Cara Lihat, Tambah, Atur Calendar Event di Taskbar Windows 10

CRONOSAL - Windows 10 dengan Anniversary Update-nya membawa fitur baru yang tak sia-sia. Sobat dapat melihat, menambah, dan mengatur jadwal-jadwal padat sobat ke dalam aplikasi Calendar, yang sekarang kecil fiturnya ikut muncul di panel tanggal dan waktu di Taskbar.

windows 10 calendar event

Lebih dari itu, aplikasi Calendar dapat di-sync menggunakan akun Google. Ini berarti sobat bisa mengatur jadwal dengan satu akun yang sama, dan di semua perangkat di luar Windows 10, seperti Android.

Menambah Calendar Event

Sobat bisa menambah Calendar event langsung di panel tanggal dan waktu Taskbar.

Klik pada tanggal kapan sobat ingin menghadiri suatu acara atau event tersebut. Cukup klik tombol “+”, maka aplikasi Calendar akan muncul, dan membawa sobat untuk menambah event baru.

agenda windows calendar

Di sini adalah halaman untuk menambah event baru, yang berisi nama event dan detailnya, seperti lokasi, deskripsi, dan dari pukul berapa hingga pukul berapa.

membuat calendar event

Pada event name, sobat dapat memilih jenis akun yang terkait. Jika sobat memilih akun Google sobat, maka event itu bisa dikelola di perangkat Android, atau perangkat lain yang di mana akun tersebut login.

membuat calendar event agenda

*Sobat bisa mengisi atau tidak mengisi semua kotak yang ada.

Jika sudah, klik Save & Close.

Sobat akan dialihkan ke halaman di mana semua Calendar event berada. Sobat juga akan melihat Calendar event yang baru saja dibuat.

calendar app

Di sini juga menambah Calendar event baru dengan cara yang singkat. Cukup klik pada tanggal yang kosong, lalu isi nama event, tempatnya, dan jenis akun.

menambah calendar

Sobat bisa meng-close aplikasi Calendar sekarang. Calendar event yang ditambah akan ter-sync secara otomatis.

Masuk ke panel tanggal dan waktu Taskbar, dan sorot tanggal yang baru saja dibuat. Sobat akan melihat Calendar event dan jamnya langsung di situ. Jika mau mengeditnya, tinggal klik saja pada nama event itu.

agenda

Atau jika sobat tak mau melihat agenda-agenda semacam ini di panel tanggal dan waktu, klik Hide Agenda.

windows app calendar

Lalu pilih Show Agenda ketika sobat kembali membutuhkan fitur kecil ini.

Jika sobat tak terlalu membutuhkan fitur ini, sobat hanya bisa menyembunyikannya. Karena fitur ini tak memiliki opsi untuk diatur supaya hilang.

Namun bagi saya fitur ini sangat berguna. Karena ternyata juga dapat diatur di perangkat yang berbeda termasuk Android. Sobat tak akan lagi lupa dengan jadwal atau acara yang akan dihadiri. Sifat pelupa di sini tak akan menjadi masalah...

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming