Cek Apakah PC Kamu Bisa Menggunakan Virtual Reality atau Tidak

cara mengetahui PC untuk VR

CRONOSAL - Beberapa tahun terakhir publik, khususnya pecinta game pasti sudah dikejutkan oleh kehadiran teknologi virtual reality atau VR sebagai era baru dunia gaming.

Teknologi baru berarti butuh perangkat baru, termasuk platform yang selama ini populer, yakni PC mau tidak mau harus terus mengikuti perkembangan zaman. Setidaknya gelar sebagai PC gaming tidak hilang hanya karena tidak kompatibel dengan perangkat VR.

VR hadir menawarkan pengalaman gaming yang menarik, tetapi spesifikasi komputer yang diperlukan terbilang lumayan tinggi yang tentunya punya variasi harga yang menguras kantong.

Itulah sebabnya tidak banyak PC yang support dengan VR. Lalu seperti apa skenario sistem yang dibutuhkan agar bisa terjun ke dunia virtual reality dengan nyaman?

Baik HTC Vive dan Oculus Rift sebagai raksasa produsen VR, mereka sama-sama punya spesifikasi sendiri terkait sistem yang dibutuhkan.

Spesifikasi Minimum Oculus Rift:
  • VGA: NVIDIA GTX 970 atau AMD 290
  • Processor: Intel i5-4590
  • RAM: 8 GB
  • Video: HDMI 1.3 output
  • USB ports: 3 x USB ports (2 diantaranya harus USB 3.0)
  • OS: Windows 7 64-bit (Service Pack 1)
Spesifikasi Minimum HTC Vive:
  • VGA: NVIDIA GTX 970 atau AMD 290
  • Processor: Intel i5-4590 atau AMD FX 8350
  • RAM: 4 GB
  • Video: HDMI 1.4 atau DisplayPort 1.2 output
  • USB port: 1x USB 2.0
  • OS: Windows 7 (Service Pack 1)

Kedua produk ini bisa sobat pilih salah satu sebagai patokan. Jika sobat sudah mengetahui spesifikasi PC, maka akan mudah menilai apakah ia sanggup menjalankan teknologi VR atau tidak.

Terkait adanya kemungkinan perubahan persyaratan sistem, maka metode penilaian akan lebih baik jika menggunakan software resmi dari vendor VR.

Berikut ini adalah tools untuk mengetahui kompabilitas PC terhadap game VR.


Oculus Rift

cara mengetahui PC untuk VR
Masih jauh dari harapan T.T

Oculus Rift punya program pengecekan sendiri yang bernama Compatibility Tool. Software ini dapat mendeteksi spesifikasi komputer dan memberikan saran upgrade pada hardware yang kurang memadai.


HTC Vive

cara mengetahui PC untuk VR
Tools ini sendiri terbilang jauh lebih lengkap dan sangat detil

Berhubung HTC Vive adalah bagian dari kerjasama dengan Steam, maka sobat bisa menggunakan SteamVR Performance Test untuk mengukur kemampuan PC secara detil dalam menjalankan VR. Menariknya, software ini tak lupa memberikan simulasi sederhana dalam sudut pandang VR.


Jika sobat tidak menginginkan menggunakan salah satu dari tools tersebut, kita bisa memanfaatkan GeForce Experience untuk mengukurnya. Terkait darimana Nvidia mengambil patokan tolak ukur, tampaknya mereka memadukan spesifikasi antara Oculus Rift dan HTC Vive.


Ngomong-ngomong, meskipun GeForce Experience adalah produk Nvidia, namun ia bisa digunakan pada kartu grafis AMD dengan catatan tidak semua fiturnya dapat dinikmati.

cara mengetahui PC untuk VR

Kenapa spesifikasi VR tinggi banget?

Itu karena VR me-render video game dalam sudut pandang 360 derajat. Bandingkan dengan game biasa yang sudut pandangnya terbatas, VR bisa melihat ke segala sisi secara real-time.

Selain render yang amat besar, game VR pun "menuntut" frame rate yang tinggi. Jika 60 fps sudah sangat halus, maka 90 fps adalah angka yang direkomendasikan bagi VR.

Satuu hal menarik lagi, game VR saat ini belum memiliki grafis yang "wah" atau dengan kata lain ia masih terlihat biasa saja meskipun dijalankan dengan sistem berspesifikasi tinggi.

Pengalaman saya mengikuti Nvidia Gamers Day pada 30 Juli 2016 lalu, saya melihat beberapa PC yang difasilitasi VR. Saya sempat menjajalnya dan sesuai prediksi... kualitas visualnya tidak seindah game konvensional.

cara mengetahui PC untuk VR
Ditenagai GTX 1080, game VR yang dimainkan punya grafis tak lebih dari PS3
Cukup menyenangkan memang, tetapi memainkan game dalam mode VR berarti menurunkan juga kualitas grafisnya.

Tidak percaya? Coba cek video seorang gamer memainkan GTA V dengan VR. Perhatikan detil grafisnya, berbeda dibanding mode biasa.



Setelah melakukan pengujian, apakah PC sobat kompatibel dengan VR? Jika belum namun ingin sekali menikmati VR, maka tak ada langkah lain selain upgrade komponen PC ke level yang lebih tinggi.

Tentunya butuh dana yang tidak sedikit :p

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming