7 Aplikasi Cross-Platform PC/Smartphone Peningkat Produktivitas

CRONOSAL - 7 Aplikasi Cross-Platform PC/Smartphone Peningkat Produktivitas Tugas kuliah semakin menumpuk. Kegiatan dan jadwal setiap harinya semakin padat. Masalah dengan pacar tak selesai-selesai, dan justru semakin rumit. Belum lagi bisnis yang sudah lama dijalankan tak ada peningkatan sama sekali.

Jika hidup sobat tampak rumit seperti ini, sobat mungkin membutuhkan alat yang mampu membuat hidup sobat tampak lebih sederhana dan lebih teratur. Dan alat yang paling mampu adalah dengan menggunakan aplikasi yang mampu meningkatkan produktivitas.

Terlepas dari merek, ini dia deretan aplikasi cross-platform yang mampu bekerja di Windows 10 PC/Mobile, Android, dan iOS. Sobat bisa mendapatkan semua aplikasi ini secara gratis, namun sebagian ada yang fiturnya harus dibeli untuk dapat digunakan secara maksimal.

1. OneNote

Aplikasi kembangan Microsoft ini adalah aplikasi notes terbaik yang pernah saya pakai. Sebelumnya saya pernah menggunakan Evernote. Namun karena fiturnya terbatas dan harus membayar lebih untuk penggunaan premium, tampaknya akan lebih baik menggunakan OneNote.

onenote

Selain gratis dan nyaman digunakan, OneNote menjangkau seluruh perangkat populer, dari Android hingga iOS. Keterikatannya dengan Microsoft membuat OneNote terus di-update dengan kinerja dan fitur hingga UI-nya.

OneNote juga memiliki add-on/ekstensi yang tersedia di Firefox, Chrome, dan Microsoft Edge.

2. Feedly – Feedly.com

Sobat tahu Feedly? Ini adalah layanan online yang paling populer untuk mengumpulkan RSS feed dari semua website di internet. Dengan Feedly, sobat dapat membaca beragam berita dari situs berita atau blog yang berbeda dalam satu aplikasi.

Jadi sobat tak akan lagi ketinggalan informasi terbaru dari banyak situs berita atau blog.

feedly
source: chrome.google.com

Feedly tersedia di Android dan iOS. Untuk pengguna Windows 10 PC/Mobile, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Readiy, atau Newsflow (non-Feedly). Sobat juga bisa membuka situsnya langsung di browser, Feedly.com.

3. Flipboard

Flipboard memiliki cara kerja yang sama seperti Feedly. Bedanya, Flipboard menyajikan berita dari situs tertentu yang bisa sobat sesuaikan berdasarkan topiknya. Flipboard membuat layanannya khusus sebagai tempat untuk membaca berita.

flipboard
source: ITProPortal

Berbeda dengan Feedly yang membebaskan kita untuk memasukkan blog/situs sesuai keinginan kita sebagai daftar bacaan. Flipboard membuatnya lebih khas layaknya majalah digital.

Flipboard tersedia di Windows 10, Android, dan iOS.

4. Wunderlist

Dari banyaknya aplikasi to-do list yang saya gunakan, tampaknya Wunderlist tetap menjadi yang terbaik. Wunderlist menyajikan fitur untuk membuat to-do list disertai dengan reminder, kategori, bahkan folder sendiri. Setiap to-do memiliki reminder dan tempat untuk detail to-do tersebut.

wunderlist

Wunderlist sangat berguna untuk mengumpulkan beragam daftar ide, atau untuk hal-hal kecil seperti daftar belanja. Hebatnya, aplikasi hasil akuisisi Microsoft ini gratis, membuatnya menyaingi Todoist. Namun tak sepenuhnya gratis, fitur kolaborasi bisa didapatkan dengan membeli Wunderlist versi premium.

Microsoft tak pelit. Mereka membuat Wunderlist gratis untuk Android dan iOS.

5. MSN News

Ini adalah aplikasi pembaca berita kembangan Microsoft. Bedanya dengan Flipboard, aplikasi ini mengizinkan penggunanya untuk membaca berita lokal dengan lebih sederhana. Pengguna juga diizinkan untuk menambah sumber berita yang terpercaya.

msn news

Seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, MSN News gratis di semua perangkat.

6. Pocket

Pocket adalah layanan online yang berguna untuk menyimpan artikel dari web yang kita temukan. Nantinya artikel yang kita simpan dapat kita baca lagi (atau kita baca nanti) secara offline.

pocket

Pocket tidak secara keseluruhan gratis. Ia memiliki beberapa fitur yang tak gratis. Namun fungsinya dan fiturnya yang gratis sudah membuatnya menjadi aplikasi read-it-later terbaik yang pernah saya pakai. Apalagi jika sobat membeli versi premium, Pocket akan jauh lebih fungsional.

Pocket tersedia di Android dan iOS. Pengguna Windows 10 PC/Mobile dapat menggunakan Poki for Pocket sebagai aplikasi pihak ketiga. Pocket juga memiliki ekstensi/add-on yang tersedia di Firefox, Chrome, dan Microsoft Edge.

7. Cortana

Satu asisten personal yang paling baik: Cortana. Kenapa saya menyebutnya yang paling baik? Karena Cortana “tak pelit” – tersedia menjangkau perangkat luar dari si pengembang yakni Microsoft. Strategi Microsoft ini membuat Cortana aksesibel di semua perangkat, termasuk Android dan iOS.

cortana

Cortana memiliki cara kerja yang sama seperti asisten personal Google Now dan Siri. Cortana berfungsi untuk menyimpan notes, mengelola kalender, reminder, membaca email, memantau lalu lintas, dan untuk sekedar mengobrol.

Jika sobat sudah telanjur nyaman dengan keunikan Siri atau Google Now, jangan paksakan diri untuk menggunakan Cortana. Semua perlu disesuaikan untuk produktivitas sobat setinggi-tingginya. Namun tak ada salahnya jika sobat ingin mencoba Cortana sebagai asisten personal baru...

Itulah 7 aplikasi peningkat produktivitas terbaik yang tersedia secara cross-platform di Windows 10/Mobile, Android, dan iOS.

0 komentar

Gunakanlah form komentar dengan bijak, hanya 20% komentar yang disetujui. Jadi jangan buang waktu Anda.

Jika ingin bertanya, berikan informasi yang detil.

Mohon untuk tidak melakukan spamming