Monday, April 11, 2016

Kumpulan Kombinasi Font Terbaik dari Google

Kumpulan Kombinasi Font Terbaik dari Google

CRONOSAL - Apakah sobat tengah mencari font untuk sebuah proyek presentasi, grafis, makalah, atau kegiatan lain yang memerlukan adanya tulisan?

Well, sekedar mengetik itu bukan perkara yang sulit. Tetapi bagian yang paling merepotkan ialah memilih font yang tepat agar nyaman dipandang, terlebih lagi ia harus sejajar dengan tema yang sedang diasumsikan.

Mengetik adalah pekerjaan, namun tipografi adalah seni. Ada ribuan font yang memungkinkan dipakai untuk berbagai jenis tipografi.

Beberapa font dirancang sebagai font judul, beberapa lainnya sengaja dibuat agar nyaman dilihat apabila dipadatkan dalam paragraf.

Kumpulan Kombinasi Font Terbaik dari Google
Ketika gua mencari font yang sesuai.

Namun kesulitan muncul ketika menentukan kombinasi font yang tepat. Terlebih lagi ada puluhan ribu jenis font yang tersedia. Ini bagaikan mencari jarum di antara tumpukan jerami, sangat membingungkan dan melelahkan.

Bagi sobat yang butuh bantuan untuk menentukan font yang sesuai, artikel ini akan sedikit mengarahkan sobat dalam menentukan font dan cara penggunaannya.

Beberapa kombinasi ini berakar dari font yang digunakan Google. Font-font tersebut dipublikasikan untuk umum, jadi sobat bisa menggunakannya secara bebas.

Disclaimer: Kombinasi font ini dipilih oleh para ahli di bidangnya.

Kumpulan Kombinasi Font Terbaik dari Google


Beautiful Web Type

Kumpulan Kombinasi Font Terbaik dari Google

Di urutan pertama ada Beautiful Web Type yang diciptakan oleh Chad Mazzola. Melalui situs ini, sobat diarahkan untuk memilih font disertai contoh penggunaannya yang benar. Mazzola juga pandai memadukan font modern dengan klasik agar menyatu seirama.

Meski tampak rapi dan mudah untuk memilih font terbaik, sayangnya belum banyak font yang bisa dieksplorasi disini.


Google Web Fonts Type Samples

Kumpulan Kombinasi Font Terbaik dari Google

Dalam situs ini, kita akan dipandu untuk memilih kombinasi font agar sesuai dengan tema di sekitarnya. Misalnya jika menggunakan Open Sans sebagai judul, maka font apa yang tepat sebagai paragrafnya? Situs ini akan membantu sobat menentukannya.

Google Web Fonts Type Samples memiliki kelebihan dari database font. Ia tidak sekedar terpaku pada Google Fonts, tetapi juga beberapa website yang menyediakan font. Tentu saja harga "gratis" masih menjadi orientasi.


Google Web Fonts Typographic Project

Kumpulan Kombinasi Font Terbaik dari Google

Secara garis besar, ini hampir sama dengan Beautiful Web Page. Perbedaannya terletak pada tautan font yang agak terpisah. Disini jumlah font yang dibagikan cukup banyak, disertai teknik pemakaian warna dan background agar font terlihat menyatu.

Pengunjung memiliki kesempatan untuk merequest kombinasi font dan jika memungkinkan maka akan diberi tambahan kombinasi font baru di halaman web ini sesuai permintaan.


100 Days of Fonts

Kumpulan Kombinasi Font Terbaik dari Google

Unik, begitulah kata yang terucap ketika mendatangi situs ini. Sesuai namanya, situs ini adalah proyek selama 100 hari dan menghasilkan 100 kombinasi font yang indah. Adalah Do-Hee Kim, seorang dibalik hadirnya ratusan kombinasi ini.

Font disini diberi latar polos dengan kesan warna flat UI disertai beberapa ornamen penghias yang membuatnya kian menarik. Konsep yang ditawarkan cocok untuk diaplikasikan pada judul maupun paragraf.


Font Pair

Kumpulan Kombinasi Font Terbaik dari Google

Mencari font yang tepat untuk paragraf? Font Pair tempatnya. Situs ini memiliki interface yang sangat sederhana dan mungkin tidak sekeren beberapa situs di atas, namun disini menekankan kepada font-font untuk paragraf bersama dengan rekomendasi judul yang cocok.

Perlu diketahui bahwa font untuk paragraf tidak boleh asal pilih karena nantinya ia akan berdempetan dengan banyak tulisan. Penggunaan font yang tepat dapat membuat tulisan tetap indah walaupun padat.


Type Source

Kumpulan Kombinasi Font Terbaik dari Google

Satu tool fantastis yang ramah bagi desainer grafis maupun desainer web. Type Source menyediakan font sekaligus kode HTML & CSS untuk diterapkan dalam halaman web sehingga sobat tidak perlu repot menuliskan kodenya lagi.

Sebagian besar font yang tersedia disini dialamatkan pada judul, juga diberi background yang cocok bagi jenis font dan pewarnaannya. Tetapi sayangnya jumlah font disini terbilang sedikit, untuk itu sang developer menjanjikan akan mengupdate font baru di lain waktu.


Type Genius

Kumpulan Kombinasi Font Terbaik dari Google

Type Genius termasuk fleksibel dalam menentukan font. Pasalnya, ia memberikan keleluasaan bagi user untuk memilih salah satu font saja maka selanjutnya sobat akan diberi rekomendasi pasangan bagi font tersebut.

Terkadang juga ditampilkan beberapa pasangan font dengan contoh pemakaian. Jika diamati, Type Genius condong pada font untuk web.


Nah, ketujuh situs di atas mungkin bisa membantu sobat dalam menentukan penggunaan font yang tepat, termasuk kombinasi, ukuran, warna, dan latarnya. Ini sangat berguna bagi sobat yang menekuni dunia desain grafis dan web, serta aktivitas lain yang berkaitan dengan mengetik di komputer.

Kumpulan Kombinasi Font Terbaik dari Google
Reaksi gua ketika ngeliat orang ngetik paragraf pakai font judul.

So, jangan lagi ada istilah "font apa aja yang penting kebaca" karena teknik pemakaian font harus sesuai dengan tujuan awal dirancangnya font tersebut.

Semoga bermanfaat :)


Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming