Wednesday, April 27, 2016

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan

CRONOSAL - Abad 21 merupakan era awal kejayaan telepon genggam yang tidak sekedar hadir sebagai alat komunikasi, namun juga sarana hiburan yang bisa diakses dengan mudah. Seraya dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, smartphone menjadi andalan bagi sebagian orang untuk merasakan nikmatnya sensasi video game dalam genggaman tangan.

Lantas hal ini pula yang membuat banyak developer menangguhkan diri untuk mengemas ide mereka dan melahirkannya sebagai game bagi platform mobile, khususnya smartphone Android. Anda akan dengan mudah menemukan ribuan game bagi sistem operasi rancangan Google ini, terlebih lagi sebagian besar game yang dirilis memilih menjadi genre Free to Play dengan berbagai alasan, namun pada akhirnya semua akan berorientasi pada profit yang menggiurkan.

Salah satunya adalah Super Tank Wars, game bertema perang yang dengan konsep online multiplayer. Game yang baru saja dirilis di Indonesia ini merupakan hasil rancangan developer terkemuka asal Tiongkok, Handjoy.

Ekspetasi yang terbayarkan, begitulah kalimat yang terucap setelah memainkan game ini, setidaknya menjajal hampir semua konten di dalam game. Review berikut ini akan mengulas lebih dalam terkait Super Tank Wars sekaligus menjadi alasan mengapa ada kalimat "Ekspetasi yang Terbayarkan" pada judul review ini.


Impresi Pertama

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Bicara game online maka mustahil jika tidak memerlukan proses registrasi.
Memang tidak ada hal yang begitu istimewa ketika mulai memainkannya. Seperti pada game online pada umumnya, Anda akan dipandu oleh sesosok karakter yang entah seperti apa bentuk dan wujudnya, namun ia akan menggiring Anda untuk melakukan hal-hal tertentu yang pada dasarnya memberikan gambaran terkait mekanisme permainan.

Anda yang sudah terbiasa memainkan game online khususnya di Android mungkin sedikit memahami tentang hal-hal apa saja yang hadir di dalamnya, terlebih lagi jika Anda rajin mengupdate game-game baru di smartphone Anda. Beradaptasi dengan Super Tank Wars bukan perkara sulit dan tidak menjadi masalah besar sekalipun Anda melewatinya. Namun tidak ada salahnya pula untuk mengikuti panduan di awal-awal permainan.

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Dalam tutorial, Anda akan diberi arahan untuk mengenal teknik dasar memainkannya.

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Sedikit banyak, ini akan membantu Anda untuk mengetahui lebih detil dinamika pertempuran.

Super Tank Wars tidak sekedar epik dalam beberapa menit awal permainan. Namun ia juga melanjutkan ekspetasi gamer yang memainkannya. Hasil kerja keras Anda akan terbayar dengan reward yang sepadan, setidaknya Anda tidak begitu merasa kecewa ketika kalah dalam permainan, namun tetap puas ketika meraih posisi pertama dan menyabet gelar Ace dan MVP bersamaan.

Sistem quest sendiri juga turut diimplementasikan dalam Super Tank Wars, serta pastinya akan ada penghargaan ketika quest berhasil dieksekusi. Asalkan telaten, maka beberapa quest bisa terselesaikan dalam satu kali battle. Namun seperti "prinsip emas" game online, semakin tinggi level Anda maka tugas yang dibebankan juga semakin berat.

Mengakar pada game MMORPG ala PC, Super Tank Wars sanggup menampung hingga 8 player dalam satu room permainan. Menariknya lagi, jumlah ini berhasil menghidupkan arena perempuran. Tidak sulit untuk menemukan beberapa tank sekaligus dalam sudut pandang Anda hingga pada akhirnya hampir bisa dipastikan, lontaran amunisi menghiasi pandangan Anda.

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Ukuran map dan jumlah player yang sepadan, membuat Anda sulit menemukan saat dimana tidak ada baku tembak.

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Bertarung dalam jarak dekat, memang tidak direkomendasikan tetapi inilah momen terbaik untuk memacu denyut jantung.

Gameplay-nya yang adiktif membuat saya secara pribadi, tidak mempedulikan quest yang diminta. Secara konsisten jari akan terus menekan tombol Battle, melupakan elemen sekunder pada game yang notabenenya juga berpengaruh penting terhadap performa bermain. Intimidasi kekalahan atau jumlah death yang banyak tidak akan membuat Anda meninggalkan permainan ini begitu saja. Super Tank Wars seolah menghipnotis, memotivasi pikiran Anda bahwa pada pertarungan selanjutnya akan ada kemenangan manis, meski itu masih misteri.


Gameplay

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Tewas dalam perang? Jangan khawatir, Anda akan hidup kembali dalam 3...2...1...

Kontras pertama akan nampak jelas ketika Anda terjun dalam arena pertarungan antar baja dalam Super Tank Wars. Ia memperlihatkan bagaimana satu per satu tank meledak sementara di wilayah lain, tank yang baru saja hancur berkeping-keping hidup kembali berkat waktu revive yang sebenarnya, lumayan singkat sehingga pastikan bahwa tidak akan ada yang mengganggu Anda selama durasi permainan.

Anda akan mengendalikan tank dengan model standar, bentuk yang lazim Anda temukan jika mencari dengan keyword "tank" di Google Images. Tetapi efek yang ia tawarkan agak berbeda, bahkan tidak pernah ada pada tank di dunia nyata. Anda diizinkan menenteng Special Weapons yang mana memiliki damage besar serta kemampuan yang mengagumkan.

Kehadiran Special Weapons jumlahnya tidak terbatas, hanya saja proses recharging memakan sebagian durasi, hingga akhirnya Anda hanya bisa menggunakannya sebanyak 2-3 kali saja. Sebagai gantinya, ada variasi Special Weapons lain yang dapat dijumpai dalam battle, sekali lagi, jumlahnya juga terbatas.

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Ukuran Special Weapons yang teramat besar dan sedikit banyak membuat tank lebih mudah dibidik oleh musuh.
Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Namun rasa dahaga akan dibayar lunas setelah misil berhamburan menyerang target Anda bertubi-tubi, tanpa ampun.

Terdapat tiga mode permainan diantaranya FFA, Teammatch, dan Event. Terlepas dari namanya yang beragam, mekanisme permainan masih fokus pada satu orientasi utama, bunuh semaksimal mungkin, mati seminimal mungkin.

Mode FFA mengajak Anda bertarung secara individu, dalam artian setiap player dalam room ini statusnya sebagai musuh. Bisa dibilang, mode permainan ini terasa begitu masif, pertempuran hadir cukup intens, dan skill menjadi penentu score akhir permainan.

Di sisi lain, Teammatch memberikan lebih banyak reward. Ia terasa menyenangkan jika tim Anda bisa bekerjasama dengan baik, mengatur strategi, dan saling bahu-membahu menggalang kekuatan. Sedangkan Event terbagi atas tipe Team League, Single League, dan PK. Satu kelebihan utama dari Event ini ialah reward ekstra yang dibagikan, diluar dari Exp dan Fund.

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Sebagian besar dana yang Anda terima akan dialirkan untuk mengupgrade tank dan training pilot.

Tak peduli dari seberapa banyak Anda memenangkan permainan, mendapatkan score tertinggi, atau berhasil menyelesaikan quest, pada akhirnya dana yang Anda terima akan langsung dipergunakan untuk mengupgrade tank, melatih pilot tank, atau membeli item-item yang berpotensi memperbesar kemungkinan menang dalam pertempuran.

Sistem upgrade sendiri menyita waktu yang cukup panjang, terlebih jika ia telah mencapai level yang kian memuncak. Kabar buruknya, Anda tidak diperkenankan mengupgrade lebih dari satu elemen tank dalam sekali waktu. Sebagai gantinya, Anda dapat menebus proses upgrade dengan sejumlah Gold. Tetapi tipikal instan dengan menggadai Gold kurang relevan untuk dipilih mengingat statusnya sebagai benda langka dalam game ini. Kecuali jika Anda rela merogoh beberapa lembar uang (asli) untuk ditukarkan dengan Gold.

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Semakin tinggi level Anda, semakin besar tanggungjawab untuk meningkatkan kemampuan tank.

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Dalam dunia Super Tank Wars, uang adalah objek yang esensial.

Di luar kapasitasnya sebagai game Android yang mengandalkan kontrol sentuhan, masalah terbesar justru hadir pada kontrol yang kurang responsif. Butuh waktu yang panjang hanya untuk beradaptasi, membiasakan jari-jari Anda mengontrol tank, baik pergerakan, persenjataan, dan penggunaan item selama battle berlangsung.

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Kendali kontrol yang sebetulnya kurang nyaman, terlebih ia adalah game shooter yang mengedepankan responsibilitas.

Kurang responsifnya control game, baik pada mode Single Hand atau Double Hand, lebih terasa pada device (smartphone android) yang kualitas touch screen-nya memang tidak begitu baik. Sebab, pada smartphone dengan sensitifitas layar yang mumpuni, aspek pengendalian pada game terasa tak menyulitkan.

Dengan menawarkan mode Single Hand dan Double Hand pada tipe kontrolnya, Super Tank Wars tetap terasa menyulitkan. Lebih buruk lagi, jika layar smartphone Anda kurang sensitif, rasanya akan setengah mati ketika berusaha membidik.

Beruntungnya, berkat implementasi sistem auto aim membuat masalah kontrol pada Super Tank Wars bisa dimaafkan. Selain itu, pemain juga bisa memilih sudut pandang, baik third person atau first person dengan kelebihan dan kekurangan yang ia tawarkan masing-masing.

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Tidak perlu membidik persis ke arah musuh, sistem auto aim akan memudahkan Anda membidik sasaran.

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Mode tampilan first person memberi atmosfer berbeda, ia terasa lebih epik.

Sesibuk apapun Anda mengupgrade tank, membeli item mahal, naas pada akhirnya sistem kontrol yang ia usung saat ini menjadi sumber frustasi tersendiri. Adanya auto aim memang memberi kontribusi tersendiri, sayangnya tidak sepadan dengan kesulitan yang ia suguhkan. Ini menjadi catatan penting bagi developer untuk memperbaikinya.


Kesimpulan

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Tidak menutup kemungkinan Super Tank Wars akan menjadi game yang digemari banyak gamer Android, di Indonesia.

Jadi, apa kalimat yang tepat untuk menggambarkan Super Tank Wars? Tidak ragu lagi untuk menyebutnya sebagai game yang berpotensi memiliki nama besar di Indonesia, apalagi dengan jumlah gamer platform Android yang jumlahnya selalu meningkat.

Pengalaman bermain akan lebih condong pada kemampuan destruktif yang dimiliki setiap tank. Anda bisa membunuh dengan cepat, atau justru menjadi korban pertama secara instan. Tank bukan kendaraan tempur cepat, jadi hal terbaik yang bisa Anda lakukan ialah mengintimidasi musuh dari jarak jauh. Mengendalikan tank sekaligus membidik musuh cenderung menimbulkan sensasi frustasi, namun adanya auto aim membuat masalah ini bisa sedikit dimaafkan.

Sementara itu, dalam arena pertempuran sendiri, Super Tank Wars menjamin kepuasan maksimal setiap kali Anda berhasil melenyapkan musuh. Anda bisa menikmati reward tambahan tepat di titik dimana tank musuh meledak. Sistem upgrade diracik cukup baik dan tidak menyulitkan, hanya saja butuh kesabaran ekstra.

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
Kualitas visual yang tidak begitu mengecewakan, apalagi statusnya sebagai game Android.

Soal kemampuan grafisnya, Super Tank Wars memilih untuk terlihat lebih kartunis ketimbang realistis. Hal ini diharapkan agar performa game tetap lancar bahkan ketika harus dijalankan pada smartphone berspesifikasi rendah sekalipun. Namun bukan berarti ia buruk dalam kualitas visual, tekstur pada bangunan sekalipun masih bisa terlihat jelas dari jarak yang lumayan jauh.

Hanya melihat beberapa screenshot gameplay-nya saja, secara ajaib hype akan terbangun dan pikiran mulai berangan-angan akan serangkaian permainan yang menyenangkan. Kabar baiknya, ekspetasi ini dibayar tuntas oleh Super Tank Wars.

Kelebihan:
  • Permainan yang adiktif, tetapi tidak terasa repetitif
  • Arena pertempuran yang selalu aktif
  • Grafis nyaman dipandang
  • Special weapons
Kekurangan:
  • Kontrol tank dan senjata yang mengundang frustasi

Review: Super Tank Wars - Ekspetasi yang Terbayarkan
1 vs 1, feeling amazing but too many risks.

Super Tank Wars
Platform: Android (requires 4.0.3 or higher)
Size: 119MB
Rating: 12+
Get it on Google Play


Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming