Friday, July 29, 2016

Alamat cronosal.blogspot.com Menjadi cronosal.web.id

Alamat cronosal.blogspot.com Menjadi cronosal.web.id

CRONOSAL - Mungkin dari kalian yang sudah lama mengenal blog ini sudah tau bahwa alamatnya selalu menggunakan domain blogspot.com yang menjadi domain gratis dari pihak Blogger.

Setelah pertama kali terdaftar dengan alamat cronosal.blogspot.com pada Januari 2014, akhirnya saya memutuskan untuk menggantinya menjadi cronosal.web.id.


Kenapa pakai .web.id ?

Pada awalnya saya berencana menggantinya dengan .com tetapi ternyata domain tersebut sudah dibeli :v

Itu alasan pertama, tapi bukan yang utama :p

Alasan utamanya adalah karena domain .web.id adalah domain lokal (Indonesia) yang sangat direkomendasikan para webmaster jika suatu web atau blog memiliki konten tertarget di negara tertentu.

Lalu lintas penayangan blog ini sebagian besar dari mesin pencari Google.co.id. Maka langkah untuk menggunakan domain lokal pun saya rasa sangat tepat.


Kenapa tidak pakai domain .id yang lebih singkat?

Salah satu domain lokal yang dikenal punya eksistensi sebagai domain kelas atas ialah .id. Domain yang terdiri dari dua karakter tersebut memang menarik.

Selain bisa untuk perusahaan, bisa juga untuk personal. Hanya saja menurut saya pribadi, penggunaan domain .id untuk blog pribadi seperti ini rasanya kurang pas.

Sementara itu domain .web.id telah dirancang untuk kebutuhan personal, jadi ini bakalan lebih cocok meskipun jumlah karakternya lebih banyak ketimbang .id.

Apalagi soal harga domain .id 10 kali lebih mahal dibanding .web.id :v
Rasanya sayang jika menginvestasikan domain semahal itu untuk blog pribadi, kecuali web perusahaan.


Hanya itu alasan mengganti domain?

Selain menjadi lebih singkat, menggunakan custom domain juga dinilai lebih baik ketimbang terus menerus menggunakan fasilitas domain blogspot.com.

Ditambah lagi nantinya akan lebih mudah untuk migrasi antar platform. Saya sendiri punya rencana untuk migrasi blog ini dari Blogger ke Wordpress mengingat sebagian besar blog yang saya punya menggunakan CMS Wordpress.

Entah kapan itu, tetapi sesegera mungkin :)


Apakah mengganti domain akan membuat pengunjung berkurang?

Secara teori, ya memang akan berkurang. Tetapi... hanya sementara saja. Proses pengalihan membutuhkan waktu beberapa minggu sampai domain baru bisa benar-benar teridentifikasi.

Bukan cuma pengunjung, tetapi juga pagerank, page authority, backlink, Alexa rank, dan parameter lainnya juga ikut menurun drastis.

Tetapi lambat laun semuanya itu juga akan kembali ke semula :)
Bahkan penggunaan domain lokal seperti ini punya nilai lebih di mesin pencari.


Jadi, kira-kira seperti itulah alasan penggantian domain cronosal. Intinya karena lebih baik di mata mesin pencari dan kompabilitas untuk migrasi platform.

Have any question?

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming