyakan drone hanya bisa terbang pada kisaran 10 hingga 30 menit, maka dari itu saya sarankan coba membeli lebih dari satu baterai cadangan.

Dari 8 drone yang dipaparkan tadi, seluruhnya sudah masuk ke Indonesia dan dapat dijumpai dengan range harga yang telah dituliskan tadi. Harga pastinya tidak bisa disebutkan, mengingat beberapa toko online menjualnya dengan variasi harga yang berbeda.

Oke, di akhir artikel ini saya menghimbau Anda yang ingin membeli drone untuk rajin mencari reviewnya sebagai perbandingan yang spesifik. Termasuk panduan modifikasi dan tips memilih sparepart.

Selamat berburu drone :v


Berlangganan Artikel Via Email



5 comments

Thanks infonya om, saya suka drone senang sekali rasanya mendengar harga harga drone sudah benar-benar bersahabat :)

thanks infonya bermanfaat bngt reviewnya

Misi mas gimana dengan drone jxd 507g di banding drone drone di atas

Tanya master, buat JJRC x1 itu kalo dipasang gimbal 2 axis bisa engga ya? Kalo bisa buat gerakin camera nya gimana? Thanks

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming