Apakah Harus Eject Flashdisk Sebelum Dicabut?


CRONOSAL - Kita semua tahu terdapat aturan tak tertulis pada sistem operasi Windows dimana perangkat removable entah itu flashdisk USB, microSD, bahkan disc harus melalui tahap eject sebelum benar-benar dilepas dari komputer.

Sistem operasi Windows khususnya Windows XP hingga Windows 10 masih menyematkan menunya pada system tray.

Pertanyaannya, apakah hal tersebut adalah sebuah kewajiban?

Well, sebagian berkata "itu nggak harus, tidak berdampak buruk bagi flashdisk atau komputer"
Ada pula yang beranggapan "itu sangat penting terutama pada keselamatan data di flashdisk"

Mana yang benar?

Jawaban


Menjawab pertanyaan ini, kamu harus tahu metode ketika perangkat baru terhubung ke komputer:

  • USB Mass StorageFlashdisk, microSD, hingga kepingan CD termasuk dalam kategori ini. Ketika ia terhubung, maka flashdisk akan dianggap sebagai perangkat penyimpanan baru yang dapat menjalankan program. Tentu yang seperti ini mengharuskan proses eject.
  • Media/Picture Transfer ProtocolMedia Transfer Protocol / Picture Transfer Protocol sering hadir pada kamera, tablet, atau smartphone. Kamu bisa melihat opsinya ketika dihubungkan ke komputer, akan ada dua pilihan seperti di atas. Mengingat fungsinya sebagai media, maka tidak dilakukan eject pun tak masalah. Bahkan kadang kala kamu tak akan melihat opsi eject sebab memang tidak perlu.
Khusus untuk USB Mass Storage, ketika tengah flashdisk tengah berkomunikasi dengan komputer entah itu menyalin data, menjalankan program, dan sebagainya, fungsi eject amat diperlukan.

Contohnya ketika selesai menyalin data ke flashdisk, kamu mungkin melihat data tersebut ada di flashdisk. Padahal belum tentu.

Opsi eject pada Windows 10

Seringkali data masih berada di cache. Itu artinya masih ada sejumlah data yang masih "menyangkut" di komputer. Biasanya sangat kecil, namun kita semua tahu bahwa satu bagian hilang pada file dapat menyebabkan corrupt.

Nah, dalam hal ini eject dapat dikatakan sebagai perintah untuk menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan flashdisk.

Jika file diibaratkan sebagai skripsi, maka eject adalah tandatangan dosen. Bagiannya kecil, tapi sangat penting agar lembaran-lembaran kertas tersebut pantas disebut skripsi.

So, apakah eject penting?

Yes. That's a really important thing!

Penggunaan eject juga dapat memberi tahu bahwa ada file/program yang dibuka dari flashdisk

Tapi saya pernah cabut flashdisk tanpa eject, tidak kenapa-napa tuh?

Yep, Dewi Fortuna ada di pihak Anda. Beruntunglah sebab itu berarti flashdisk dalam kondisi netral, tidak sedang berinteraksi dengan komputer. Tapi namanya juga keberuntungan, tidak datang setiap waktu.

Punya pengalaman seputar eject flashdisk? Share disini :)

2 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming