Tuesday, November 29, 2016

Cara Hilangkan Badge Angka Notifikasi di Taskbar Windows 10

badge windows 10

CRONOSAL - Fitur Windows 10 yang satu ini tampak “sedikit” memudahkan. Windows 10 membawa fitur ini pada Anniversary Update beberapa bulan yang lalu. Fitur ini adalah badge angka notifikasi di Taskbar yang serupa pada badge angka notifikasi di Start menu.

Dan fitur ini tak sesempurna yang dikira. Badge angka notifikasi hanya memperlihatkan jumlah notifikasi yang belum dibaca pada aplikasi Windows 10, bukan aplikasi desktop (program). Jika sobat tak sama sekali menggunakan aplikasi Windows 10 dari Store, maka fitur ini tampak sia-sia.

Sebaliknya, jika sobat menggunakan aplikasi Windows 10 yang cross-platform, yang juga membantu pekerjaan dan produktivitas, fitur ini justru sangat-sangat berguna.

Apalagi bagi pengguna yang jarang sekali membuka aplikasi hanya untuk sekedar mengecek jumlah notifikasi yang masuk. Seperti saya, yang malas membuka aplikasi sampai aplikasi tersebut punya banyak notifikasi. Dan cara tercepat untuk mengeceknya adalah cukup dengan melihatnya di Taskbar.

Namun jika sobat menganggap fitur badge angka notifikasi ini tak berguna, atau mengganggu penampilan taskbar, sobat dapat menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Badge Angka Notifikasi di Taskbar

Buka Settings. Sobat bisa membuka Settings lewat Start menu. Atau membukanya lewat Action Center.

start menu windows 10

Masuk ke Personalization. Sobat akan melihat beberapa tab di sana. Masuklah ke Taskbar.

Sobat akan melihat beberapa settings di sana yang berfungsi untuk mengubah tampilan Taskbar.

Masuk ke grup “Taskbar”. Pada “Show badges on taskbar buttons”, klik tombolnya dari On menjadi Off.

settings windows 10

Maka sobat tak akan lagi melihat badge angka notifikasi di Taskbar.

taskbar windows 10

Jika sobat ingin melihat badge angka notifikasi di Taskbar, tinggal klik tombolnya menjadi On.

Fitur badge yang berupa jumlah notifikasi yang masuk ini sebenarnya akan sangat berguna, jika sobat menggunakan banyak aplikasi UWP Windows 10, terlebih aplikasi yang cross-platform, yang tersedia di berbagai perangkat luar Windows.

Namun jika sobat merasa fitur ini tak perlu, tinggal matikan saja. Tapi tampaknya mencoba merasakan pengalaman lebih dengan Windows 10 akan sangat memudahkan. Bukan hanya produktivitas, tapi juga hidup...

Berlangganan Artikel Via Email



Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming