Hobi Fotografi? Jual Karyamu Di Situs Ini

Hobi Fotografi? Jual Karyamu Di Situs Ini

CRONOSAL - Hobi fotografi sekarang bukan lagi dikategorikan sebagai hobi mahal, pasalnya harga kamera mulai mengalami penyusutan begitu drastis seiring tampilnya inovasi baru. Terlebih lagi, kamera yang ada pada smartphone sobat cenderung lebih baik dibanding kualitas kamera 10 tahun lalu.

Jika sobat punya hobi di bidang fotografi, tak ada salahnya untuk terjun dalam pekerjaan yang berkaitan dalam ranah tersebut.

Sembari mengisi waktu luang, ada cara sederhana untuk mendapatkan uang dengan cara menjual foto-foto hasil jepretan kamera sobat.

Fotografi juga merupakan seni, untuk itulah ada hak cipta yang tertanam pada tiap dokumen foto.


Dengan begitu, orang-orang yang tertarik dan ingin memiliki foto sobat, mereka harus membayar uang.

Berikut ini ada beberapa situs yang menjadi wadah bagi siapapun, khususnya fotografer baik pemula maupun profesional untuk menjajakan hasil jepretannya. Menariknya ada kesempatan mengumpulkan pundi-pundi uang lewat situs tersebut.

Apa saja?


Shutterstock

Hobi Fotografi? Jual Karyamu Di Situs Ini

Situs pertama yang menurut saya cukup baik ialah Shutterstock. Alasanya? Situs ini terbilang sangat populer bahkan untuk beberapa kata kunci di Google Image sobat bisa menemukan gambar-gambar yang menggunakan watermark Shutterstock.

Selain popularitasnya yang tinggi, lisensi yang dipakai disini melindungi karya sobat agar tidak terjadi tindakan distribusi ilegal oleh pembeli.

Bukan hanya konten fotografi, format lain seperti ilustrasi, ikon, editorial, footage, musik, bahkan vector bisa dijual disini. Setiap orang yang ingin men-download satu karya harus membayar $0,25 sampai $2,85.


Can Stock Photo

Hobi Fotografi? Jual Karyamu Di Situs Ini


Website ini ditargetkan kalangan fotografer. Hal paling menarik yang ditawarkan disini terletak pada harga yang bisa sobat dapatkan. Mereka menggunakan sistem bagi hasil sebesar 50% untuk sobat. Setiap foto yang di-download dihargai $1,5 sampai $6 tergantung dari format dan resolusi.

Disarankan bagi fotografer untuk menggunakan kamera dengan resolusi yang layak agar mendapatkan harga jual yang tinggi disini. Perlu diketahui juga, format besar seperti TIFF mampu menyentuh $12 per foto.



Alamy

Hobi Fotografi? Jual Karyamu Di Situs Ini

Setidaknya setiap hari ada 65.000 foto baru yang ditambahkan ke situs ini. Alamy mengkategorikan harga berdasarkan penggunaan foto. Misalnya personal, presentation, website, majalah, buku, hingga marketing dipatok harga yang berbeda.

Sama seperti Can Stok Photo, Alamy juga memakai sistem bagi hasil sebesar 50% untuk pemilik foto. Pastikan sobat mempunyai skill fotografi yang mumpuni sebab rata-rata karya yang dipaparkan disini terlihat berkelas dan profesional.


SmugMug

Hobi Fotografi? Jual Karyamu Di Situs Ini

Apabila sobat adalah kalangan photography enthusiast maka situs SmugMug tidak bisa dilewatkan. SmugMug adalah layanan berbayar bagi siapapun yang ingin menjual karya fotonya.

Terdapat beberapa paket tahunan mulai dari $36. Ada alasan mengapa SmugMug berbeda dari situs sebelumnya, ia menawarkan semacam toko online sendiri dengan nama domain yang bisa dipilih. Ada beragam fitur lainnya, tetapi yang menarik ia mengusung utilitas SEO agar gambar mudah dijumpai di mesin pencari.

Soal jatah, SmugMug hanya mengambil 15% sehingga 85% lainnya menjadi milik sobat. Jika ingin memilih fokus pada situs ini, pastikan sobat memiliki stok foto dalam jumlah besar.


Fotolia

Hobi Fotografi? Jual Karyamu Di Situs Ini

Fotolia menjadi situs terakhir dalam daftar ini. Disini sobat mendapatkan antara 20% hingga 63% dari total penjualan. Menariknya, banyak kasus foto yang dijajakan terjual di hari yang sama. Saat ini mereka memiliki lebih dari 5 juta basis pembeli di seluruh dunia.


Untuk menjadi bagian dari Fotolia, nampaknya tidak mudah. Situs ini menyeleksi ketat foto yang diunggah para fotografer agar memenuhi syarat dan layak memiliki nilai jual.



Itulah beberapa situs yang bisa sobat jadikan media untuk menjual karya seni fotografi sobat. Terlepas dari berbagai fitur dan keuntungan yang ditawarkan, mereka tidak menjamin foto jepretan sobat akan laku dengan cepat dan memberikan profit "wah".

Satu yang terutama ialah kreativitas dalam menciptakan foto. Disamping itu, harus pandai memanfaatkan peluang seperti fasilitas SEO misalnya.

Hobi Fotografi? Jual Karyamu Di Situs Ini

Soal kamera, itu bukan jadi problem besar. Di tangan ahlinya kamera handphone Nokia C3 pun mampu menjepret objek yang indah, mengalahkan anak alay yang pegang DSLR.


Silahkan berkarya dengan cara sobat dan tingkatkan kemampuan diri :)

1 komentar

  1. Wih,,, enak juga ya hasil jepretan kita bisa jadi uang. Artikelnya mantap gan :D

    ReplyDelete

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming