Cara Mengetahui Jenis Tanaman Hanya dengan Memotretnya

Cara Mengetahui Jenis Tanaman Hanya dengan Memotretnya

CRONOSAL - Apakah Anda adalah seorang pecinta tanaman? Atau seorang ahli botani yang tengah mengenali berbagai jenis tanaman? Pernah melihat sebuah tanaman yang indah, ingin memilikinya namun tak tahu namanya?

Setidaknya saat ini ada lebih dari satu juta spesies tanaman yang berhasil diobservasi. Dari angka yang sedemikian besar, variasi fisik yang beragam, tidak mudah untuk menghafal namanya satu per satu.

Namun kini ada tawaran menarik dimana Anda bisa mengidentifikasi spesies tanaman hanya dengan memotretnya menggunakan smartphone. Adalah aplikasi bernama PlantNet yang menyediakan opsi tersebut.

Aplikasi yang tersedia untuk Android dan iOS ini dirancang oleh organisasi penelitian CIRAD, INRA, INRIA, IRD, Tela Botanica, dan bantuan dana dari Agropolis Foundation. Target utama dari PlantNet ialah membantu mengetahui spesies tanaman melalui pengenalan visual lewat foto.

Cara Mengetahui Jenis Tanaman Hanya dengan Memotretnya

Untuk mengetahui jenis tanaman tersebut, kadangkala diperlukan pemotretan dengan beberapa sudut pandang agar dapat mengetahui detil fisik tanaman.

Pihak developer PlantNet menyarankan untuk hasil terbaik, gunakan fitur auto-focus. Gambar tanaman dengan latar yang seragam juga turut membantu memberikan hasil yang relevan.

Cara Mengetahui Jenis Tanaman Hanya dengan Memotretnya

Aplikasi ini masih terus mengalami perkembangan sebab ia belum benar-benar sempurna untuk bisa mengenali berbagai jenis tanaman. Oleh sebab itu, Anda bisa berkontribusi untuk mengkoreksi nama tanaman atau memberikan informasi baru pada spesies tertentu.


Perlu diingat, kualitas kamera pada smartphone juga turut mempengaruhi relevansi jenis tanaman yang terdeteksi.

3 komentar

  1. Lumayan nih buat nanti kalau ada tugas, hehehe

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat kang, informasinya berguna banget buat saya khususnya n buat pecinta alam ato botani tentunya, , apakah juga cocok untuk hp asus kan?, terus kameranya harus auto focu?, mohon petunjuknya kang untuk pilihan camera ini,Terima kasih sebelumnya kang, salam santun n salam silaturahim,
    Silahkan mampir kang,

    ReplyDelete
  3. Bener nih bisa? Masalahnya banyak pohon / tumbuhan yg blum sy kenal namun bnyk di lingkungan sy

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming